Inilah 10 Desa Terunik di Dunia: Pantang Pindah Rumah

Spread the love

Desa Wisata menjadi opsi menarik untuk urusan liburan. Nggak hanya sekedar menyajikan kehidupan pedesaan, kawasan tersebut juga dikemas dengan sesuatu yang bisa menjadi daya tarik tersendiri. Misalnya saja desa-desa yang dibuat unik sedemikian rupa, seperti berbentuk rumah kartun, rumah yang dicat dengan warna-warna senada, dan masih banyak lagi. Itu tentu saja bukan khayalan semata. Faktanya, desa wisata terunik di dunia ini benar-benar bisa dijumpai. Langsung aja kepoin ulasannya di bawah ini, yak!

1. Juzcar Smurf Village, Spanyol

Desa Juzcar merupakan salah satu desa terunik yang berlokasi di kawasan Andalusia, Spanyol. Desa ini mengusung tema tokoh fiksi Smurf. Untuk itu, nggak heran kalau semua bangunannya dicat serba biru oleh Sony Pictures seperti tokoh si Smurf ini. Bahkan dindingnya juga dihiasi  gambar karakter Smurf. Biar pengunjung semakin merasakan vibes Smurf-nya, patung berukuran besar dari karakter kartun lucu tersebut juga didirikan.

Desa in idipilih sebagai Desa Smurf karena terkenal akan jamurnya, persis seperti tokoh Smurf yang tergila-gila dengan jamur. Sebenarnya saat kontrak telah berakhir, Sony Pictures ingin mengecat ulang desa tersebut menjadi putih seperti semula. Namun, warga desa menolaknya. Mereka rupanya senang dengan konsep Smurf ini karena selain unik, juga bisa mendatangkan pengunjung dari dalam maupun luar kota. 

2. Desa terunik di dunia: Cinque Terre, Italiazoom-in-white

Selanjutnya ada desa wisata Cinque Terre yang terkenal di Italia. Yang menjadi daya tariknya adalah penampakan rumah penduduknya yang dicat warna-warni. Warna-warna tersebut terlihat begitu jelas berkat letaknya yang berundak-undak mengikuti kontur tanahnya. Keindahannya semakin nyata berkat lokasinya juga yang ada di atas tebing dan dekat dengan laut yang berada di sebelahnya. Untuk itu, nggak heran kalau kawasan ini dijadikan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Terkenal dengan keindahannya, desa Cinque Terre ini selalu jadi incaran untuk aktivitas hiking. Bayangin aja, seru kan mendaki tebing sambil sesekali mengambil foto. Cinque Terre juga menjadi salah satu desa penghasil wine yang dinamai Sciacchetra.

3. Desa Giethoorn, Belanda

Giethoorn merupakan desa wisata unik di Belanda bagian utara yang dijuluki “Venice of the Netherlands” alias Venice-nya Belanda. Giethoorn ini bisa dibilang bebas polusi karena tidak adanya kendaraan bermotor. Bahkan desa tersebut juga nyaris nggak ada jalan raya jalan raya. Berkat keasrian dan lingkungannya yang terjaga, Giethoorn dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia oleh National Geographic di tahun 2019.
Masyarakat di Giethoorn memang tidak menggunakan kendaraan bermotor untuk menunjang aktivitasnya. Sebagai akses utamanya, mereka menggunakan kanal sepanjang 4 kilometer.

4. Desa terunik di dunia: Popeye Village, Malta

Para penggemar Popeye, sebaiknya rencanakan liburanmu untuk mengunjungi Desa Popeye. Bukan khayalan belaka karena desa ini benar-benar eksis di Malta. Kamu bakal disuguhhkan dengan suasana pedesaan yang tenang sekaligus ngerasa  hidup seperti Popeye. Desa Popeye ini didirikan pada tahun 1979-1980 di pantai sebelah barat Pulau Malta. Bahan bangunan dasarnya terbuat dari balok-balok kayu yang didatangkan dari Belanda dan Kanada.

Semula, tempat ini memang difungsikan sebagai lokasi syuting film musikal Popeye produksi Walt Disney pada tahun 1980. Saat syuting selesai, desa ini tidak dikembalikan seperti semula atau bahkan dihancurkan. Desa Popeye dibiarkan seperti saat ini dan menjadi atraksi utama para wisatawan di Malta.

