Share this
Share

Share

shares

Inilah 5 Mitos Orang Zaman Dulu yang Masih Ada Sampe Sekarang

21 June 2020  Ajeng

Kamu pasti pernah mendengar ungkapan-ungkapan tidak masuk akal yang diucapkan orang tua. Misalnya, tidak boleh duduk di depan pintu nanti jodohnya telat. Alhasil, kamu pun tidak lagi duduk di depan pintu karena takut menjadi jomlo selamanya. Logikanya, duduk di depan pintu hanya akan menghalangi jalan masuk atau keluarnya seseorang. Ungkapan-ungkapan seperti itu biasa disebut dengan mitos zaman dulu.

Mitos yang berkembang di masyarakat biasanya ditujukan agar anak atau seseorang lebih patuh pada adat kesopanan yang sudah menjadi ranah kita. Misalnya, larangan duduk di depan pintu tadi. Maksudnya adalah agar orang tersebut tidak duduk sembarangan, sehingga orang lain tidak terhalangi. Namun karena banyak yang masih tidak peduli, akhirnya dibuat menjadi berlebihan seperti tidak mendapatkan jodoh atau jomlo seumur hidup.

Selain mitos tersebut, masih banyak mitos lain yang pernah dan sampai saat ini masih berkembang di Indonesia. Apa saja? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. “Kalo nyapu nya nggak bersih, nanti suaminya brewokan!’

Sumber: genpi.co

Kaum wanita umumnya sudah pernah mendengar kalimat ini dari mulut orang tua, tetanga, maupun teman. Kalau nyapunya nggak bersih, jodohnya bakala berewokan. Dulu, siapa saja yang mendengar kalimat itu pasti merasa takut. Pasalnya, orang yang brewokan zaman dulu dianggap sebagai sosok yang seram, jahat, dan sering melakukan hal kriminal.

Lain halnya seperti zaman sekarang. Sosok lelaki brewok dianggap sebagai pria keren dan dewasa. Oleh karena itu, perempuan-perempuan rela nyapu tidak bersih agar bisa mendapatkan jodoh seperti Zayn Malik atau Teuku Wisnu. Yeh, ngarep!

2. “Jangan bangun siang nanti rezekinya dipatok ayam”

Sumber: kompasiana.com

Bangun siang menjadi sebuah kenikmatan bagi kaum rebahan. Namun, kita bisa diserang dengan ungkapan “kalo bangun siang nanti rezekinya dipatok ayam”. Ini ada benarnya karena Islam tidak menganjurkan kita untuk bangun terlalu siang. Orang yang tidur lagi setelah solat subuh bisa menghambat rezeki dantidak memperoleh keberkahan.

Ungkapan rezeki dipatok ayam berarti kita jangan sampai kalah dengan ayam yang sudah bangun dari subuh. Emang kita mau rezekinya bener-bener dipatok ayam? Nggak, kan?

3. “Duduk di atas bantal bikin bisulan!”

Summber: tempo.co

Kita tentu saja sering mendengar ungkapan yang satu ini. Duduk di atas bantal katanya bisa bikin bisul. Faktanya, duduk di atasnya tentu sangat nyaman, bahkan lebih nyaman lagi jika digunakan saat bermain game PS. Namun, karena bantal dikhususkan untuk kepala, mendudukinya terkesan tidak sopan. Oleh karena itu, orang-orang dulu menakut-nakutinya dengan bisul. Ngeri juga kalo emang iya.

4. “Anak kecil bakalan diculik wewe gombel kalo belum pulang pas magrib”

Sumber: idntimes.com

Anak-anak biasanya akan lupa waktu jika sudah bermain dengan teman-temannya. Mereka bisa bermain sampai sore bahkan menjelang magrib. Agar mereka mau pulang, banyak orang tua yang menakut-nakutinya dengan wewew gombel. Siapa yang nggak pulang, pasti bakalan diculik. Hayo, kamu pasti pernah ngalamin, kan?

5. “Jangan Bersiul di malam hari, nanti setannya dateng!”

sumber: boombastis.com

Mitos lainnya yang masih beredar sampai sekarang adalah bersiul bisa menatangkan setan. Saat anak-anak bersiul di malam hari, orang tua akan otomatis menegurnya. Katanya, nanti akan ada setan yang datang dan gangguin waktu tidur kamu. Padahal bersiul di malam hari hanya akan mengganggu orang lain yang sudah tidur. Ada-ada saja.

Lima mitos zaman dulu di atas sampai sekarang masih saja beredar, khususnya di kalangan orang tua. Jika ada mitos-mitos lainnya, coba tulis di kolom komentar, ya!

Berikan komentarmu

Related articles

 #cowo brewok #mitos #mitos nyata #mitos tidak masuk akal #mitos zaman dulu
Share di whatsapp

Pilihan editor