Share this
Share

Share

shares

Ini 5 Akibat Kalau Kamu Malas Pakai Skincare

10 July 2020  Ajeng

Melakukan serangkaian perawatan kulit wajah seperti hal wajib untuk kaum perempuan. Ini tidak lain adalah untuk mendapatkan kulit yang sehat dan glowing layaknya selebgram yang sering mejeng di media sosial. Namun, tidak sedikit juga perempuan yang malas menggunakan skincare. Alasannya bermacam-macam. Bisa jadi karena memang malas mengeluarkan uang, merasa dirinya sudah cukup tanpa perawatan, malas, dan masih banyak lagi. Padahal, tidak melakukan skincare routine bisa berdampak buruk untuk kulitmu, lho!

Ada berbagai jenis produk skincare wajah yang bisa kamu gunakan, mulai dari facial wash, toner, essence, serum, pelembab, scrub, sunblok, dan masih banyak lagi. Jika malas menggunakan rangkaian skincare tersebut, bisa jadi lima masalah kulit in terjadi sama kamu.

1. Penumpukan Sel Kulit Mati

Sumber: milled.com

Sel kulit mati yang menumpuk pada wajah bisa membuat kulit kamu tampak kusam. Ini biasanya disebabkan oleh make up, polusi, kotoran, dan minyak pada wajah yang tidak dibersihkan. Akibatnya, wajah juga menjadi iritasi dan sering berjerawat karena pori-pori tersumbat. Oleh karena itu, bersihkan wajah sesaat setelah beraktivitas menggunakan facial wash dan oil cleanser atau sesuai kebutuhan. Jangan lupa juga untuk melakukan eksfoliasi dua kali seminggu agar pergantian sel-sel kulit menjadi lebih baik.

2. Terganggunya Penyerapan Skincare Lain

Sumber: womenshealthmag.com

Eksfoliasi menjadi salah satu rangkaian perawatan yang penting untuk menjaga kulit kamu tetap sehat. Tumpukan sel-sel kulit mati bisa terangkat dengan baik jika kamu rutin melakukan langkah yang satu ini. Namun, jika kamu jarang melakukan eksfoliasi, tahapan skincare lainnya akan terganggu. Bahan-bahan aktifnya tidak bisa menyerap dengan baik, sehingga wajah kamu akan tampak kusam meskipun sudah melakukan berbagai rangkaian perawatan.

Oleh karena itu, jangan skip penggunaan produk eksfoliasi untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah merata. Kamu bisa menggunakan chemical atau physical exfoliation sesuai dengan kebutuhan kulit wajah kamu. Bahkan, kamu bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami.

3. Tanda-tanda Penuaan Dini

Sumber: kanal247.com

Siapa saja tentu ingin terlihat awet muda. Pasalnya, wajah akan memberikan kesan yang lebih segar dan sehat di rentang usia kamu yang sebenarnya tidak muda lagi. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan rangkaian perawatan anti-aging lengkap mulai dari pembersih wajah, toner, essence, serum, pelembab, krim siang, dan krim malam. Biasanya, produk anti-aging mulai bisa kamu gunakan saat memasuki usia 30 tahun. Dengan begitu, kulit akan terhindar dari kerutan-kerutan halus, flek hitam, kerutan, dan tanda-tanda penuaan lainnya.

4. Jerawatan

Sumber: qureta.com

Jerawat merupakan masalah kulit yang bisa dialami oleh siapa saja. Salah satunya jerawat bisa disebabkan oleh kulit kering yang tidak mendapatkan hidrasi yang cukup. Biasanya kamu terlalu malas untuk menggunakan pelembab, sehingga kulit menjadi lebih mudah berjerawat. Oleh karena itu, gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kamu, ya! Jangan lupa membersihkan wajah terlebih dahulu dengan facial wash.

5. Riasan yang Tidak Menempel Sempurna

Sumber: editorial.femaledaily.com

Penggunaan riasan juga akan tergangu jika kamu memiliki kulit yang tidak sehat. Penumpukan sel kulit mati dan garis-garis halus biasanya yang menyebabkan tampilan make up kamu menjadi tidak sempurna. Foundation tidak akan mudah menempel bahkan terlihat cakey. Lebih buruk lagi, make up akan menjadi berantakan jika wajah kamu berminyak dan berkeringat. Oleh karena itu, jaga selalu kulit kamu dengan rangkaian produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah. Wajah sehat akan memberikan tanpilan make up yang flawless dan awet sepanjang hari.

Setelah mengetahui lima dampak buruk di atas, kamu pasti ogah kan untuk malas-malasan pakain skincare? Oleh karena itu, kenali dulu jenis kulit kamu agar skincare routine yang digunakan sesuai dengan kebutuhan kulit wajah. Semoga bermanfaat, ya!

Berikan komentarmu

Related articles

 #akibat sinar matahari #cara memutihkan kulit #kulit menghitam #skincare routine #step skincare #sunblock #sunscreen #UVA
Share di whatsapp

Pilihan editor