Share this
Share

shares

10 Gunung Di Filipina Yang Punya Summit Terbaik, Yuk Jangan Kelewatan

10 August 2019

Gunung Di Filipina Yang Punya Summit Terbaik, Yuk Jangan Kelewatan

Gunung-gunung di Filipina memang bervariasi, dan pastinya punya daya tarik masing-masing. Tak cuma Indonesia, Gunung di Filipina pun ada banyak yang bisa kita daki. Salah satu pengalaman paling seru yang diberikan dari mendaki gunung dan memanjat adalah pemandangan dari atas.

Gunung di Filipina menawarkan pemandangan yang menakjubkan, yang mewakili puncak dari setiap perjalanan mendaki gunung. Sepuluh gunung ini adalah gunung pilihan dengan pemandangan paling menakjubkan. Namun naik gunung bukan tentang seberapa cepat kita sampai ke puncak. Yang paling penting adalah pendakiannya.

Setiap pendakian memberikan rasa kepuasan sendiri, karena mereka telah berhasil membuat jalur rintangan yang telah disiapkan alam. Jadi, buat kamu yang ingin mampir ke Filipina, jangan cuma datang ke Palawan saja. Di Filipina juga punya gunung-gunung indah yang siap didaki ini.

1. Gunung Apo

Gunung Di Filipina Yang Punya Summit Terbaik, Yuk Jangan Kelewatan

Gunung ini yang tertinggi di Filipina dengan ketinggian 2.954 mdpl (meter di atas permukaan laut). Namun kelebihan ini bukan satu-satunya hal yang menakjubkan tentang Gunung Apo. Terletak di antara provinsi-provinsi Cotabato Utara dan Davao. Gunung ini menawarkan medan yang sarat dengan lumut dan dipelihara oleh air hujan dan airnya mengalir dari Sungai Agco.

Gunung Apo bukanlah puncak yang paling mudah untuk didaki, tetapi hadiah untuk menaklukkan titik tertinggi di Filipina merupakan sebuah tantangan tersendiri. Gunung Apo merupakan summit utama dari pada penikmat ketinggian baik lokal maupun mancanegara.

2. Gunung Kabunian

Gunung Di Filipina Yang Punya Summit Terbaik, Yuk Jangan Kelewatan

Gunung Kabunian terletak di Filipina Utara, menawarkan pengalaman hiking yang unik dan puncak yang mengagumkan. Gunung Kabunian dianggap sebagai tanah suci, dan banyak peti mati kayu menggantung dapat dilihat di sisi dinding curam hingga puncak. Titik awal Gunung Kabunian ini sudah cukup tinggi sehingga menawarkan pemandangan panorama yang menakjubkan. Dan itu hanyalah awal dari perjalanan yang mengungkapkan puncak yang seperti menyentuh langit ini.

3. Pico de Loro

Gunung Di Filipina Yang Punya Summit Terbaik, Yuk Jangan Kelewatan

www.pinoymountaineer.com

Pico de Loro artinya “Paruh burung”, karena ada sebuah batu di gunung tersebut yang menyerupai paruh burung. Ini adalah salah satu puncak yang sangat direkomendasikan untuk didaki karena jalurnya tidak sesulit yang disajikan oleh puncak lainnya.

Jalur ke puncak adalah sekitar 5 kilometer panjangnya, yang sedikit lebih pendek dari pilihan puncak lainnya. Lokasi di sekitar gunung ini menawarkan pemandangan indah daerah pegunungan, serta provinsi terdekat Batangas dan Laut Cina Selatan. Pulau bersejarah Corregidor dan Manila Bay juga dapat dilihat dari puncak, di mana kamu juga dapat menemukan monolit, yang merupakan formasi batuan alami yang tingginya lebih dari enam puluh meter.

4. Gunung Pulag

Gunung Di Filipina Yang Punya Summit Terbaik, Yuk Jangan Kelewatan

www.adventureinyou.com

Gunung lain yang dihormati di Filipina Utara, Gunung Pulag. Inilah gunung indah “Merbabu“-nya Filipina. Salah satu gunung yang sangat populer bahkan di antara mereka yang tidak terlalu suka mendaki gunung atau hiking. Gunung ini menawarkan pengalaman berjalan di lautan awan. Selain itu padang rumput sabana yang ada di puncaknya juga merupakan sesuatu yang tidak bisa ditolak para penikmat alam.

Merbabu Vibe sangat dirasakan di gunung ini. Meskipun lautan awan bukanlah kondisi permanen dan sangat tergantung pada cuaca dan sedikit keberuntungan.

5. Gunung Ugo

Gunung Di Filipina Yang Punya Summit Terbaik, Yuk Jangan Kelewatan

Gunung Ugo adalah salah satu tujuan paling indah di daftar ini. Terletak di Kawasan Cordillera di Filipina Utara. Gunung Ugo memiliki salah satu puncak yang lebih sulit untuk dijangkau. Bisa membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga hari tergantung pada kecepatan dan daya tahan para pejalan kaki. Meskipun ketinggiannya 2.200 meter, namun jangan sekali-kali meremehkan gunung legendaris ini. Beberapa tantangan di medan pendakian dapat membuat para pendaki kewalahan.

