Share this
Share

Share

shares

Inilah 10 Negara Paling Bersih: Indonesia Termasuk?

9 November 2020  Ajeng

Lingkungan yang bersih tentu akan membuat siapa saja nyaman. Tidak ada sampah yang berserakan, tidak ada bau selokan, bisa menghirup udara yang sejuk, dan lain sebagainya. Wisatawan pun akan lebih betah saat mengunjungi daerah atau wilayah tersebut. Sebut saja Jepang. Hampir tidak ada setitik pun sampah di Negeri Sakura tersebut karena penerapan pola hidup sehat dan bersih diterapkan disana. Bahkan tidak ada tempat sampah pun tidak jadi masalah sebab mereka bisa bertanggung jawab sendiri atas sampah tersebut. Selain Jepang, masih ada negara paling bersih lainnya. So, langsung saja simak rangkumannya di bawah ini.

1. Islandia

via Getty Images/iStockphoto

Islandia atau Iceland merupakan negara dingin yang dihuni oleh kurang lebih 800 ribu jiwa.  Negara ini dinobatkan sebagai salah satu negara paling bersih di Eropa, bahkan dunia sekitar sepuluh tahun yang lalu menurut laman Forbes. Meskipun saat ini peringkat kebersihannya tergeser oleh negara lain,  Negeri Api dan Es ini masih menjadi negara dengan kebersihan lingkungan yang baik.

2. Norwegia

via fjordnorway.com

Norwegia juga dikenal sebagai negara paling bersih. Kalau jalan-jalan kesini, kamu hampir tidak akan menemukan sampah berceceran apalagi yang sampai menggunung. Dilansir dari AZO Cleantech, Norwegia sudah memberlakukan sebuah sistem yang mengatur dan mengelola kebersihan lingkungan hidup. Bahkan pemerintah disini sudah menerapkan pembangunan sistem kelistrikan, sanitasi, bendungan, dan tempat pembuangan sampah yang modern. Bahkan mereka memanfaatkan teknologi pembangkit listrik dari alam sehingga tidak mencemari lingkungan.

3. Jepang, Negara Paling Bersih

via liburankejepang.com

Jepang memang sudah dikenal dengan negara yang ‘pandai’ dalam menjaga kebersihan lingkungannya. Masyarakatnya sudah ditanamkan untuk tetap menjadaga kebersihan sejak menduduki bangku sekolah. Anak-anak sekolah sudah ditugaskan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan bertanggung jawab atas sampah-sampahnya sendiri.

Kebiasaan ini tentu saja akan terbawa sampai mereka dewasa. Untuk itu, saking disiplinnya mereka akan kebersihan, kamu hampir tidak akan menemukan petugas kebersihan disana. Jika tidak ada tempat sampah, mereka akan mengantongi plastik sisa makanan atau sampah lainnya dan dibawa pulang.

4. Uni Emirat Arab

via shutterstock.com

Uni Emorat Arab juga memiliki prestasi yang baik dalam hal kebersihan lingkungan. Atas prestasinya tersebut, Uni bahkan sampai diperhitungkan oleh dunia sebagai negara paling bersih lainnya. Hal sudah dikonfirmasi oleh laman berita Gulf News.

Menurut Survei 2 tahunan Universitas Yale dan Universitas Columbia,  Uni Emirat Arab dinilai berhasil memperbaiki kualitas dan kebersihan lingkungan hidupnya dalam jangka waktu yang relatif cepat. Dengan mempertahankan prestasi ini, Uni Emirat Arab tentu saj abisa bersaing dengan negara-negara Eropa terkait kebersihan lingkungannya.

5. Australia, Negara Paling Bersih

via askideas.com

Australia kabarnya akan menjadi negara yang menghilangkan plastik dari perairan laut di negaranya. Ini akan segera terlaksana melalui program Pemerintah Australia dengan mendaur ulang 70 persen sampah yang ada di perairan laut negaranya.

