Share this
Share

2 shares

8 Gua Berhantu Yang Bisa Dikunjungi Jadi Tujuan Wisata

18 February 2018
Gua Berhantu Yang Bisa Dikunjungi Jadi Tujuan Wisata

The moaning cavern

Gua berhantu yang terkenal angker, namun masih saja dikunjungi orang jadi tempat wisata. Apa ada yang berani mendatanginya?

Selain rumah berhantu, tempat-tempat berhantu lainnya juga suka didatangi para pecinta wisata mistis. Selain rumah kosong, gedung kosong, orang juga suka menantangi gua berhantu yang terkenal angker dan berhantu. Namun yang namanya gua, mau angker atau tidak pun selalu memperlihatkan kesan yang misterius dan membuat nyali kita ciut. Gua adalah tempat tempat yang gelap, dingin, dan, secara teori, mereka bisa menjadi rumah bagi makhluk yang tidak pernah kita ketahui.

Gua-gua pada dasarnya berada di bawah tanah beberapa meter, banyak di antara gua-gua tersebut yang masih belum diketahui manusia dan masih harus dieksplorasi. Jadi secara teoritis apa yang hidup di kegelapan dalam gua adalah kejutan bagi siapapun yang memasukinya. Siapapun pasti tidak ada yang mau terjebak di bawah tanah, terutama di tempat yang gelap dan misterius seperti gua.

Kalau ada yang pernah nonton film The Descent mungkin bisa membayangkan betapa mengerikannya berada di dalam gua. Film The Descent merupakan ilustrasi terbaik dari kengerian yang jarang diketahui orang tentang yang namanya aktivitas caving. Film thriller seperti itu sangat memperlihatkan kejadian yang sebenarnya dan ketakutan utama peserta yang sedang menjelajahi gua dengan segala kemungkinan yang mungkin terjadi di bawah tanah. Lingkungan sesak, ruangan yang pengap, tempat yang gelap, bau, belum lagi hewan-hewan yang menghuni di dalam gua.

Siapapun yang sudah pernah melakukan caving tidak bisa bisa mengatakan dengan pasti bahwa yang namanya gua adalah tempat yang aman. Sama saja seperti orang yang sudah beberapa kali naik gunung, tak akan kita mendengar kalau dari mulut mereka kalau naik gunung adalah aktivitas yang aman. Apalagi kalau melakukan caving, pasti banyak persiapan yang perlu dilakukan Karena kita juga tak pernah tahu makhluk apa saja yang tinggal di dalam kegelapan sana dan rintangan yang akan dihadapi.

Kita tak pernah tahu apa yang hidup di dalam labirin bawah tanah yang menakutkan itu, mungkin saja hewan purbakala, atau bisa jadi hantu, arwah gentayangan, dan lain-lain. Beberapa gua sudah dikenal memiliki reputasi sebagai hotspot aktivitas paranormal. Daftar ini berisi beberapa gua yang terbuka untuk umum dan diyakini sangat berhantu. Mungkin saja ada yang tertarik untuk mengunjunginya, bisa dijadikan tujuan wisata selanjutnya.

1. Hotel gua, The Grand Canyon Caverns

Gua Berhantu Yang Bisa Dikunjungi Jadi Tujuan Wisata

The Grand Canyon Caverns, hotel di dalam gua

The Grand Canyon Caverns adalah gua yang ditemukan tahun 1927 ditemukan oleh orang yang bernama Walter Peck. Ketika dia pertama kali menemukannya, dia sadar kalau dia bukanlah yang pertama masuk ke gua itu, karena di dalamnya ia menemukan beberapa mayat orang yang sudah tewas di dalam gua. Sampai sekarang gua ini pun terkenal gua yang angker dan berhantu, namun meskipun begitu, tempat ini sudah didekorasi dijadikan sebuah hotel bawah tanah, lengkap dengan tempat tidur seperti layaknya kamar hotel. Untuk mereka yang punya nyali menginap disini, mereka melaporkan adanya suara-suara aneh seperti suara nyanyian orang Indian dan penampakan bayangan di beberapa batuan dalam gua.

2. Gua Hellfire club, gua tempat pemujaan setan

Gua Berhantu Yang Bisa Dikunjungi Jadi Tujuan Wisata

The hellfire cave, gua tempat pemujaan setan

Gua ini adanya di Inggris, ditemukan oleh Francis Dashwood di tahun 1700an, sehingga termasuk gua yang sudah sangat tua. Yang membuat gua ini angker adalah adanya kegiatan terlarang yang dilakukan di dalamnyna. Francis diketahui adalah anggota dari klub rahasia, secret society yang bernama Hellfire Club, para anggotanya suka melakukan pertemuan di gua ini.

Mereka yang tergabung dalam Hellfire club adalah tokoh-tokoh yang cukup berpengaruh di abad ke 18 seperti tokoh-tokoh politik. Mereka melakukan ritual-ritual aneh dan terlarang seperti pemujaan setan. Diketahui kalau Hellfire club menghilang pada tahun 1766, namun gua tempat mereka melakukan ritual ini masih terlihat angker dan menyeramkan. Gua ini dibuka untuk umum pada tahun 1951 sebagai tempat wisata dan atraksi untuk turis. Dari gua berhantu ini, para pengunjung melaporkan adanya suara-suara aneh yang bergema-gema di lorong gua dan juga penampakan hantu.

3. The Moaning Cavern, gua yang mengeluarkan suara-suara aneh

Gua Berhantu Yang Bisa Dikunjungi Jadi Tujuan Wisata

The moaning cavern

The Moaning Cavern artinya kalau diterjemahkan adalah gua yang sedang merintih (seperti suara orang yang sedang kesakitan). Lokasinya di Vallecito, California, gua ini dinamakan sesuai dengan suara suara merintih menyeramkan yang terdengar dalamnya.