5. Hobbiton, Selandia Baru

Desa unik selanjutnya bisa kamu temukan di Selandia Baru. Hobbiton merupakan desa yang punya ciri khas tersendiri, yaitu berupa rumah Hobbit. Bentukannya sangat mirip seperti yang ada di film The Lord of the Rings dan The Hobbit. Adapun rumahnya berjumlah 44 rumah hobbit, lengkap degan jembatannya yang khas, Green Dragon Pub, Mill, dan Party Tree. Untuk harga tiket masuknya sendiri berbeda-beda, tergantung dengan paket tur yang kamu pilih. Desa Hobbiton berlokasi di Matamata, sebuah kota kecil yang berada kawasan Waikato.

6. Tsovkra, Rusia

Terletak di tengah perbukitan Pegunungan Kaukus Besar, Rusia, ada sebuah desa kecil yang terpencil bernama Tsovkra-1.Yang menjadi daya tariknya adalah kebiasaan penduduk yang mampu secara fisik berjalan di atas tali. Di Tsovkra-1, tradisi berjalan di atas tali telah ada selama lebih dari 100 tahun. Tidak ada yang tahu kapan tradisi ini dimulai.

Namun menurut sebuah legenda, tradisi tersebut dinilai sebagai cara untuk bertemu dengan pasangan lebih cepat. Zaman dulu, para lelaki seringkali mengeluh dengan jarak tempuh yang jauh menuju pasangannya yang ada di lereng gunung. Untuk mengatasinya, mereka akhirnya menggantungkan tali dari satu sisi lembah ke sisi lainnya. Tali tersebut digunakan untuk menyeberang lembah dengan berjalan di atasnya.

Kebiasaaan tersebut kini dijadikan sebagai ujian kedewasaan. Desa Tsovkra-1 sendiri semula memiliki 17 pria dan wanita yang tersohor berkat keterampilannya berjalan di atas tali. Saat ini, sebanyak 400 orang yang bermukim di Tsovkra-1 memiliki keterampilan ini.

7. Desa Terunik di dunia: Teras Sawah Longji, China

Penampakan Teras Sawah Longji ini terlihat asri dan menyajikan pemandangan indah. Orang-orang China menganggap Teras Sawah Longji menjadi salah satu yang paling indah di negara mereka. Orang-orang lokal menyebutnya Teras Tulang Punggung Naga”. Teras-teras ini terletak di desa Ping An yang penuh warna. Teras Sawah Lonngji ini sudah ada sejak abad ke-12 dan dibangun di lereng gunung setinggi 1.100 m.

Pembangunan teras tersebut membutuhkan banyak waktu dan usaha, namun para petani yang hidup pada saat itu harus bersemangat demi menghidupi kehidupan keluarga mereka. Membangun rumah di gunung merupakan salah satu kesempatan untuk bertahan hidup.

8. Pulau Terapung Titicaca, Peru

Titicaca merupakan salah satu di pulau terapung yang unik di Danai Titicaca, Peru. Pulau tersebut berada di perbatasan Peru dan Bolivia di danau Titicaca. Adapun penduduknya yangbernama suku Uru tinggal di 42 pulau terapung yang terletak di danau. Yang menjadi daya tariknya adalah bahan untuk membangun pulau tersebut, yaitu menggunakan tebu dan dikelola sendiri. Bahan tersebut juga dimanfaatkan untuk membuat perahu yang untuk kebutuhan transportasi dan memancing. Meski terkesan “pelosok”, penduduk di Pulau titicaca masih bisa menyaksikan dunia modern melalui televisi.

9. Alberobello, Italia

Desa terunik selanjutnya yang nggak kalah menarik ada Alberobello. Berlokasi di Italia, Alberobello terkenal dengan kompleknya yang terdiri dari 1400 bangunan trullo yang diakui oleh UNESCO sebagai bagian dari warisan sejarah dan kemanusiaan. Trullos adalah rumah-rumah pertanian yang terbuat dari batu kapur dan merupakan contoh unik dari bangunan dengan dinding batu kering. Nama itu sendiri berasal dari kata Latin trulla yang berarti kubah.

10. Desa Terunik di Dunia Cua Van, Vietnam

Desa Memancing Cua Van di Vietnam sekilas terlihat seperti dunia khayalan. Desa nelayan terapung yang terletak di Ha Long Bay in disebut-sebut yang paling besar di dunia. Namun, kamu mesti naik perahu dulu untuk bisa menikmati keindahan alam di sana. Seperti namanya, mayoritas penduduk desa tersebut adalah nelayan. Mereka bermukim di rumah-rumah yang bertengger di atas rakit. Tertarik tinggal disini nggak?

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu