Inilah 10 Aliran Sesat yang Nyaris Kuasai Akal Sehat Manusia

Spread the love

Aliran sesat menjadi salah satu fenomena yang bikin kita nggak habis pikir. Di salah satu tempat entah berantah, seseorang tiba-tiba mengaku sebagai Nabi bahkan Tuhan. Dia bakalan bergerilya untuk mencari pengikut. Dan yang lebih mengejutkan, ternyata ada juga yang mau menerima ajaran tersebut, sehingga fenomena ini jelas meledak mejadi sebuah berita yang absurd. Sesuai dengan namanya, ajaran ini jelas menyimpang atau bertentangan dengan sistem keagamaan manapun. Untungnya, fenomena ini tidak pernah berkelanjutan karena hukum kita sangat gercep dalam menangani  hal-hal seperti ini. Aliran-aliran sesat ini tentu saja pernah terjadi di Indonesia, bahkan dunia. Apa saja sih yang pernah viral? Simak langsung di bawah ini!

1. Aliran Sesat Kerajaan Lia Eden

Indonesia sempat digegerkan dengan sosok Lia Eden. Yang membuatnya viral adalah saat ia mengaku sebagai penyebar wahyu dari malaikat Jibril dan reinkarnasi Bunda Maria. Ajaran yang disebarkannya jelas sangat menyimpang. Ia dan 75 pengikutnya sempat melakukan ritual untuk menantang Nyo Roro Kidul. Tujuannya adalah untuk memusnahkan sosok tersebut karena Nyi Roro ini dianggap sebagai lambang kemusyrikan dan si Lia Eden ini nggak ngaca :(.

Selain itu, ia juga sempat melakukan kegabutan lainnya. Ia meminta izin pada Presiden Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, untuk mendaratkan UFO itu di Monas. Jelas saja itu menuai kontroversi yang pada akhirnya sama sekali tidak dikabulkan. Lia Eden ini begitu berambisi untuk mendaratkan UFO karena benda terbang itu katanya bisa membawa dia dan pengikutnya ke surga. Berapa ya tiketnya?

Akibat kelakuannya yang meresahkan ini, Lia Eden akhirnya dijatuhi hukuman penjara pada 2006 dan 2009 akibat kasus penistaan agama.

2. Kerajaan Ubur-ubur

Masih dari Indonesia, Kerajaan Ubur-ubur juga sempat meresahkan warga Serang Banten. Kerajaan ini didirikan  oleh Rudi dan Aisyah, dipimpin oleh Nurhalim. MUI Serang lantas “kepo” denga ajaran yang satu ini, dan fakta di lapangan menemukan bahwa ajaran ini 100 persen sesat. Dalam ajarang tersebut, Nabi Muhammad SAW diyakini berjenis kelamin perempuan. Oleh karena itu, MUI Kota Serang menegaskan bahwa Kerajaan Ubur-ubur tersebut adalah aliran sesat, yang pada akhirnya dibubarkan.

3. Gerakan Fajar Nusantara

Gerakan Falar Nusantara atau Gafatar juga sempat mendapat sorotan dari MUI. Setelah ditelusuri, MUI akhirnya mengeluarkan fatwa dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Aliran Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar). Aliran tersebut dinyatakan menyimpang dan sesat, karena  dipastikan sebagai pengembangan dari aliran al-Qiyadah al-Islamiyah yang sudah dilabeli sesat melalui Fatwa MUI Nomor 04 Tahun 2007.

Aliran Gafatar ini mengajarkan paham dan keyakinan Millah Abraham. Dalam hal ini, mereka mencampuradukkan ajaran Islam, Nasrani, dan juga Yahudi.

4. Tarekat Tajul Khalwatiyah Syekh Yusuf Gowa

Aliran Puang Lalang atau Mahaguru beruntung tidak bisa bertahan lama. MUI Kabupaten Gowa menyatakan bahwa aliran tersebut menyimpang dari ajaran agama. Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam Fatwa MUI bernomor Kep 01/MUI-Gowa/XI/2016 tanggal 9 November 2016.

Aliran tersebut kedapatan sesat saat si Mahaguru ini meminta Rp10 ribu sampai Rp50 ribu sebagai HTM ke surga. Yang lebih cacatnya lagi, si Mahaguru ini mengajarkan adanya Allah pencipta, Allah Mama, Allah Bapa, Allah Iblis, Allah Jin, Allah Syeitan, dan juga Allah Nafsu. Kurang sesat gimana, kan?

5. Aliran Sesat Satria Piningit

Agus Imam Solihin yang merupakan ketua Satrio Piningit Weteng Buwono kedapatan mengajarkan aliran sesat Satrio Piningit. Ajaran tersebut jelas menyimpang  karena si Agus sendiri mengaku sebagai Tuhan dihadapan jamaahnya dari tahun 2015-2016. Ia mengajarkan bahwa pengikutnya cukup mengingat Tuhan saja dan tidak perlu solat. Selain itu, pengikutnya hanya boleh membayar zakat kalau sudah bekerja. Yang lebih ekstrem, pasangan suami istri bisa melakukan hubungan intim secara beramai-ramai.

