Photo by destiawan nur agustra from Pexels

Ingin Tampil Lebih Bugar? Konsumsi 10 Menu Makanan Sehat Ini

Spread the love

Tubuh yang sehat dan bugar tidak hanya didapatkan dengan berolahraga. Salah satu diantaranya adalah dengan mengonsumsi menu makanan sehat. Menu ini tentu saja tidak sulit dicari sehingga tidak ada alasan untuk tidak makan makanan sehat. Manfaatnya sangat banyak, diantaranya menyehatkan jantung, menyehatkan kulit, mengontrol gula darah, mendukung kesehatan otak, dan masih banyak lagi. Untuk itu, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai mengonsumsi menu-menu makanan sehat. Ada apa saja? Berikut rekomendasinya.

1. Menu Makanan Sehat, Sop Bening

Photo by Cook Eat from Pexels

Sop bening adalah salah satu menu makanan sehat yang paling mudah dibuat. Makanan yang satu ini cocok dimakan selagi hangat, apalagi saat cuaca dingin. Kamu bisa memasukan aneka daging dan sayur ke dalamnya. Misalnya, daging ayam atau sapi, kentang, tahu, kacang panjang, sawi, wortel, dan masih banyak lagi. Jangan lupa juga masukan rempah-rempah agar rasanya semakin mantap. Jika dikonsumsi secara rutin, kamu bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Bagus juga lho untuk pencernaan!

2. Yogurt

Photo by Ella Olsson from Pexels

Yoghurt juga termasuk menu makanan sehat yang bisa kamu konsumsi secara rutin. Yogurt sangat bagus untuk pencernaan karena kaya akan kandungan probiotik, kalsium, vitamin B12, zinc, kalium, dan fosfor. Agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal, pilihlah yoghurt rasa plain karena kandungan proteinnya lebih banyak serta kandungan gula tambahannya cenderung lebih sedikit. Kalau bosan digadoin, kamu bisa menambah aneka buah-buahan seperti mangga, stroberi, melon, pisang, dan masih banyak lagi.

3. Menu Makanan Sehat, Salad

Photo by Jill Wellington from Pexels

Salad selalu menjadi menu andalan buat mereka yang sedang dalam program diet. Namun, salad juga sah-sah saja dikonsumsi oleh kamu yang ingin menerapkan pola hidup sehat. Kamu bisa mengkreasikan sendiri komposisi saladnya. Untuk salad buah, kamu bisa menggunakan jeruk, apel, mangga, stroberi, dan anggur yang kemudian dicampurkan dengan madu atau yoghurt. Untuk salad sayur, kamu bisa menggunakan wortel, kubis, selada, dan lain sebagainya yang bisa kamu campur dengan telur, minyak zaitun, lemon, dan bawang putih. Kalau ingin lebih sehat, nggak usah pakai mayonnaise, ya.

4. Oatmeal

Photo by Life Of Pix from Pexels

Oatmeal adalah menu makanan sehat yang cocok untuk sarapan. Makanan ini kaya akan serat tinggi sehingga bagus untuk pencernaan. Selain itu, oatmeal juga memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga kamu tidak akan mudah merasa lapar. Agar makanan ini rasanya semakin lezat, kamu bisa menambahkan buah-buahan, susu, atau madu.

5. Roti Bakar Telur Alpukat

Photo by Daria Shevtsova from Pexels

Menu yang satu ini memang terdengar kurang familiar. Roti bakar telur alpukat rupanya bisa jadi menu andalan setiap hari agar tubuh kamu lebih sehat dan bugar. Cara membuatnya sangat mudah. Bakar atau panggang roti, lalu letakan alpukat yang sudah dihaluskan dan juga satu butir telur yang sudah digoreng. Kamu bisa menambahkan seasoning di atasnya agar rasanya semakin menggoda lidah. Biar nggak penasaran, cobain deh sekarang juga.

6. Menu Makanan Sehat, Sandwich

Photo by Erin Wang from Pexels

Orang Indonesia jarang banget makan sandwich, apalagi untuk menu sehari-sehari. Namun, kamu bisa masukan menu yang satu ini ke dalam daftar menu makanan sehat kamu. Sandwich ini bisasanya terdiri atas mentimun, tomat, selada, telur, dan ayam suir. Bahkan ada juga yang menambahkan keju biar rasanya semakin lumer di mulut. Makanan yang satu ini bisa dibilang menu sehat all ini one. Jadi, nggak ada salahnya nyibain, ya!

7. Smoothies

Photo by Element5 Digital from Pexels

Kalau kamu bosan dengan jus, cobalah sesekali membuat smoothies. Bahan utamanya masih menggunakan buah-buahan, hanya saja diberikan sedikit campuran yoghurt, madu, atau susu kental manis. Smoothies ini tidak hanya menggunakan buah-buahan, lho. Kamu juga bisa menggunakan sayuran seperti pakcoy, sawi, wortel, timun, dan masih banyak lagi. Jadi, kamu bisa mendapatkan tubuh yang sehat dengan minuman yang rasanya sangat enak.

8. Steak Salad

via pexels.com

Steak salad juga bisa jadi selingan untuk menu sehari-hari kamu. Cara membuatnya pun tidak sulit karena haya menggunakan alat-alat dapur dan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Daging sapi kaya akan sumber protein dan besi. Kamu bisa menambahkan aneka salad sayur agar rasanya lebih segar. Sebelumnya pernah coba di rumah?

9. Menu Makanan Sehat, Pepes Ikan

via sajiansedap.grid.id

Kalau kamu pencinta makanan tradisinional, cobalah makan pepes ikan. Ikan kaya akan vitamin, mineral, dan protein yang tinggi yang sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, kandungan asam lemak omega 3 juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Pepes ikan ini sangat mudah dibuat, sehingga kamu cuma perlu beli bahan mentahannya saja.

10. Sayur Bayam

Photo by Jacqueline Howell from Pexels

Menu makanan sehat yang terakhir adalah sayur bayam bening. Makanan yang satu ini sangat menyegarkan apalagi kalau kamu sampai menyeruput habis kuahnya. Bayam ini kaya akan serat dan mineral. Manfaatnya banyak sekali, diantaranya menurunkan gula darah, mengurangi resiko kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, dan masih banyak lagi. Gunakan teknik memasak yang benar agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya.

Itulah sepuluh menu makanan sehat agar tubuh kamu menjadi lebih bugar. Jadi, kamu mau mulai masak yang mana dulu?

Berikan komentarmu