Share this
Share

Share

shares

Inilah 5 Jenis Ikan yang Berbahaya untuk Manusia

15 June 2020  Ajeng

Ikan merupakan salah satu hewan berdarah dingin yang sering kita jumpai, baik di air laut maupun air tawar. Kandungannya yang kaya akan nutrisi menjadikan hewan ini sering dijadikan santapan lezat sehari-hari. Namun, tidak semua ikan bisa dimakan begitu saja. Ada beberapa diantaranya yang berbahaya bagi manusia, bahkan bisa sangat mematikan meskipun hanya disentuh saja. Oleh karena itu, kita harus waspada dengan jenis ikan predator atau jenis ikan mematikan lainnya yang ada di sekitar air tawar maupun laut.

Ikan yang berbahaya tidak harus berukuran besar. Meskipun hiu tergolong hewan predator, tingkat kematian akibat serangan hewan yang satu ini terbilang kecil. Dilansir dari data Journal of Family  and Primary Care, sepanjang tahun 2011 sampai 2017, korban yang tewas akibat serangan hiu hanya mencapai 50 orang. Ini biasanya terjadi pada wisatawan yang sedang berlibur di pantai. Namun, ini menjadi suatu peristiwa yang tidak mengejutkan. Pada beberapa kasus, ada beberapa orang yang tewas hanya karena memakan atau menyentuh ikan yang ukurannya hanya sebesar kepalan tangan atau lebih kecil dari itu.

Untuk itu, jenis-jenis ikan berbahaya di bawah ini bisa disimak agar kita bisa lebih waspada di kemudian hari.

1. Stone Fish

Sumber: https://www.leisurepro.com/blog/explore-the-blue/stonefish/

Salah satu ikan yang berbahaya yang harus kita waspadai adalah stone fish atau ikan batu. Hewan yang satu ini biasa hidup di dasar terumbu karang. Uniknya, ikan ini memiliki bentuk persis seperti batu, sehingga banyak orang yang tertipu saat melihatnya. Namun, siapa sangka bahwa stone fish sangat mematikan. Tubuhnya dipenuhi oleh duri beracun, sehingga kita bisa mengalami diare, halusinasi, dan sesak napas jika tidak sengaja menginjaknya. Pada kasus yang lebih berat, duri beracun pada ikan batu ini bisa membuat seseorang meninggal dunia.

2. Piranha

Sumber: alblec—iStock/Getty Image

Piranha merupakan salah satu ikan air tawar yang dikenal cukup mengerikan. Meskipun ukurannya kecil, ikan yang satu ini bisa menghabisi mangsanya dalam sekejap. Piranha memiliki gigi-gigi yang tajam serta rahang yang kuat. Untuk itu, tidak heran jika ikan ini bisa melumat habis mangsanya sampai ke tulang-tulangnya. Jika kita bertemu dengan ikan ini, jangan sekali-kali mengganggunya. Piranha akan merasa terancam, sehingga mereka akan melakukan penyerangan yang cukup membahayakan.

3. Lionfish

Sumber: https://www.oceanographicmagazine.com/news/invasive-lionfish-mediterranean/

Lionfish atau ikan singa merupakan salah satu hewan yang bisa ditemukan di bagian laut hindia selatan, pasifik selatan, dan laut merah. Ikan ini memiliki bentuk dan corak tubuh yang cantik, sehingga bisa membuat siapa saja gemas untuk mengambilnya. Namun, kita tidak boleh terkecoh dengan penampilannya. Meskipun cantik, lionfish ini dikenal cukup berbahaya. Duri-duri lancip yang ada di tubuhnya bisa meyengat mangsanya sampai tidak berdaya. Pada manusia, efek yang ditimbulkan jika tersengat ikan yang satu ini adalah perubahan warna kulit, pembengkakan lokal, hipotensi, dan gangguan kardiovaskular.

4. Snake Head

Sumber: http://www.thedinwiddiemonitor.com/news/predatory-snakehead-fish-appears-in-central-virginia-waterway/

Hewan yang satu ini disebut-sebut sebagai ikan predator yang bisa memakan apa saja yang ada di sekitarnya. Snake head atau ikan gabus biasa memangsa hewan lain seperti katak, udang, cacing, dan lain sebagainya. Jika kita bertemu hewan yang satu ini, jangan pernah memegang mulutnya atau area di sekitar wajahnya. Tangan kita bisa dianggap sebagai mangsa, sehingga kemungkinan besar mengalami luka yang cukup serius.

Yang unik dari ikan yang satu ini adalah kemampuannya untuk mencapai daratan. Di musim kemarau, snake head akan berusaha untuk mencari tempat yang masih ada airnya. Jika tidak ada, ikan-ikan tersebut terpaksa harus mengubur dirinya di dalam lumpur sampai tempat tersebut kembali berair.

5. Ikan Buntal

Sumber: https://wsimag.com/food-and-wine/20808-the-challenge-of-eating-puffer-fish

Ikan buntal memiliki bentuk pertahanan yang cukup unik terhadap pemangsanya. Saat merasa terancam, ikan yang satu ini bisa menggembung tiga kali lipat dari ukuran aslinya. Oleh karena itu, tidak sedikit musuhnya yang kesulitan saat akan menelan ikan ini. Lebih parahnya, racun yang ada di dalam tubuhnya bisa membuat musuhnya tidak bisa hidup lebih lama.

Ikan buntal mengandung racun yang disebut dengan tetrodoksin. Racun ini juga berbahaya bagi manusia jika kita tidak sengaja mengonsumsinya. Efek yang ditimbulkan, yaitu mengakibatkan kerusakan saraf, kesulitan bernapas, kelumpuhan, bahkan kematian. Oleh karena itu, jangan coba-coba mencicipi ikan yang satu ini tanpa pengawasan dari ahlinya.

Itulah lima jenis ikan yang berbahaya bagi manusia. Ini tentu saja perlu diketahui agar kita bisa lebih hati-hati saat akan melakukan kontak langsung dengan ikan predator atau ikan-ikan lain sejenisnya.

 

 

 

Berikan komentarmu

Related articles

 #hewan mematikan #hewan paling mematikan #hiu #ikan berbahaya #ikan predator #lion fish
Share di whatsapp

Pilihan editor