via dictio.id

Inilah 10 Bangunan Urban Legend di Jawa, Pernah Kesana?

Spread the love

Indonesia kaya akan urband legendnya yang masih bertahan hingga sekarang. Yang ramai diperbincangkan nggak hanya soal sosok nenek gayung dan kawan-kawannya, tetapi juga beberapa bangunan yang dinilai punya kisah seram dibaliknya. Bangunan tersebut bahkan sering dijadikan sebagai lokasi uji nyali. Karena yang melakukannya dalah seorang influencer atau youtuber, jadinya netizen ikut-ikutan berburu hantu di bangunan tersebut. Di Pulau Jawa sendiri, terdapat bangunan-bangunan yang terkenal dengan mitos menyeramkan. Nggak usah lama-lama, simak sepuluh bangunan urban legend di Jawa berikut ini.

1. Urband Legend di Jawa: Rumah Kentang, Bandung

via Yudha Maulana/detikcom

Rumah kentang menjadi salah satu urband legend yang terkenal di Kota Kembang. Rumah yang satu ini sudah lama dikosongkan, konon sejak adanya kisah menyeramkan dari penghuni terdahulunya. Katanya, rumah ini menjadi saksi mata meninggalnya seorang anak laki-laki yang sedang menemani ibunya memasak. Yang lebih mengerikan lagi, anak tersebut meninggal karena terjatuh dari pangkuan ibunya ke dalam kuali besar tempat memasak kentang.

Akibat kejadian naas tersebut, tidak sedikit warga yang mengaku sering mencium aroma kentang dari rumah tersebut. Bahkan, sesekali juga mereka melihat penampakan sosok anak laki-laki. Sampai saat ini, rumah tersebut tidak berpenghuni. Rumah bergaya art deco tersebut katanya dijual, tapi sampai sekarang belum ada yang beli. Namun, kabar tersebut masih diragukan kebenarannya. Tapi kalaupun memang dijual, kamu mau beli, nggak?

2. Lawang Sewu, Semarang

via Tempo/Rully Kesuma

Gedung berjuluk seribu pintu ini sudah terkenal dengan cerita mistisnya. Lawang Sewu ini dulunya digunakan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api yang jadi penghubung Semarang dan Yogyakarta. Namun, gedung peninggalan Belanda ini juga digunakan sebagai penjara yang paling kejam pada masa penjajahan Jepang.

Penjara tersebut terletak di bawah tanah yang diperuntukkan untuk orang Indonesia maupun Belanda. Konon, mereka bisa ditepatkan di penjara jongkok atau berdiri. Di penjara jongkok, tahanan harus berdiam diri di sebuah bak yang tingginya hanya 50 cm. Nantinya, bak tersebut diisi air sebatas leher, lalu ditutup oleh teralis besi. Sedangkan penjara berdiri yaitu ruangan dengan ukuran 1×1 meter. Tahanan berjumlah 7-8 orang dimasukan kesana dan saling berhimpitan. Intinya, penjara ini tentu saja digunakan untuk menyiksa tahanan.

Dengan kisah kelam sekaligus menyeramkan tersebut, Lawang Sewu dipercaya jadi tempat tinggal makhluk halus. Nggak sedikit yang katanya pernah lihat penampakan kunti, noni belanda, arwah tahanan, dan sejenisnya. Meski begitu, kamu bisa banget pergi kesana karena Lawang Sewu sedah melakukan renovasi. Tampilan luar dalamnya tidak mengerikan seperti yang dibayangkan.

3. Rumah Tak Kasat Mata, Yogyakarta

via dictio.id

Urban legend di Jawa lainnya ada Rumah Tak Kasat Mata. Rumah yang satu ini konon dijadikan lokasi shooting film Keluarga Tak Kasat Mata pada tahun 2017. Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata Bonaventura Genta saat ia menjadi pegawai atau pekerja di rumah tersebut.