6. Gunung Kanlaon

Gunung Di Filipina Yang Punya Summit Terbaik, Yuk Jangan Kelewatan

Dianggap sebagai titik tertinggi di wilayah Visayas, Filipina. Gunung Kanlaon adalah gunung berapi aktif yang tingginya lebih dari 2 ribu meter. Saat mendaki gunung ini, jalur yang disarankan adalah lewat Mapot-Mananawin. Sementara untuk mencapai puncak akan memakan waktu sekitar tiga hari untuk pendakian santai.

Gunung di Filipina memang gak setinggi di Indonesia, tapi jalurnya susah-susah bre 🙂

Namanya puncaknya adalah Puncak Makawiwili, juga berfungsi sebagai tempat untuk memantau aktivitas gunung berapi untuk tindakan pencegahan keselamatan. Bagian atas gunung dapat memberikan pemandangan Lembah Margaja yang sangat indah, serta pemandangan udara Kota Canlaon saat turun.

7. Gunung Batulao

Gunung Di Filipina Yang Punya Summit Terbaik, Yuk Jangan Kelewatan

www.pinoymountaineer.com

Gunung Batulao adalah salah satu tujuan gunung yang cukup dekat dengan ibu kota negara, Manila. Ini adalah salah satu puncak yang lebih mudah untuk didaki karena lerengnya yang lembut. Gunung ini menawarkan pemandangan yang luar biasa dari provinsi Cavite dan Batangas. Termasuk gunung yang ada garis pantai di dekatnya.

Gunung ini adalah salah satu tujuan gunung yang sangat dianjurkan bagi pemula. Pendakian dan aktivitas hiking di tempat ini tidak mengambil waktu lama karena medannya. Hanya perlu sekitar tiga jam perjalanan untuk mencapai ke tempat perkemahan.

8. Gunung Talinis

gunung talinis

www.wanderingfeetph.com

Gunung Talinis menawarkan pengalaman unik dengan cara yang menakutkan. Beberapa pohon di sini ditutupi warna putih karena tanah yang kaya dengan “bau belerang”. Gunung berapi kompleks ini dilindungi oleh penduduk setempat karena pesona alamnya dan banyaknya anggrek liar dan buah beri yang tumbuh di sekitar sisi gunung.

Ada pula danau kawah kembar di sini, yaitu Danau Nailig dan Danau Yagumyum. Gunung ini juga menawarkan beragam flora dan fauna yang dapat dihargai oleh fotografer di balik lensa. Terletak di pulau yang sama dengan Gunung Kanlaon, Gunung Talinis adalah puncak tertinggi kedua di wilayah Visayas. Tingginya menjulang lebih dari 1900 mdpl.

9. Gunung Pinatubo

gunung pinatubo

www.adventureinyou.com

Tempat yang sangat instagramable di Filipina. Terkenal karena letusan gunung berapi tahun 1991 yang merenggut ribuan nyawa. Gunung Pinatubo telah mendapatkan popularitas karena danau kawahnya yang memiliki pasir putih dan air biru kehijauan.

Summit di Gunung Pinatubo dapat dicapai setelah beberapa jam mendaki untuk pendaki profesional. Namun bisa juga ditempuh sekitar setengah jam dengan mencoba perjalanan jalur yang mudah untuk pemula. Selam pendakian, para pecinta alam akan dimanjakna dengan keindahan tersembunyi dari raksasa yang sedang tidur ini.

10. Gunung Manabu

gunung manabu

Gunung ini adalah bagian dari Pegunungan Malipunyo yang terletak di provinsi Batangas. Puncak Gunung Manabu akan menyambut pendaki gunung dengan pemandangan indah dataran rendah. Disana juga ada salib putih yang  terkenal di puncaknya. Gunung berapi yang tidak aktif ini mulai populer karena Kopi Luwak. Karena katanya banyak luwak yang tinggal disana. Kopi luwak telah dianggap sebagai salah satu varian kopi termahal di seluruh dunia.

Nah, itulah beberapa Gunung di Filipina yang bisa kamu pilih untuk pendakian selanjutnya. Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan yang paling melelahkan secara fisik di luar sana. Ini adalah aktivitas yang berfungsi sebagai cerminan dari hidup kita sendiri. Karena esensinya, menaklukan gunung adalah menaklukan diri kita sendiri. Untuk mencapai puncak dan melihat keindahan alam yang mengagumkan tentu kita harus menempuh jalan yang tak mudah. Ingat, bukan gunung yang kita taklukkan, tetapi diri kita sendiri.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #anak gunung #apo #filipina #gunung #instagramable #naik gunung
Share

Pilihan editor