Share this
Share

Share

shares

Gunung Papandayan, Panorama Eksotis dari Barat Daya Garut

24 August 2020  Ajeng

Gerah dengan suasana perkotaan yang gitu-gitu aja? Butuh angin segar? Kayaknya kamu perlu piknik ke Gunung Papandayan. Objek wisata alam yang satu ini menawarkan akses pendakian yang sangat ramah untuk pemula. Selain itu, kamu juga nggak akan nyesel pergi kesini karena view yang ditawarkan nggak kaleng-kaleng. Gunung yang terletak di antara di antara dua desa, Sirnajaya dan Kramatwangi, Kecamatan Cisurupan, Garut ini memiliki ketinggian 2.665 meter di atas permukaan air laut.

Selama pendakian, kamu nggak perlu khawatir. Pasalnya, sepanjang trek perjalanan kamu bisa menemukan toilet dan warung. Jadi, nggak ribet kalau misalnya lapar atau kebelet ingin buang air kecil di tengah jalan. Dan sesampainya disana, kamu akan disuguhkan oleh pemandangan eksotis seperti ulasan di bawah ini.

Padang Edelweis

via gotravelly.com

Pemandangan cantik yang satu ini cuman bisa kamu temukan di Gunung Papandayan. Hamparan bunga edelweis ini berada di bagian puncak gunungnya. Namun, kamu nggak diizinkan untuk pergi ke atas sana dengan alasan keselamatan. Jadi, kamu cuman bisa menikmati bunga edelweis ini di antara Hutan Mati dan Pondok Saladah. Meskipun nggak sebanyak di puncak, padang edelweis ini masih kelihatan cantik, kok. Jangan lupa ambil foto disini, ya!

Hutan Mati di Gunung Papandayan

via Instragram/muhammadrobby07

Hutan mati juga menjadi salah satu daya tarik yang ada di gunung ini. Disebut hutan mati karena pohon ini dipenuhi dengan pohon-pohon cantigi yang sudah mati. Akibatnya, yang tersisa adalah batang-batang kering yang ternyata terlihat sangat cantik, apalagi dalam jumlah yang banyak. Untuk itu, para pendaki biasanya berhenti di spot ini sekedar untuk mengambil foto atau menikmati pemandangan di sekitarnya. Please, nggak usah gelar tikar juga, ya! hhe.

Kawah Belerang

via antarafoto.com

Ada banyak bonus kalau kamu pergi ke gunung yang satu ini, salah satunya adalah bisa menikmati pemandangan kawang belerang yang masih aktif. Gunung yang satu ini memiliki bentuk starto, sehingga kawahnya tidak terlalu besar dan tidak berada di puncak gunung. Di sekelilingnya terdapat pagar pemnbatas agar pengunjung tidak terlalu mendekat. Namun, nggak sedikit yang bandel melewati pembatas tersebut hanya untuk mengambil foto. Jadi, nggak usah ditiru, ya. Cukup lihat saja sejauh mata memandang kealamian dari kawah tersebut.

Milky Way di Gunung Papandayan

via phinemo.com

Inilah yang banyak diincar oleh wisatawan maupun pendaki. Di gunung ini, kamu bisa menikmati langit malam yang sangat cantik. Bintang yang berkelap kelip membuat langit menjadi lebih memanjakan mata. Jadi, sayang banget kalau kamu nggak bawa kamera. Perlahan langit akan menguning dan sinar matahari pun siap menghangatkan tubuh kita. Untuk menikmati sunrise ini, kamu bisa lihat di spot Perkemahan Ghoober Hoet, Bukit Soni, dan Pondik Saladah. Kebayang kan hasil fotonya bakalan secantik apa?

Kolam Air Panas di Gunung Papandayan

via sanjayatour.com

Di kawasan gunung vulkanik ini ada kolam air panas yang bisa dinikmati semua pengunjung. Kamu cukup membayar tiket sebesar Rp 25 ribu saja per orangnya. Tempat ini nggak sulit dicari karena tempatnya ada sekitar parkiran di belakang musola. Ini tentu saja akan menyegarkan apalagi berendam setelah muncak. Badan akan terasa lebih rileks setelah pegal mendaki gunung. Selain itu, kamu juga bisa sengaja datang kesini dengan tujuan sekedar berendam. Jarang-jarang, lho, berendam sambil menikmati pemandangan alam yang eksotis ini.

Pemandangan Alam

via Instagram/afadzrin

Sesampainya di puncak, kamu mungkin bakalan speechless. Di titik ini, kamu bisa melihat Gunung Galunggung dan Gunung Cikurai yang menjulang tinggi. Ditambah lagi pemandangan jajaran bukit Karacak yang ada di sebelah timur. Jika melihat ke bawah, kamu juga akan melihat area kawah, dan Hutan Mati di area belakang. Udah lah pokoknya surga dunia banget.

Nah, itulah pesona Gunung Papandayan yang nggak banyak orang tau. Untuk untuk mengunjungi objek wisata alam ini, kamu akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 20 ribu untuk weekday dan Rp 30 ribu saat weekend atau hari libur. Jika ingin berkemah di sini, kamu harus membayar biaya tambahan sebesar Rp 35 ribu.

Berikan komentarmu

Related articles

 #gunung papandayan buka #gunung papandayan dimana #gunung papandyan mdpl #harga tiket gunung papandayan #jalan ke gunung papandayan #kolam air panas papandayan #milky way papandayan #objek wisata garut #tips naik gunung papandayan
Share di whatsapp

Pilihan editor