Inilah 10 Tradisi Natal Paling Unik di Dunia, Ada Live Streaming!

Spread the love

Merayakan Natal sudah menjadi tradisi seluruh umat kristen di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, natal biasanya diisi dengan kegiatan Rabo-rabo (Jakarta), wayang kulit (Yogyakarta), pawai sinterklas (Manado), membunyikan lonceng (Ambon), dan masih banyak lagi. Aktivitas tersebut terbilang unik karena berbeda dengan tradisi natal pada umumnya. Di berbagai belahan dunia, natal pun dirayakan dengan cara yang menarik. Biar nggak penasaran, simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Rumah Dihiasi Lentera dan Kertas – China

tour-beijing.com

Menjelang natal, umat kristiani di China seringkali menghiasi rumah mereka dengan kertas dan lentera. Hiasan ini tidak akan dilepas hingga perayaan puncaknya yang terjadi pada tahun baru. Anak-anak akan mendapatkan hadiah berupa mainan baru, baju, dan hidangan yang sangat lezat. Mereka juga selalu memainkan kembang api saat perayaan natal maupun tahun baru. Selain itu ada juga hiasan lukisan nenek moyang atau foto keluarga yang disimpan di ruangan utama rumah.

2. Tradisi Natal Tukar Kado – Amerika

via bp-guide.id

Tukar kado adalah tradisi natal yang biasa dilakukan oleh umat kristiani di Amerika. Mereka akan membungkus hadiah spesial yang nantinya akan ditukar dengan sesama anggota keluarga. Hadiahnya pun cantik-cantik, bisa berupa pakaian, mainan, alat dapur, dan masih banyak lagi. Agar perayaan natal semakin meriah, masyarakat disana selalu mengadakan acara jamuan makan malam dengan tetangga, teman, maupun keluarga terdekat. Menu yang dihidangkan biasanya berupa ayam kalkun.

3. Pohon Mangga atau Pisang sebagai Pohon Natal – India

via doripos.com

Tradisi natal unik lainnya ada di India. Umat kristen di Negara Bollywood tersebut biasa merayakan natal dengan pohon mangga atau pisang. Ini tentu saja lain dari yang lain karena pohon natal yang biasa digunakan adalah pohon cemara. Pohon mangga atau pisang tersebut dihias dengan aneka ornamen dan lampu-lampu cantik. Kemudian bagian atas tembok rumah masing-masing akan ditempelkan lampu minyak.

4. Bergandengan Tangan dan Bakar Duri – Irak

via the-north-pole.com

Umat kristen di Irak biasanya selalu berganengan tangan sambil menyalakan lilin saat merayakan malam natal. Kemudian, diceritakanlah kisah Yesus, mulai dari ia dilahirkan sampai berkorban untuk umat. Setelah pembacaan cerita selesai, sesi selanjutnya adalah pembakaran duri-duri dari semak.

Acara tersebut sangat penting bagi umat kristen di Irak. Pasalnya, duri yang sudah menjadi abu dipercaya menjadi simbol keberuntungan. Saat apinya sudah padam, setiap orang yang menghadiri acara akan melompat-lompat di atas abu tersebut sebanyak tiga kali sambil memanjatkan do’a. Katanya, do’a tersebut bisa langsung dikabulkan.

5. Meletakan Nacimiento – Spanyol

foto: Aloysius Jarot Nugroho/Antara

Umat kristen di Spanyol biasa meletakan Nacimiento atau diorama kelahiran Yesus Kristus di ruang tengah rumah mereka saat perayaan natal. Lalu,mereka harus mengelilingu Nacimiento tersebut sambil membacakan doa’doa dan nyanyia natal. Selain itu, ada tradisi lainnya, yaitu menggantungkan sepatu di dekat jendela. Sepatu tersebut nantinya akan diisi hadiah berupa permen atau coklat.

6. Tradisi Natal dengan Melakukan Kegiatan Musim Panas – Australia

via fatosdesconhecidos.com.b

Perayaan natal di negara Eropa biasanya jatuh pada musim dingin. Namun, lain halnya di Australia, yang mana perayaan natal selalu bertepatan dengan musim panas. Oleh karena itu, nggak heran kalau umat kristen disana selalu merayakan hari raya tersebut di area pantai atau pusat perbelanjaan. Aktivitas yang dilakukan pun beragam, mulai dari makan-makan, olahraga kriket sampai perlombaan dayung. Aktivitas ini bisa dilakukan dengan keluarga maupun dengan sesama umat kristen yang sedang merayakan natal di tempat tersebut.

7. Live Streaming dari Rumah

via ahaslides.com

Pandemi Covid-19 masih belum menunjukan tanda-tanda surut. Ini artinya, perayaan natal tidak bisa dilakukan di gereja atau tempat lainnya yang berpotensi menyebabkan kerumunan. Oleh karena itu, tahun ini sebagian besar umat kristen di seluruh dunia menjalani ibadah natal dari rumah masing-masing. Pengurus gereja akan memberikan tautan streaming ibadah kepada semua jamaahnya. Mereka juga bisa saling menyapa kerabat dan teman secara virtual.

8. Dirayakan dengan Arak-Arakan – Bethlehem

Foto by Reuters

Umat kristen di Bethlehem selalu mengadakan acara perayaan natal yang meriah yang berbeda dari negara lainnya. Seluruh kota akan diberikan sentuhan hiasan umbul-umbul dan hiasan natal, salah satunya adalah sebuah bintang berukuran raksasa yang ditempatkan di tengah kota. Menjelang tengah malam, turis maupun umat akan berkumpul di gereja untuk menyaksikan opera dan arak-arakan. Uniknya, pintu semua rumah umat kristen disana akan diberi tanda silang.

9. Tradisi Natal Menyantap KFC – Jepang

via Jump Program

Merayakan natal di Jepang kayaknya bakalan asik banget. Umat kristen disana terbiasa untuk menyantap ayam KFC saat perayaan natal. Tradisi ini sudah berlangsung sejak tahun 1970-an, dimana pada saat iu ada sebuh iklan yang menyatakan bahwa KFC selalu disantap orang-orang Amerika saat natal. Sampai saat ini, tradisi itu masih terus dilakukan dan mereka akan rela mengantre berbulan-bulan demi mendapatkan kelezatan ayam KFC saat natal nanti.

10. Menyembunyikan Sapu – Norwegia

via blog.via.com

Di Norwegia, menyembunyikan sapu menjadi tradisi natal yang tidak pernah terlewatkan. Mereka percaya bahwa roh-roh jahat dan kekuatan sihir akan berkeliaran menjelang malam natal. Untuk itu, warga Norwey selalu menyembunyikan sapu mereka agar para penyihir jahat tidak bisa menggunakanalat bersih-bersih tersebut.

Sedangkan kamu pria disana ditugaskan untuk menembakkan senapan ke arah langit. Ini ditujukan agar roh-roh jahat ketakutan dan pergi dari area pemukiman tersebut.

Itulah sepuluh tradisi natal bdari seluruh dunia. Di kota kamu, kalau natal biasanya suka ada tradisi apa?

Berikan komentarmu