Gunung Merapi Level Aktif, 6 Wisata di Yogyakarta Ini Tetap Buka

Spread the love

Yogyakarta masih jadi favorit wisatawan untuk menghabiskan libur panjang. Namun, untuk saat ini kunjungan wisatawan dibatasi akibat Gunung Merapi berstatus siaga terhitung 5 November 2020 lalu. Dengan adanya potensi erupsi ini, beberapa objek wisata di sekitarnya mulai ditutup. Namun, tentu saja tidak semuanya karena objek wisata di luar radius berbahaya (lebih dari 5 km) masih tetap menerima wisatawan. Kalau misalnya kamu tetep ingin liburan di kawasan Gunung Merapi, intip saja enam objek wisata berikut ini.

1. Jeep Wisata Lava Tour Merapi

via annisa.my.id

Merapi Lava Tour adalah aktivitas liburan yang cocok bagi penyuka petualangan. Kamu akan diajak untuk berkeliling menelusuri bekas aliran lahar pasca letusan Gunung Merapi. Kamu sendiri bisa memilih rutenya, ada rute pendek, sedang, panjang, dan sunrise. Budget yang dikeluarkan pun tidak sedikit, yaitu mulai Rp 350 ribu.

Meskipun tempatnya ada di kaki Gunung Merapi, wisatawan masih bisa berkunjung ke tempat ini. Namun, pengunjung tidak diizinkan untuk melalui rute perjalanan jeep tour tertentu. Rute yang dimaksud adalah Bunker Kaliadem dan Bekas Rumah Mbah Maridjan. Kedua berada di dalam radius 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi dan masuk ke dalam zona merah.

2. The Lost World Castle

via Google Maps/Iwan Pramana

The Lost World Castle adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang mencari spot foto cantik. Objek wisata yang satu ini selalu disebut Tembok Besar China atau Benteng Takeshi karena bangunan disekelilingnya terbuat dari tembok yang kokoh. Adapun spot-spot foto cantiknya, yaitu sayap bidadari sepeda motor terbang, awan putih, taman koboi, dan masih banyak lagi. Pemandangannya pun tidak kalah cantik. Kamu bisa menikmati keindahan alam di lereng gunung merapi dari ketinggian. Jadi, cocok banget untuk kamu yang ingin cuci mata dari suasana perkotaan.

Objek wisata yang satu ini masih dibuka karena jaraknya 7 km dari puncak gunung merapi. Wisatawan bisa berkunjung setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB. Harga tiketnya pun relatif terjangkaun, yaitu Rp 30 ribu untuk orang dewasa dan gratis untuk anak di bawah 5 tahun.

3. Museum Gunung Merapi

via jejakpiknik.com

Mau liburan sambil nambah pengetahuan? Kunjungi saja Museum Gunung Merapi. Museum yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri dengan bentuknya yang menyerupai kerucut. Di dalamnya, kamu bsa mempelajari evolusi kerak bumi, melihat gunung api aktif di Indonesia dan dunia, jenis-jenis letusan, sampai mitigasi jika gunung meletus.

Di museum ini juga kmau bisa melihat aneka peralatan di pos pengamatan Gunung Merapi dari masa ke masa. Kalau ingin datang kesini, pilih dari hari Selasa sampai Minggu pukul 08.00-15.30 WIB. Harga tiket murah meriah, ya, hanya Rp 5.000 per orang. Harga ini juga sama saat kamu ingin masuk ke ruang audio visual.

4. Wisata Kawasan Gunung Merapi, Stonehenge Merapi

via @agusasp

Kamu pernah tau Prank Sajjad Ali yang menyebalkan itu? Ya, kita saat itu melihat wallpaper Stonehenge dengan lagu dan tulisan-tulisan. Tak lama kemudian, munculah prank dengan wajah menyeramkan sekaligus suara yang bikin kaget. Dibalik pranknya itu, ada stonehenge yang jadi pemanis. Lingkaran batu tersebut merupakan peninggalan sejarah yang terkenal di Inggris. Kalau penasaran dengan wujud aslinya, kamu bisa mengunjungi replikanya yang ada di Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Stonehenge versi lokal ini sekilas mirip seperti yang ada di Inggris. Tetu saja bebatuan tersebut akan sangat cantik dijadikan sebagai spot foto. HTMnya murah saja, yaitu Rp 10 ribu per orang dengan biaya parkir Rp 2 ribu untuk motor, dan Rp 5 ribu untuk mobil. Stonehenge Merapi ini bisa dikunjungu setiap hari mulai pukul 07.30-18.00 WIB.

5. Wisata Kawasan Gunung Merapi, Museum Ullen Sentalu

via pegipegi.com

Kalau ingin flashback ke masa Kerajaan Mataram, kunjungi saja Museum Ullen Sentalu. Di tempat yang satu ini, kamu bisa melihat beragam wisata budaya dan sejarah serta gamelan-gamelan antik zaman dulu. Selain itu, disini juga dipamerkan lukisan tarian Jawa yang merupakan Gusti Nurul, putri dari Mangkunegara dan cucu Hamengkubowono VII. Perempuan tersebut terlihat sedang menari Tari Serimpi Sari Tunggal.

Wisatawan bisa berkunjung ke museum ini mulai Selasa-Minggu pukul 08.30-15.15 WIB. Untuk orang dewasa, tiket yang harus dibayarkan adalah Rp 50.000 dan anak-anak sebesar Rp 20.000.

6. The World Landmark Merapi Park

via pepelatc.com

Katanya, The World Landmark Merapi Park ni bisa memberikan sensasi keliling dunia. Gimana nggak, kamu akan disuguhkan dengan replika ikon-ikon dari berbagai belahan dunia. Disana, ada Menara Eiffel, Big Ben, Menara Pisa, Burj Al Rab Dubai, kincir angin Belanda, dan masih banyak lagi. Meskipun ukurannya tidak sama seperti aslinya, replika ini terlihat cantik dan cocok banget untuk dijadikan spot foto.

Selain itu, anak-anak juga bisa menikmati aneka wahana permainan seperti kids waterpark, cowboy town, dan jemparingan. Kamu bisa berkunjung hari Senin-Jumat pukul 09.00-17.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 08.30-17.00 WIB. Harga tiketnya relatif terjangkau, yaitu Rp 20.000 dan Rp 22.000 untuk weekend dan libur nasional.

Itulah enam objek wisata yang ada di kawasan Gunung Merapi yang masih buka. Untuk saat ini, tidak perlu memaksakan jika kondisinya tidak memungkinkan, apalagi jika statusnya sudah level awas. Selain itu, tetap patuhi protokol kesehatan selama pandemi ini agar liburan lebih aman dan nyaman.

Berikan komentarmu