Selain suara-suara aneh, para saksi juga pernah mendengar suara gema dari suara hantaman batu. Karena ini, The Moaning Cavern dianggap oleh beberapa orang sebagai rumah bagi makhluk mitologi yang dikenal sebagai Tommyknocker. Beberapa orang percaya penghuni gua ini adalah roh orang-orang yang meninggal di dalam gua di jaman dahulu.

Selain mitos makhluk mitologi, dalam gua berhantu ini juga sempat dilaporkan orang yang melihat tiga penampakan hantu yang merupakan jelmaan penambang emas yang sudah meninggal.

4. Bell Witch Cave, gua legenda penyihir

Gua Berhantu Yang Bisa Dikunjungi Jadi Tujuan Wisata

Bell witch cave, gua penyihir

Bell Witch Cave adalah gua di Amerika yang mengarah pada sebuah nama legenda urban legend. Bell Witch adalah legenda penyihir yang berasal dari tahun 1804. Ketika itu ada seorang yang bernama John Bell memindahkan istri dan anak-anaknya untuk tinggal di sepanjang sungai merah. Properti yang dimilikinya itu juga termasuk sebuah gua, yang kemudian dikenal sebagai “Bell Witch Cave” yang diyakini dihantui oleh roh penyihir bernama Kate Batts, yang merasa ditipu oleh John Bell dalam pembelian tanah tersebut.

Menurut alur cerita rakyat yang beredar, penyihir yang merasa ditipu itu ingin balas dendam dengan menggangu keluarga John. Akhirnya John Bell meninggal tahun 1820 dan penyihir itu kembali ke gua miliknya. Penduduk setempat pun banyak yang masih percaya bahwa penyihir itu tidak pernah keluar dari guanya.

5. Gua Chislehurst

Gua Berhantu Yang Bisa Dikunjungi Jadi Tujuan Wisata

Gua Chislehurst

Gua Chislehurst di Inggris adalah labirin buatan manusia yang kini ditinggalkan dan menjadi rumah bagi makhluk astral. Catatan pertama dari sistem gua ini berasal dari tahun 1250. Hal yang membuat gua ini menjadi tempat yang angker adalah cerita-cerita mengerikan menyebutkan kalau gua ini dilibatkan sebagai tempat pengorbanan ritual dan tempat pembunuhan.

Dalam gua berhantu ini bisa terdengar suara teriakan, bisikan, anak-anak cekikikan, dan langkah kaki bisa terdengar bergema dari dalam labirin. Selama Perang Dunia II, lebih dari 5000 warga London berlindung di gua-gua ini di malam hari. Wajar saja kalau penduduk lokal di zaman sekarang suka melaporkan penampakan dari hantu mereka yang meninggal di gua dan masih menghantui terowongan.

6. The Cave Of Sibyl, pintu menuju alam barzah

Gua Berhantu Yang Bisa Dikunjungi Jadi Tujuan Wisata

Pintu masuk menuju alam akhirat

Gua Sibyl atau disebut juga sebagai pintu menuju neraka. Dalam budaya barat, gua ini telah memegang keyakinan bahwa formasi batuan alami dalam gua sibyl bisa menjadi pintu masuk ke dunia bawah. Salah satu tempat yang paling dikenal di dalamnya adalah “pintu masuk ke alam barzah” yang letaknya di pemukiman Yunani kuno Cumae, dekat apa yang sekarang disebut dengan Napoli. Tempat ini dikenal sebagai Gua Sibyl dan entah saking angkernya atau gimana, rupanya burung pun tidak akan terbang melewatinya.

Menurut legenda, nubuat berusia 700 tahun ada seorang pendeta yang meninggal bernama Sibyl, menjaga pintu gerbang ini dan membimbing para pelancong yang mau turun ke alam barzah atau akhirat. Hii!

7. The Wabasha Street Caves

Gua Berhantu Yang Bisa Dikunjungi Jadi Tujuan Wisata

The Wabasha Street Caves

Tempat kecil yang unik ini mungkin terlihat seperti bangunan normal di luar, tapi sebenarnya ini adalah serangkaian gua buatan manusia. Tempat ini berlokasi di Saint Paul, Minnesota dan menjadi rumah bagi Gua Wabasha Street, yang dibangun di atas gua pasir di sepanjang sungai Mississippi. Di jaman dahulu, gua ini adalah tempat bersembunyi para bandit dan gangster.

Tiga gangster pernah ditembak mati di sini pada awal 1930an dan pengunjung masih bisa melihat penampakan arwah gentayangan tersebut masih mengintai di dalam gua.

8. Robber’s Cave

Gua Berhantu Yang Bisa Dikunjungi Jadi Tujuan Wisata

Robber’s cave

Robber’s cave terletak di Lincoln, Nebraska, pernah dijadikan tempat pertemuan suci bagi suku Indian Pawnee. Sistem gua di bawah tebing adalah tempat suku Indian mengajarkan banyak praktik tradisional seperti penyembuhan, kekuatan hewan, dan obat-obatan dan energi magis dari tanaman dan akar.

Saat ini penduduk setempat mengaku mendengar suara pemukulan genderang dan nyanyian seolah ritual masih dilakukan oleh hantu. Ada juga laporan jeritan dan suara erangan yang berasal dari gua. Sistem gua yang rumit telah ditutup selama bertahun-tahun namun sekarang dapat dikunjungi oleh masyarakat sebagai tempat wisata.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #angker #gua #hantu #seram
Share

Pilihan editor