Share this
Share

shares

4 Gua Pilihan Untuk Caving Di Pulau Jawa. Dekat Kok Dari Jakarta!

4 July 2019

Melakukan wisata susur gua atau caving memang jadi aktivitas yang menantang untuk melepas penat. Tantangannya tak lebih ringan dari naik gunung, bahkan bisa lebih berbahaya jika tak mempersiapkan diri dengna baik. Untuk itu membawa peralatan dan pemandu adalah dua hal yang wajib dilakukan jika ingin melakukan susur gua. Pulau jawa adalah satu satu pulau dengan deretan gunung api (ring of fire). Maka dari itu caving di Jawa bisa jadi pilihan karena mempunyai beberapa gua menarik.

Kebanyakan gua-gua yang terkenal bagi para pecinta caving berada jauh dari Jakarta. Tentu ini membawa ketidakberuntungan tersendiri bagi kita yang bekerja di ibukota. Jangan khawatir, kita bisa mencoba berwisata susur gua di empat gua ini, nggak kalah menantang kok! Lokasinya tidak jauh dari Jakarta, tapi sudah cukup indah untuk memanjakan mata. Inilah deretan 4 gua terbaik untuk kamu yang ingin caving di pulau Jawa.

1. Gua Garunggang

Gua Garunggang

Alamat: Jalam Ptp Terusan, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor
Jam Buka: 08.00-16.00
Dari Jakarta: +/- 1,5 jam

Tidak terlalu terkenal justru membuat gua ini masih Nampak asri. Batu stalaktit dan stalakmit di gua ini terlihat eksotis, begitu pula pemandangan di sekeliling gua. Mulut gua berbentuk vertikal dan sudah tersedia anak tangga untuk menyusurinya. Meski sempit, keindahan gua ini akan membuat kita memaafkannya. Kita bisa melihat mata air di kanan-kiri saat sedang berjalan, bahkan ada yang menyembur dari celah-celah batu.

Untuk menuju Gua Garunggang disarankan membawa kendaraan roda dua karena mobil hanya bisa terparkir sampai area Curug Leuwi Asih dan masih harus menyusuri jalan setapak sejauh 3 km. Di sini selain susur gua, kita juga bisa berkemah maupun panjat tebing. Jangan lupa membawa bekal ya, karena masih belum ada penjual makanan dan minuman di sini.

2. Gua Gudawang

Gua Pilihan Untuk Caving Di Pulau Jawa. Dekat Kok Dari Jakarta!

Alamat: Desa Argapura, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor
Jam Buka: 08.00-17.00
Dari Jakarta: +/- 2 jam

Layaknya gua lain kita bisa melihat stalaktit dan stalakmit di gua ini. Pemandangan alam di sekitarnya juga sangat indah. Tak hanya itu, terkadang kita juga bisa menemukan binatang liar di sana. Di dalam obyek wisata yang sama kita bisa menemukan gua lainnya yaitu: Gua Simenteng, Gua Simasigit dan Gua Sipahang.

Anak tangga dan lampu sudah tersedia di dalam gua, namun kita tetap harus hati-hati karena masih cukup licin. Untuk itu kita harus memastikan sudah membawa peralatan yang lengkap dan pergi bersama pemandu. Biaya masuknya hanya 25 ribu rupiah per orang.

3. Goa Cikarae

Gua Pilihan Untuk Caving Di Pulau Jawa. Dekat Kok Dari Jakarta!

Alamat: kawasan karst Klapanunggal, Kabupaten Bogor
Dari Jakarta: sekitar 1 jam

Tempat ini belum begitu dikenal, lokasinya bisa dibilang cukup tersembunyi di kawasan karst Kelapanunggal, Kabupaten Bogor. Letaknya di ladang kebun warga yang cukup rimbun, tepatnya di Desa Leuwi Karet. Meski tak terlalu besar, kita sudah bisa menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit di sini. Kita bisa memulai susur gua di sini dengan baju coverall, helm khusus caving, dan sepatu boot.

Jalur yang ditempuh cukup curam dan licin karena tanah liat, ada pula air yang menggenang. Di dalam kita bisa menemukan binatang khas gua seperti laba-laba dan kelelawar. Untuk dapat masuk, pengunjung dapat meminta izin kepada pemilik lahan sekaligus pemegang kunci pintu goa. Biayanya seikhlasnya. Sejaun ini yang berkunjung hanya peneliti dan mahasiswa pecinta alam saja.

4. Buniayu

Gua Pilihan Untuk Caving Di Pulau Jawa. Dekat Kok Dari Jakarta!

Alamat: Cipicung, Kerta Angsana, Nyalindung, Cimerang, Purabaya, Sukabumi
Dari Jakarta: 4 jam

Dikenal juga dengan nama Gua Cipicung. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah katanya kalau kita sudah menyusuri gua ini artinya kita sudah dianggap menyusuri 83 gua di Sukabumi. Kenapa? Karena pemandangan di gua ini sudah mewakili 82 gua lainnya. Kita bisa menikmati kanopi karst, stalaktit stalakmit setinggi 2 meter, sungai, air terjun, dan danau. Nggak heran kalau pernah menyandang gelar The Best Cave System of South East Asia. Buniaya adalah salah satu pilihan gua terbaik untuk mendapatkan experience caving di jawa.

Gua Buniayu memiliki panjang 3.300 meter dan memiliki tiga gua: Kerek, Wisata, dan Landak. Gua Kerek bertipe vertical sehingga hanya bisa dijelajah dengan sistem tali temali. Sedangkan dua gua lainnya bertipe horizontal yang bisa disusuri dengan tangga dan jembatan buatan yang sudah tersedia.

Waktu terbaik untuk menjelajahi Gua Buniayu adalah mulai pukul 05.00-10.00 WIB pagi. Selebihnya berisiko karena aliran air akan semakin deras. Gua Buniayu juga hanya dibuka untuk kegiatan wisata pada Jumat, Sabtu, dan Minggu. Tiket masuknya hanya 80 ribu rupiah, sudah lengkap dengan peralatan dan pemandu susur gua. Kita juga bisa menggunakan jasa tur.

Nah, nggak perlu jauh-jauh dari Jakarta kan buat caving?

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #bogor #caving #gua #indonesia #java #olahraga #sukabumi
Share

Pilihan editor