Share this
Share

shares

10 Hari Nasional Musisi Dunia Untuk Mengenang Para Rockstar

16 January 2018

Rockstar memang gak ada matinya. Mereka sudah terkenal, kaya, dan selalu diingat orang karya-karyanya. Mau yang masih hidup atau sudah meninggal, mereka cenderung diingat banyak orang. Lagu-lagu yang terus kita dengarkan walaupun musisinya telah tiada akan membawa kenangan manis orang yang mendengarnya. Karena itu, beberapa fans sejati memberikan sebuah apresiasi pada karya musik Rockstar idamannya, salah satunya adalah menjadikan sebuah hari nasional untuk mengenang musisi tersebut.

Jadi ternyata gak cuma pahlawan proklamasi yang namanya dijadikan hari nasional, bagi sebagian pecinta musik, para rockstar pun juga jadi pahlawan buat masa muda mereka. Inilah 10 Musisi Dunia Yang Punya Hari Nasionalnya Sendiri. Check it out!

1. Kurt Cobain

Hari Nasional Musisi Dunia Untuk Mengenang Para Rockstar Cerpin Com 1

Ide ini dicetuskan oleh walikota kota Abardeen di Washington, Bill Simpson, ia mengumumkan kalau pada tanggal 20 Februari dinyatakan sebagai “Hari Kurt Cobain”. Walikota dan warga Aberdeen rupanya telah memiliki ikatan erat dan kedekatan dengan karya musisi asal Seattle ini sebagai bagian dari komunitas mereka.

Kota Abardeen sendiri memiliki populasi sekitar 17 ribu penduduk dan di depan kota ini sudah dibuat papan tulisan selamat datang lengkap dengan slogan salah satu lagu Nirvana yang terkenal, “Come As You Are”.

Hari Nasional Musisi Dunia Rockstar Cerpin Com 8

Come As You Are

2. The Beatles

Hari Nasional Musisi Dunia Untuk Mengenang Para Rockstar Cerpin Com 2

Tak terasa sudah 50 tahun berlalu, semenjak The Beatles pergi ke Amerika dan manggung di kota New York sampai Miami Beach. Saat itu para Beatlemania (sebutan fans The Beatle) membuat pernyataan official bila The Fab Four pulang (maksudnya The Beatles) ke Inggris, maka hari itu akan jadi The Beatles Day. Akhirnya The Beatles pulang kembali ke Inggris di tahun 1965, pada tanggal 10 Juli. 10 Juli adalah hari The Beatles sedunia.

3. Elvis Presley

Hari Nasional Musisi Dunia Untuk Mengenang Para Rockstar

Tanggal 8 Januari adalah ulang tahun Elvis Presley, yang akhirnya sampai detik ini selalu diperingati oleh fans sebagai “Hari Elvis Presley” sedunia. Setiap tanggal 10 Juli, sebuah mansion milik Elvis yang bernama Graceland di Memphis selalu dikunjungi wisatawan, melihat lebih dekat tempat tinggal Elvis yang dulu.

4. Prince

Hari Nasional Musisi Dunia Untuk Mengenang Para Rockstar

Setelah album dan filmnya yang terkenal berjudul Purple Rain, Musisi Prince kembali ke kampung halamannya di Minneapolis untuk konser pada tanggal 7 Juli 2007. Yang mana pada tanggal tersebut dijadikan sebagai Prince Day (Hari Prince) oleh para fans.

5. Bob Marley

Hari Nasional Musisi Dunia Untuk Mengenang Para Rockstar

Setelah kontribusi yang dilakukan oleh walikota Toronto di Kanada, Rob Ford terhadap pengaruh budaya pop-culture disana, maka pada tanggal 6 Februari diperingati sebagai Hari Bob Marley. Walikota Kanada ini memberikan apresiasi pada musisi ini yang dianggapnya memberikan pengaruh besar pada musisi generasi saat ini. Selain itu Bob Marley juga seorang dermawan dan tokoh yang mengirimkan pesan damai kepada dunia.

6. Jerry Garcia

Hari Nasional Musisi Dunia Untuk Mengenang Para Rockstar Cerpin Com 6

Meskipun musisi ini tak punya tanggal yang jelas, namun Hari Jerry Garcia selalu diperingati di tiap musim panas. Sebuah event musik pun selalu berlangsung tiap musim panas yang juga turut memperingati musisi ini. Orang-orang komunitas mengganggapnya sebagai musisi asal San Francisco yang memiliki talenta.

7. Jimi Hendrix

Hari Nasional Musisi Dunia Untuk Mengenang Para Rockstar Cerpin Com 7

Meskipun lahir di Seattle, Jimi Hendrix sangat terkenal di kota San Francisco. Pada tanggal 13 September selalu diperangati sebagai hari Jimi Hendrix.

8. Adam Yauch

Hari Nasional Musisi Dunia Untuk Mengenang Para Rockstar

Setelah anggota Beastie Boy, Adam Yauch meninggal karena kanker, sebuah organisasi musik memberinya sebuah tribute dengan membuat event yang memperingati dirinya pada tanggal 3 Mei. Organisas tersebut terus melakukannya sebagai acara tahunan dan tanggal 3 Mei dianggap sebagai hari Adam Yauch.

9. Freddie Mercury

Hari Nasional Musisi Dunia Untuk Mengenang Para Rockstar Cerpin Com 9

5 September adalah hari Freddie Mercury yang juga digunakan sebagai event tahunan peduli AIDS. Setiap tahun, event ini terus dilakukan yang juga digunakan sebagai acara pengumpulan dana yang akhirnya akan disumbangkan.

10. ABBA

Hari Nasional Musisi Dunia Untuk Mengenang Para Rockstar

Grup vokal asal Swedia juga punya hari nasional-nya sendiri. Pada tanggal 28 sampai 30 Maret tiap tahun adalah hari yang diperingati sebagai “Hari ABBA”. Tiap tahun di kota Roosendaal, Belanda, sebuah selebrasi digelar dengan bertemu teman lama, menyanyikan lagu ABBA, dan melakukan pesta dengan gaya disko tahun 70an.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #abba #bob marley #dunia #elvis presley #hari nasional #kurt cobain #musisi #nirvana #prince #rockstar #the beatles
Share

Pilihan editor