Share this
Share

shares

Ini Dia 7 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris (Sekali Dicoba Langsung Pinter)

24 April 2020

Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris – Saat ini kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris sudah bukan sekedar prestise lagi, tapi kebutuhan bagi semua orang. Siapa saja yang pernah kuliah sangat paham bahwa mereka harus melek bahasa Inggris. Karena kebanyakan textbook masih dalam bahasa Inggris.

Skill bahasa Inggris juga sangat penting dalam seleksi karyawan. Karena hampir semua perusahaan mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris. Bahkan ada yang harus dibuktikan dengan sertifikat TOEFL dengan skor tertentu dimana Kamu bisa memperlajarinya di WestwoodPrep.com

Perusahaan tidak ingin ada pekerjanya yang benar-benar buta bahasa Inggris. Karena era perdagangan bebas membuat perusahaan harus melebarkan bisnisnya ke luar negeri. Dan itu memerlukan karyawan yang berkompeten dalam bahasa internasional.

Singkat kata, era globalisasi dan keterbukaan menuntut siapa saja bisa berkomunikasi dalam bahasa utama pergaulan internasional ini.

Nah bagi kalian yang ingin lekas mahir, terkadang berlatih mandiri akan meningkatkan kemampuan kalian secara signifikan. Terpenting, kalian tahu metodenya. Nah penasaran bagaimana cara efektif belajar bahasa Inggris secara mandiri? Ikuti penjelasan berikut ini

1. Mulai dari materi termudah

Belajar apa saja harus dimulai dari materi termudah, termasuk bahasa Inggris. Bukan hal yang memalukan kalau kalian harus memulai dari materi dasar, bahkan materi SD-pun bukan masalah. Dan standar mudah bisa berbeda-beda bagi setiap orang.

Ada yang memang benar-benar mulai dari nol, misalnya harus dikenalkan dengan cara mengucap alfabet, angka, atau nama hari. Atau kalau mau belajar tenses, bisa diawali dari tenses paling sederhana, yaitu simple present. Intinya, belajarlah step by step dan enjoy.

2. Biasakan mendengar percakapan

Banyak yang meyakini bahwa sering mendengar percakapan menjadi cara paling efektif belajar bahaa Inggris. Dengan cara ini, kalian menjadi tahu pengucapan yang benar dari native. Untungnya, kalian bisa mendengar percakapan dari native speaker dengan mudah.

Kalian bisa mengunjungi melihat acara TV berbahasa Inggris atau situs berita berbahasa Inggris yang menyediakan siaran streaming. Agar tidak cepat bosan, pilih acara yang disukai atau sesuai hobi.

3. Perbanyak membaca

Ingin menguasai kosakata dengan cepat? Rajin-rajinlah membaca teks berbahasa Inggris. Aktivitas ini akan memperkaya kosakata dan memperkuat daya ingat. Apa yang kalian baca pada teks tersebut? Kalimat, jadi kalian juga bisa lebih paham struktur kalimat dan penerapan suatu kata dalam kalimat tersebut.

Dan jangan bayangkan yang dibaca adalah buku-buku tebal dengan jumlah halaman yang sangat banyak. Kalian bisa mulai dengan topik ringan, seperti cerita bergambar, komik, maupun berita olahraga.

4. Biasakan menulis kalimat bahasa Inggris

Seperti halnya membaca, menulis juga membuat otak kita mengingat kata yang kita tulis. Cara ini tentunya sangat efektif meningkatkan kemampuan kita. Dan jangan bingung dengan tema yang akan ditulis. Ceritakan saja uneg-uneg atau pengalaman yang kalian miliki.

Aturan grammar? Pada awal-awal belajar, jangan terlalu memikirkan tata bahasa. Yang penting tulis saja apa yang ada di benak kita, setelah itu barulah kita memperbaiki grammar. Jangan sampai terlalu lama berpikir justru membuat kita tidak jadi menulis.

5. Praktek bicara

Nah ini dia puncak dari pembelajaran bahasa Inggris, yaitu kemampuan percakapan. Lalu bagaimana cara melatihnya? Cara terbaik harus dengan partner. Carilah teman kerja, teman sekelas yang pandai speaking lalu ajak mereka untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Kalau ternyata tidak ada, cara lainnya dengan mencari komunitas belajar bahasa Inggris yang ada kota kalian. Seringnya berbicara bahasa Inggris membuat kalian makin percaya diri dan memudahkan saat berhadapan dengan situasi yang mengharuskan kalian berbahasa Inggris.

6. Pelajari tenses

Salah satu bagian paling penting dalam tata bahasa yang harus dimengerti adalah tenses atau bentuk kata kerja berdasarkan waktu kejadian (past, present, future). Penggunaan tenses yang benar membuat lawan bicara bisa memahami maksud kalimat yang kita sampaikan.

Begitu pentingnya tenses, tidak heran kalau materi ini ada di halaman awal buku pelajaran bahasa Inggris. Bahkan kalau kalian paham 16 tenses, itu artinya kalian sudah memahami sebagian besar konsep bahasa Inggris. Ini akan memudahkan pelajaran selanjutnya.

7. Ikut kursus

Tidak diragukan lagi kalau ikut kursus menjadi cara efektif belajar bahasa Inggris, terlebih bagi kalian yang memulai dari level paling dasar. Semua yang diperlukan dalam pembelajaran seperti buku, audio, video, serta software sudah disediakan lembaga kursus.

Mereka juga memiliki metode khusus yang membuat siswa lebih cepat paham. Bahkan ada banyak lembaga kursus yang menyediakan pengajar native speaker.

Nah itu tadi cara efektif belajar bahasa Inggris yang bisa kalian lakukan. Tapi ingat, sebagus apapun cara belajar, tidak akan banyak berguna kalau tidak ada kemauan untuk maju. Jadi kembali lagi pada diri kita masing-masing. Selamat belajar ya!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

Share

Pilihan editor

Secured By miniOrange