Jauh sebelum program tersebut dicanangkan, Australia sudah dinobatkan sebagai negara dengan lingkungan yang bersih dan modern. Ini bisa dibuktikan melalui penghargaan tingkat dunia sebagai negara yang berhasil di bidang pengelolaan limbah dan lingkungan hidup.

6. Selandia Baru

Foto: Alamy

Tidak mau kalah dari negara tetangganya, Selandia Baru juga meraih prestasi membanggakan karena pemerintahnya berhasil menjadikan Selandia Baru bersih dan bebas polusi. Negara dengan populasi 5 juta jiwa ini memiliki sanitasi yang modern sehngga air bersih disana sangat mudah ditemukan. Jadi, kamu juga tidak perlu beli minum saat berkunjung kesini karena tersedia keran air siap minum di setiap penjuru kotanya. Indonesia kapan bisa kayak gini, ya?

7. Denmark

via Shutterstock

Selain menyandang gelar salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, Denmark juga dinobatkan sebagai negara terbersih. Masyarakat disana sangat mudah mendapatkan air bersih sehingga masyarakat bisa hidup lebih sehat. Selain itu, kesadaran masyarakat akan kebersihan juga sangat tinggi. Jadi, kamu tidak akan menemukan sampah berserakan di negara ini.

8. Luksemburg

via travelguideline.net

Sungai dan jalan di Luksemburg terkenal sangat bersih dari sampah. Masyarakatnya juga terkenal disiplin apalagi soal kebersihan lingkungan. Ini terlihat dari rumah dan bangunan-bangunan kuno yang berjajar rapi yang masih terawat dengan baik. Dengan lingkungan yang bersih, aman, dan nyaman, Luksemburg bisa dikategorikan sebagai negara dengan harapan hidup yang cukup tinggi.

9. Jerman, Negara Paling Bersih

via anekatop10.com

Masyarakat Jerman tidak terbiasa melihat sampah berserakan apalagi sampah yang sampai menumpuk di pinggir jalan. Mereka terkenal sangat disiplin soal kebersihan, sehingga lingkunga di sekitarnya akan sangat dijaga dengan baik. Orang-orang disana memiliki kebiasaan cleaning week ata Kehrwoche. Jadi, mereka secara bergantian akan membersihkan lingkungan di sekitarnya. Jasa petugas kebersihan pun jarang digunakan. Untuk itu, nggak heran kalau Jerman sampai dinobatkan sebagai salah satu negara terbersih di dunia.

10. Swiss

via The Telegraph

Swiss juga dikenal sebagai negara yang disiplin dengan kebersihan. Pemerintahnya menerapkan program daur ulang agar sampah-sampah tersebut sebisa mungkin tidak meninggalkan sisa. Caranya adalah dengan menandai setiap tempat sampah dengan warna-warna berbeda. Ada tempat khusus sampah organik, anorganik, dan B3.

Uniknya, negara ini juga memiliki The Recycling Map. Teknologi peta digital yang satu ini akan memudahkan kamu mencari informasi terkait titik pengumpulan material atau sampah yang bisa didaur ulang. Sejauh ini, ada 16.049 titik yang bisa dicari. Dengan demikian, kamu bisa langsung menuju lokasi tersebut untuk mengumpulkan sampah-sampah seperti plastik, kaca, baterai, kaleng, dan masih banyak lagi.

Itulah sepuluh negara paling bersih yang patut menjadi contoh. Untuk menjaga kebersihan, kamu bisa memulainya dari diri sendiri dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga lingkungan sekitar. Jadi, kapan, ya, Indonesia bisa kayak sepuluh negara di atas?

 

 

Berikan komentarmu

Related articles

 #backpacker #destinasi wisata paling bersih #dubai #indinesia negara terbersih ke #jepang negara paling #kebersihan di jepang #kenapa jepang paling bersih #negara dengan lingkungan terbersih #negara paling bersih #negara paling bersih di asia #negara paling kotor #selokan di jepang
Share di whatsapp

Pilihan editor