Rumah ini terletak di jalan Magelang, Jawa Tengah. Dulunya, rumah tak kasat mata ini digunakan sebagai tempat percetakan selama dua tahun. Penghuni rumah tersebut konon sedang mengalami masalah finansial sehingga mereka memutuskan untuk pergi ke orang pintar. Kasarnya, mereka minta didoakan agar menjadi keluarga kaya raya, namun dengan versi ‘sesat’. Dari sanalah, suasana-suasana mistis mulai terasa. Genta sering melihat perabotan bergerak sendiri. Bahkan, ia juga serin gmelihat penampakan wanita berkuerudung hitam dan wanita cantik yang wajahnya penuh darah. Selain penampakan, di rumah tersebut juga sering tercium bau amis.

4. Urban Legend di Jawa: Gedung Biru, Bekasi

via NETRALNEWS

Kalau lagi jalan-jalan ke Bekasi, coba aja mampir ke Jl. Pangeran Jayakarta. Disana, berdiri gedung terbengkalai yang cukup luas. Orang-orang menyebutnya Gedung Biru. Gedung yang satu ini konon dulunya sering digunakan sebagai tempat hiburan. Namun, pada tahun 1990-an, gedung tersebut mulai berhenti beroperasi. Menurut pengakuan masyarakat, mereka sering mendengar suara-suara gaduh seperti menandakan adanya aktivitas di gedung tersebut. Padahal, gedung tersebut benar-benar kosong dan tidak ada satupun orang atau kelompok yang melakukan kegiatan disana. Karena memberikan nuansa mistis, akhirnya gedung ini sering dijadikan sebagai lokasi uji nyali. Gimana, berani?

5. Hotel Niagara, Malang

via mam Santoso Chue via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-4.0)

Hotel Niagara berdiri kokokh di jalan Dr. Soetomo 63 Lawang hampir seratus tahun. Bangunan ini dirancang mirip seperti bangunan-bangunan di Eropa. Arsiteknya tak lain adalah Fritz Joseph Pinedo, pria berdarah Brasil yang hidup di Indonesia pada masa pendudukan Belanda. Hotel yang satu ini terkenal mistis usai kejadian di lantai tiga jadi viral. Pada saat itu, pegawai hotel dikejutkan dengan suara pesta dan dance para bule di lantai tiga. Setelah ditelusuri, ternyata tidak ada aktivitas apapun di lantai tersebut. Usut punya usut, lantai tiga tersebut menjadi saksi bunuh diri seorang pria bule akibat cemburu pada pasangannya ke-gep selingkuh saat mengadakan pesta di lantai tersebut.

Hotel Niagara ini kembali viral saat seorang netizen mengunggah kisah mistisnya di TikTok. Ia dan suaminya menginap di hotel tersebut, namun belum sampai lima belas menit, mereka sudah nggak tahan. Katanya, suasananya benar-benar negatif dan hotel tersebut sangat sepi dari pengunjung. Dalam video TikTok tersebut, si netizen ini memperlihatkan suasana Hotel Niagara yang begitu senyap dan mencekam.

6. Gedung Panti Karya, Bandung

via youtube/Yoga Indra

Bandung juga punya gedung misitis lainnya, salah satunya adalah gedung Panti Karya. Gedung ini memang tidak terlalu dikenal, apalagi di kalangan milenial. Selain beroperasi sebagai panti asuah, gedung ini juga pernah beberapa kali digunakan sebagai tempat usaha, namun usaha tersebut selalu gagal hingga akhirnya gedung tersebut terbengkalai.

Gedung yang satu ini konon dihuni oleh berbagai macam makhluk halus. Salah satu kisahnya yang terkenal adalah sosok penampakan anak kecil yang sering berkeliaran di gedung tersebut. Sampai saat ini, katanya dia masih menunggu orang tuanya menjemputnya. Selain hantu anak kecil, ada juga sosok wanita yang gentayangan disana akibat bunuh diri.