Akibat ulahnya yang meresahkan ini, ia dijatuhi hukuman 2 tahun 6 bulan atau 2,5 tahun penjara dan terjerat pasal 156 a tentang Penodaan Agama.

Baca juga artikel menarik lainnya:

6. Aliran Surga Adn

Aliran Surga Adn juga menjadi fenomena yang sempat menggegerkan Tanah Air. Sebut saj apemimpinnya Ahmad Tantowi yag sekaligus mengaku-ngaku sebagai Tuhan. Dia membuat ajaran baru dengan mengatasnamakan Islam. Mengerikannya, ia tidak mewajibkan para pengikutnya untuk shalat dan berinfak. Sebaliknya, dia malah “malak” pengikutnya dengan embel-embel iuran wajib sebesar 10% dari penghasilan mereka, dan 10% potongan dari penghasilan bulanan. Kalau dikalkulasikan, setiap pengikutnya harus megeluarkan uang sebesar Rp3-4 juta setiap bulan.

Kebebasan seksual juga diajarkan dalam aliran sesat ini. Tantowi bisa denga bebas menggaui perempuan mana saja yang dia mau. Agar pengikutnya yakin dengan doktrin ini, Tantowi meyakinkan kalau hubungan seksual itu adalah bentuk ritual penyucian diri. Lebih gilanya lagi, adegan seksnya juga direkam!

Meresahkan, Ahmad Tantowi beserta delapan orang pengikutnya akhirnya ditangkap pada tahun 2010.

7. Aliran Sesat The Ku Klux Klan

Aliran sesat lainnya datang dari sebuah negara di belahan Eropa, namanya “The Ku Klux Klan (KKK)”. Aliran yang satu ini diikuti oleh sekelompok ekstremis Kristen. Lama kelamaan, kelompok tersebut semakin berkembang sampai pengikutnya berjumlah empat juta orang. “The Ku Klux Klan” ini punya ciri khas tersendiri, yaitu berpenampilan menggunakan topeng serta jubah putih yang menutupi seluruh tubuh. Ini adalah cara mereka untuk menyembunyikan identitasnya. Hal yang membuat aliran ini dicap mengerikan adalah aktivitasnya yang mengharuskan membunuh orang-orang dengan keyakinan dan identitas berbeda dari mereka. Sasarannya tak lain adalah orang kulit hitam hingga pemuka agama.

8. Order of The Solar Temple

“Order of the Solar Temple” merupakan aliran sesat yang muncul secara tidak terang-terangan pada tahun 1984. Aliran yang dipimpin oleh Josep Di Mambro dan Luc Jouret ini akhirnya muncul pada 1994 dan menyebarkan ajarannya kepada masyarakat luas. Namun, Josep Di Mambro ini rupanya mengajarkan hal-hal keji. Saat it, ia dan pengikutnya kedapatan membunuh seorang bayi yang dianggap sebagai jelmaan anti-kristus. Tak sampai disitu, tidak sedikit pengikutnya yang melakukan bunuh diri sebagai ritual untuk masuk surga. Terakhir, pemimpin aliran sesat ini kedapatan membunuh sekitar 100 anggotanya dengan cara ditembak, diracun, hingga dibakar.

9. Aliran Sesat: Aum Shinrikyo

Di Jepang, sempat beredar aliran sesat yang menyebarkan paham kehancuran di muka bumi. Namanya Aliran Aum Shinrikyo. Semula, aliran ini hanya berupa komunitas meditasi dan yoga. Namun, komunitas pimpinan Shoko Asahara ini malah berbelok menjadi sebuah aliran yang menyesatkan. Kelompok tersebut berharap kiamat terjadi dan menghancurkan umat manusia. Mereka percaya bahwa kematian seluruh makhluk di muka bumi ini menjadi tiket untuk mereka masuk ke surga. Biar kiamat ceat terjadi, mereka melakukan beragam hal keji. Mulai dari perampokan, penculikan, pembunuhan, hingga pengeboman. Pemerintah Jepang akhirnya bertindak langsung untuk membubarkan aliran gila ini.

10. Children of God

Yang terakhir adalah aliran Children of God. Ajaran ini diangap gila karena menyuruh pengikutinya untuk melakukan hubungan seks bebas dengan sesama anggota. Bahkan, kelompok ini juga mengharuskan anggotanya berhubungan badan dengan anak-anak. Jika dilakukan, mereka katanya bakal mendapat pahala yang besar. Karena tergiur oleh iming-iming tersebut, anggota ajaran ini tak segan-segan menculik, menyiksa, hingga membunuh banyak gadis muda.

Itulah sepuluh aliran sesat yang eksis di beberapa belahan dunia, termasuk Indonesia. Meski zaman sudah semakin modern, fenomena seperti ini bisa saja terjadi di kemudian hari. Untuk itu, penting bagi kita untuk mempertebal iman agar hati dan pikiran tidak mudah terdoktrin dengan hal konyol seperti ini.

Berikan komentarmu