Share this
Share

Share

shares

6 Gunung di Bandung Ini Bisa Dijadikan Sebagai Alternatif Wisata

17 August 2020  Ajeng

Bandung dikenal sebagai sebuah kota dengan objek wisatanya yang beragam. Kamu bisa mengunjungi aneka tempat-tempat menarik seperti Farm House Lembang, Glamping Lakeside Ciwidey, Saung Angklung Udjo, dan masih banyak lagi. Namun, kamu bakalan rugi kalau nggak berkunjung ke wisata alamnya juga, salah satunya adalah wisata pendakian gunung. Gunung di Bandung sendiri terhitung ada kurang lebih 500, dan 6 diantaranya cukup populer di kalangan pendaki.

Lalu, gunung apa saja yang bisa jadi rekomendasi untuk liburan akhir pekan? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Gunung Burangrang

via wego.co.id

Gunung Burangrang lokasinya berada di Cisarua, Lembang, Bandung Utara. Gunung yang memiliki ketinggian 2065 mdpl ini merupakan sisa leusan gunung Sunda Purba yang meletus sekitar 105000 tahun lalu. Kamu bisa sampai di Gunung Burangrang melalui basecamp Legok Haji yang ada di Cimahi, yaitu sekitar 1 jam dari pusat kota. Dari basecamp Legok haji, kamu membutuhkan waktu kurag lebih 3 jam untuk bisa sampai di puncaknya.

Gunung yang satu ini sering dijadikan tempat berkemah para pendaki. Ini tak lain karena pemandangannya yang sangat cantik. dari ketinggian, kau bisa melihat Situ Lembang, pemandangan kota Bandung, Kabupaten Bandung, Cimahi, dan Purwakarta. Gunung di Bandung ini pokoknya cocok deh dijadiin tempat camping sama temen-temen.

2. Gunung di Bandung Ada Manglayang

via piknikbandung.id

Gunung yang satu ini terletak di perbatasan antara Kota Bandung dan Kabupaten Sumedang, tepatnya di Cileunyi. Gunung dengan ketinggian 1818 mdpl ini memiliki dua basecamp yang menjadi titik awal untuk mencapai puncak, yaitu Kiara Payung dan Batu Kuda. Treknya cukup bersahabat, sehingga cocok untuk pemula. Kamu nggak perlu khawatir karena fasilitas di sini cukup lengkap mulai dari mushola, wc, warung, lahan parkir, dan masih banyak lagi.

Jika tidak ingin camping di puncak, kamu bisa menggelar tenda di area hutan pinus saja. Di area ini juga tidak kalah menarik karena kamu tetap bisa membuat api unggun dan juga menikmati suasana di sekitarnya. Biasanya, area hutan pinus ini lebih banyak diminati oleh mereka yang camping dengan keluarga atau yang sama sekali belum pernah mendaki gunung.

3. Gunung Wayang

via backpackerjakarta.com

Gunung Wayang bisa dibilang tidak ramah untuk pendaki pemula. Pasalya, gunung dengan ketinggian 2241 mdpl ini memiliki trek yang cukup ekstrem dan bisa dibilang seperti trek panjat tebing. Untuk itu, pendaki yang datang kesini sebaiknya menyiapkan peralatan pengaman. Kamu yang sudah sering naik gunung bisa banget datang ke Gunung Putri yang terletak di Desa Kertasari, Pangalengan, Kabupaten Bandung. Dari Kota Bandung, kamu akan memakan waktu selama 2 jam perjalanan.

Saat perjalanan pendakian, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan kebun teh yang membentang luas. Selain itu, kamu juga akan melewati perkebunan warga, Batu Wayang, dan Kawah Wayang yang tidak kalah menarik. Dibagian puncaknya, kamu bisa melihat kepulan uap yang berasal dari PLTP Wayang-windu, perkebunan teh, komplek pegunungan sekitar gunung wayang, dan masih banyak lagi. Sepulangnya mendaki dari Gunung Wayang, kamu bisa mencicipi susu murni Pangalengan.

4. Gunung Putri, Gunung di Bandung Paling Hits

via jejakpiknik.com

Gunung Putri menjadi tempat pendakian yang cukup hits di kalangan anak muda. Gunung dengan ketinggian 1587 mdpl ini menyuguhkan panorama cantik Kota Lembang dan sekitarnya. Disini, kamu juga bisa menikmati sunset dan sunrise yang sangat cantik. Selain itu, kabut yang menyelimuti kaki gunung juga terlihat memesona di pagi hari.

Untuk bisa ngecamp di gunung ini, kamu hanya akan menghabiskan waktu sekitar 45 menit saja. Sisanya, kamu tinggal pasang tenda atau hammock sambil menikmati pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi. Fasilitasnya tentu saja sangat ramah pengunjung. Disini ada warung, tempat parkir, toilet, mushola, tempat penyewaan perlengkapan camping, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga gedung atau benteng peninggalan Jepang yang bisa kamu nikmati di sekitar puncak.

5. Gunung Puntang

via bhinnekashuttle.com

Gunung Puntang terkenal dengan cerita-cerita mistisnya seperti hantu tentara Jepang dan Noni Belanda. Ada juga Curug Siliwangi yang dikenal sebagai tempat moksa-nya Prabu Siliwangi. Namun, gunung puntang ini memiliki pemandangan alam yang sangat cantik. Dari puncak gunung yang memiliki ketinggi an 2223 mdpl ini kamu bisa menikmati keindahan kota Bandung dan komplek pergunungan di sebelah utara dan tetangganya gunung Malabar.

Agar bisa sampai di puncaknya, kamu harus ada di titik awal pendakian, yaitu di pos bumi perkemahan gunung Puntang atau melalui sekretariat PGPI. Perjalanan menuju puncak membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam. Gimana, mau kesini?

6. Gunung Artapela, Salah Satu Gunung di Bandung yang Nggak Banyak Diketahui

via iqbalsidikblog.wordpress.com

Terakhir, ada gunung Artapela yang juga banyak diminati oleh para pendaki. Gunung dengan ketinggian 2194 mdpl ini berlokasi di daerah Pacet Argasari, sekitar 2 jam dari kota Bandung. Gunung ini menyuguhkan pemandangan yang sangat memukaudari ketinggian. Jangan khawatir, trek yang harus dilalui pendaki terbilang sangat  bersahabat. Selama menuju puncak,kamu juga akan disuguhkan oleh pemandangan perkebunan sayur-sayuran.

Para pendaki biasanya memilih berkemah di puncak atau sering disebut dengan puncak Sulibra. Tempat ini bisa menampung puluhan tenda. Jika cuaca cerah, kita bisa lebih leluasa menikmati pemandangan kota Bandung.

Itulah 6 gunung di Bandung yang bisa kamu jadikan refernsi wisata saat berkunjung ke kota kembang ini. Jadi, gunung mana yang bakalan kamu pilih?

Berikan komentarmu

Related articles

 #gunung di bandung #gunung manglayang #peralatan camping #tips camping #tips camping saat hujan
Share di whatsapp

Pilihan editor