7. Urban Legend di Jawa: Rumah Darmo, Surabaya

via kapanlagi.com

Siapa sih yang nggak tau dengan misteri rumah dharmo? Rumah yang belokasi di Jalan Puncak Permai II, Sukomanunggal ini viral akibat ceritanya yang ngeri-ngeri sedap. Konon, orang yang membangun rumah ini nggak perlu kerja siang dan malam untuk membangun rumah ini. Ia memilih untuk melakukan pesugihan dengan memberikan tumbal dan sesajen sehingga cuannya auto numpuk sampai bisa bangun rumah bak istana ini.

Pada suatu hari, keluarga tesebut tidak lagi memberikan tumbal dan sesajen. Karena terus dihantui, mereka melarikan diri menggunakan jalur laut dengan harapan tidak terus-terusan diteror. Namun, dedemit pesugihan tersebut bisa dengan mudah membuat mereka celaka. kapal yang ditumpanginya tenggelam dan mereka sekeluarga meninggal dunia.

Nasib rumah mewahnya sendiri juga naas. Rumah tersebut akhirnya terbakar secara tiba-tiba dan akhirnya terbengkalai sampai sekarang. Rumah Dharmo kini sering digunakan sebagai lokasi uji nyali. Konon, merek ayang pernah datang kesana sering melihat sosok-sosok mengerikan dan suara-suara aneh.

8. Rumah Belanda Cisauk, Tangerang

via kisah.wiratama.net

Rumah Belanda Cisauk mulai dikenal mistis usai kejadian mengerikan terjadi pada seorang pria bernama Muchlis. Ia menjadi korban gusuran proyek double track PT Kereta Api Indonesia (KAI) di dekat Stasiun Cisauk, Tangerang Selatan. Suatu hari, ia ditawari untuk tinggal sebuah rumah tua peninggalan Belanda yang terletak di tepi Jalan Raya Cisauk (dari arah Bogor ke BSD). Kondisi rumah tersebut sangat kumuh, belum lagi auranya yang terasa menyeramkan.

Selama tinggal disana, Muchlis sering mengalami pengalaman-pengalaman mistis. Mulai dari didatangi ular hitam, bertemu noni belanda, dan masih banyak lagi. Bahkan, ruang bawah tanah rumah tersebut terdapat peninggalan coretan nama-nama yang diduga sebagai buronan intelijen militer Belanda. Mengejutkannya, nama Muchlis ada disana.

9. Mess Arseto, Solo

via JALU W WIRAJATI/BOLASPORT.COM

Pada era Galatama, Arseto Solo adalah salah satu klub sepak bola yang begitu terkenal di Indonesia. Beberapa pemain turut memperkuat tim ini, diantaranya ada Rochy Putiray, Nova Arianto, hingga I Komang Putra. Yang menarik bukan hanya tentang mereka, tetapi juga mess klubnya. Pasalnya,mess klub Arseto ini terkenal mistis. Sebelum beroperasi sebagai mess pemain bola, bangunan ini dulunya beroperasi lebih dulu sebagai Rumah Sakit Kadipolo.

Menurut pengakuan pemain yang pernah tinggal disana, beberapa penampakan sering terlihat di rumah tersebut, salah satunya sosok wanita berbaju putih layaknya suster zaman dulu. Bahkan, rumor yang lebih menyeramkan adalah tempat ini sering dijadikan lokasi untuk mengakhiri hidup dengan cara gantung diri.

10. Urband Legend di Jawa: Hotel Beringin, Cirebon

via JALU W WIRAJATI/BOLASPORT.COM

Orang yang melihat Hotel Beringin saat ini pasti akan bergidik. Tampilan luarnya sangat kumuh dan memberikan kesan menyeramkan. Namun, jangan salah..Hotel Beringin ini dulunya sangat ramia pengunjung, lho. Lokasinya cukup strategis, sehingga wisatawan lebih tertarik untuk menginap disana. Akibat kalah bersaing dengan hotel-hotel baru, hotel Beringin ini jadi sepi peminat dan akhirnya terbengkalai hingga saat ini. Setelah tidak beroperasi selama bertahun-tahun, bangunan ini akhirnya sering dijadikan tempat uji nyali, Konon, ratusan makluk astral tinggal disini sehingga kamu yang bakalan uji nyali nggak bakalan nanggung deh!

Berikan komentarmu