Share this
Share

shares

Hutan Gundul Berusia 900 Tahun Di Padang Pasir, Inikah Keajaiban Dunia ke 8?

3 June 2017

Hutan Gundul Berusia 900 Tahun Di Padang Pasir, Inikah Keajaiban Dunia ke 8?

Tempat yang terlihat aneh ini justru memiliki sejarahnya sendiri. Tempat ini bernama Deadvlei, atau “Rawa kematian”, sebuah tempat yang tampak seperti tidak nyata adalah sebuah sisa dari oasis yang mengering di tengah bukit pasir gurun pasir Namibia. Hutan gundul ini secara total mati setelah mengering. Sebelumnya air pernah membanjiri tempat ini yang berasal dari sungai Tsauchab, dan pada akhirnya air pun perlahan-lahan menyurut.

Dipercaya bahwa tanah putih yang terkotak-kotak itu terbentuk lebih dari seribu tahun yang lalu, ketika sungai Tsauchab banjir setelah hujan deras dan menciptakan genangan air. Di rawa-rawa ini duri-duri pohon mulai tumbuh. Namun setelah sekitar 200 tahun, iklim berubah. Kekeringan melanda daerah itu. Bukit pasir yang merambah daerah itu segera memblokir sungai Tsaucheb dan air dari rawa yang dulu pernah menyuburkan tempat ini.

Tanpa air, pohon-pohon tidak dapat bertahan hidup. Tapi mereka tidak menghilang. Begitu kerasnya iklim sehingga pohon-pohon mengering alih-alih membusuk, dan matahari gurun membakar mereka menjadi tulang-tulang yang menghitam, tidak pernah lenyap dari bumi.

Hutan Gundul Berusia 900 Tahun Di Padang Pasir, Inikah Keajaiban Dunia ke 8?

Saat itu adalah sebuah momen dimana perubahan iklim terjadi dan pohon-pohon disana mulai mati satu demi satu karena air yang terhalang oleh gundukan pasir.

Hutan Gundul Berusia 900 Tahun Di Padang Pasir, Inikah Keajaiban Dunia ke 8?

Saat ini, hutan tersebut lebih mirip seperti sebuah konservatori yang sudah ditinggalkan dan pohon-pohon yang masih tersisa sudah berusia 900 tahun. The Dead Marsh atau “Rawa kematian” adalah tempat favorit bagi para pengelana, petualang, fotografer atau para pembuat film. Tempat ini pernah dijadikan syuting film The Cell yang diperankan oleh Jennifer Lopez.

Keajaiban dunia ke 8

The Dead Marsh atau “Rawa Kematian” sudah dikategorikan sebagai keajaiban dunia ke 8 oleh beberapa orang. Di tengah-tengah bukit merah Namib menjulang tinggi, tepat di luar Sossusvlei, terletak sebuah tempat Deadvlei yang menghantui dan spektakuler. Hutan Gundul di Deadvlei pernah dipilih oleh beberapa aktivis Namibia lingkungan untuk menjadi 8th Wonder of the World (Keajaiban dunia ke 8).

Nama Deadvlei berarti “Rawa yang mati” (Dead dari bahasa Inggris mati dan Vlei dari bahasa Afrika). Apa yang dulunya rawa, sekarang menjadi hamparan tanah putih yang kering. Tempat ini dikelilingi oleh beberapa bukit pasir tertinggi di dunia yang seperti benar-benar berkarat selama ribuan tahun. Namun tetap menakjubkan untuk dilihat.

Sekarang yang tersisa hanyalah kerangka pohon berumur 900 tahun yang terperangkap dalam rawa tanah liat putih, bersandar pada bukit pasir merah berkarat dan langit biru yang cerah. Waktu terus berjalan, dan sisanya adalah sejarah. Tempat ini mungkin terlihat “mati” namun hidup di waktu yang bersamaan. Tempat ini seperti membawa ketenangan yang tak bisa dilukiskan. Terlepas dari dunia yang terisolasi dan mati, tempat ini masih tetap membawa inspirasi bagi sebagian orang.

Hutan Gundul Berusia 900 Tahun Di Padang Pasir, Inikah Keajaiban Dunia ke 8?Hutan Gundul Berusia 900 Tahun Di Padang Pasir, Inikah Keajaiban Dunia ke 8?
Hutan Gundul Berusia 900 Tahun Di Padang Pasir, Inikah Keajaiban Dunia ke 8?Hutan Gundul Berusia 900 Tahun Di Padang Pasir, Inikah Keajaiban Dunia ke 8?Hutan Gundul Berusia 900 Tahun Di Padang Pasir, Inikah Keajaiban Dunia ke 8?Hutan Gundul Berusia 900 Tahun Di Padang Pasir, Inikah Keajaiban Dunia ke 8?Hutan Gundul Berusia 900 Tahun Di Padang Pasir, Inikah Keajaiban Dunia ke 8?rawa kematian di namibia, afrika. keajaiban dunia ke 8rawa kematian di namibia, afrika. keajaiban dunia ke 8rawa kematian di namibia, afrika. keajaiban dunia ke 8rawa kematian di namibia, afrika. keajaiban dunia ke 8

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #afrika #forest #hutan #keajaiban dunia #namibia #padang pasir #wonder of the world
Share

Pilihan editor