Ingin Tetap Bugar Sepanjang Hari? Intip 9 Pola Hidup Sehat Ini

Spread the love

Menjalani aktivitas sehari-hari akan lebih semangat jika kondisi tubuh sehat dan bugar. Pekerjaan menjadi lebih cepat tuntas tanpa harus mengalami gangguan kesehatan, dan sejenisnya. Kondisi seperti ini tentu hanya akan dialami jika kamu menjalani pola hidup sehat. Melakukannya secara rutin dan disiplin bisa membuat kesehatan jasmani dan rohani lebih terjaga. Untuk itu, menyepelekan kondisi kesehatan sangat tidak dianjurkan. Mulai dari sekarang, yuk, lakukan setidaknya sembilan pola hidup sehat di bawah ini.

1. Pola Hidup Sehat dengan Minum Air Putih yang Cukup

via pexels.com

Salah satu cara menerapkan pola hidup sehat adalah dengan minum air putih yang cukup. Tubuh akan terhidrasi dengan baik jika kamu minum 8 gelas atau 2 liter air putih setiap harinya, atau sesuai dengan kebutuhan. Manfaatnya tentu saja banyak. Diantaranya bisa membuat kulit lebih lembab, mencegah batu ginjal, meningkatkan fungsi otak, membantu menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi. Dengan catatan, kamu jangan menambahkan dengan pemanis buatan seperti gula, ya. Jika terlalu sering mengonsumsi minuman manis, kamu bisa terserang penyakit diabetes tipe-2, obesitas, dan penyakit mematikan lainnya.

2. Sempatkan Berolahraga

via pexels.com

 

Tubuh yang bugar salah satunya bisa didapatkan dengan berolahraga. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk menyempatkan berolahraga minimal 2 jam per minggu. Tidak hanya jogging, kamu juga bisa melakukan olahraga lainnya seperti bersepeda, berenang, badminton, senam, zumba, dan masih banyak lagi. Jika kamu rutin berolahraga, tubuh akan membakar banyak kalori dan  membentuk masa otot. Jadi, untuk mendapatkan tubuh yang sehat juga bisa dimulai dengan berolahraga.

3. Pola Hidup Sehat, Memilih makanan yang baik

via pexels.com

Pola hidup sehat juga bisa dimulai dengan memilih makanan yang sehat dan bergizi. Jika rutin mengonsumsi makanan yang sehat, tubuh kamu akan menyimpan lebih banyak energi dan bisa mencegah berbagai penyakit seperti diabetes, kanker, hipertensi, jantung, dan lain sebagainya. Untuk itu, pastikan menu makanan sehari-hari kamu mengandung nutrisi yang baik. Bisa dari sayur-sayuran, buah-buahan, daging, biji-bijian, dan masih banyak lagi. Kurangi makanan kemasan dan olahan karena beresiko memicu timbulnya penyakit kronis.

4. Tidur yang cukup

via pexels.com

Sering begadang akan membuat kamu merasa lelah di pagi hari. Akibatnya, pekerjaan tidak bisa dituntaskan secara maksimal dan kamu akan merasa kelelahan sepanjang hari. Untuk itu, tidurlah yag cukup agar mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Kamu bisa tidur selama 7-9 jam per harinya. Dengan tidur yang cukup, mood menjadi lebih baik di pagi harinya, meningkatkan fokus, dan menambah energi. Jika kebiasaan ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama, kamu akan merasakan tubuh yang lebih bugar dan sehat!

5. Menjaga Kebersihan Lingkungan

via pexels.com

Menjaga kebersihan sekitar juga bagian dari pola hidup sehat. Jangan sampai kamar kamu penuh dengan debu atau sampah karena bisa menjadi sarang kuman dan bakteri. Jadi, sebaiknya nggak usah malas membersihkan kamar minimal satu minggu sekali. Bersihkan setiap sudut ruangan dan juga debu yang menempel pada benda-benda di sekitarnya. Selain itu, bersihkan juga pakaian kamu secara rutin agar kesehatan kulit tetap terjaga.

7. Rutin Mengecek Kesehatan

via pexels.com

Meskipun merasa sehat-sehat saja, tiak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan secara rutin. Langkah ini tentu saja akan memudahkankamu untuk mendeteksi penyakit lebih dini sehingga bisa ditangani lebih awal. Pemeriksaannya diantaranya meliputi pengecekan gigi, pengukuran tinggi badan dan berat badan, pengecekan tekanan darah, pengecekan kanker, danmasih banyak lagi.

7. Pola Hidup Sehat, Berjalan Kaki

via pexels.com

Berjalan kaki dinilai bisa membuat kamu lebih sehat dan segar. Tentu saja kamu tidak perlu meluangkan waktu dan uang untuk melakukan aktivitas ini. Misalnya, berjalan kaki ke kantor (kalau jaraknya dekat), jalan menuju super market, berkeliling komplek, dan masih banyak lagi. Dengan aktif bergerak, tidak hanya tubuh saja yang segar, tetapi juga mood yang akan lebih bahagia.

8. Menjaga Kesehatan Mental

via pexels.com

Menjaga kesehatan fisik saja tidak cukup. Kesehatan mental juga perlu kamu perhatikan karena ini bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Jika stres atau depresi, fokus kamu akan berkurang dan pekerjaan pun tidak bisa diselesaikan secara maksimal. Bahkan, tidak sedikit yang pergi ke psikiater untuk gangguan mental yang sudah parah seperti depresi. skizofrenia, bipolar, dan masih banyak lagi. Untuk itu, mulailah untuk membahagiakan diri kamu sendiri. Bisa pergi nonton bareng temen, bercocok tanam, bermain game, dan kegiatan lainnya yang bisa membuat kamu happy  dan relax. Satu lagi, jangan terlalu overthinking, ya!

9. Pola Hidup Sehat, Hindari Merokok

via ohwellbeing.com

Merokok memiliki efek samping lebih banyak daripada manfaatnya. Untuk itu, merokok sangat tidak dianjurkan kalau kamu ingin menerapkan pola hidup sehat. Pasalnya, asap rokok bisa memicu berbagai penyakit kronis seperti kanker, gangguan janin, penyakit jantung, penuaan dini, dan masih banyak lagi. Selain itu, hindari juga perokok di sekitar kamu agar paru-parumu lebih sehat. Konon, perokok pasif lebih rentan terkena penyakit kronis, lho!

Itulah sembilan pola hidup sehat untuk tubuh yang lebih bugar sepanjang hari. Lakukan secara disiplin agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya lebih maksimal.

 

 

 

Berikan komentarmu