Goa Jomblang, Wisata Alam Pemacu Adrenalin

Spread the love

Wisata alam sangat cocok bagi kamu yang ingin singgah sejenak dari suasana perkotaan. Udaranya yang sejuk tentu bisa menenangkan pikiran, sekaligus pemandangan hijaunya yang juga menyejukan mata. Wisata alam dengan daya tarik menarik tidak akan sulit kamu temukan di Yogyakarta. Selain air tejun dan pohon pinus, kamu juga bisa berkunjung ke Goa Jomblang. Goa yang satu ini hits di kalangan wisawatan yang senang dengan petualangan. Pasalnya, goa yang ada di Gunung Kidul ini menawarkan aktivitas ekstrem bagi pengunjungnya.

Sebelum berkunjung kesini, simak dulu daya tariknya di bawah ini!

Daya Tarik Wisata

via republikseo.net

Goa ini terkenal cukup ekstrem sehingga cocok bagi kamu yang senang menguji adrenalin. Tidak seperti goa pada umumnya, mulut goa ini berada di permukaan tanah sehingga bentuknya vertikal. Kedalamannya berbeda-beda, yaitu 15 sampai 80 meter.

Agar bisa sampai di permukaan, kamu harus menggunakan tali khusus. Tentu saja pemandu wisata juga disediakan agar pengunjung bisa selamat saat menyusuri goa yang satu ini. Kalau kamu masih pemula, ada baiknya untuk mencoba kedalaman 15 meter terlebih dahulu.  Jalan sepanjang goa ini lumayan terjal, namun kamu masih bisa menapakinya,

Kalau kamu sudah terbilang ‘lihai’. nggak ada salahnya mencoba jalur yang lebih ekstrem. Ada tiga jalur yang bisa kamu lewati, yaitu jalur A, B, dan C.  Jalur A memiliki kedalaman 60 meter, jalur B 60 meter, dan jalur C 40 meter. Yang takut ketinggian sebaiknya melipir dulu, ya.

via liputan6.com

Keselamatan kamu tentu saja dijamin karena disini juga disediakan oleh pemandu profesional. Mereka akan menemani kamu menyusuri goa, termasuk memberikan pelatihan saat memasuki goa menggunakan tali.

Minimnya pencahayaan membuat suasana goa terkesan menyeramkan. Belum lagi ditambah cerita-cerita seram dari pengunjung sebelumnya yag membuat suasana semakin mencekam. Awalnya memang seperti itu. Saat kamu menelusuri ke dalam gua, semuanya akan terasa menyenangkan karena kamu akan disuguhkan dengan pemandangan cantik dan juga aktivitas yang seru. Misalnya, bebatuan kristal yang cantik, stalaktit, dan masih banyak lagi.

Di dasar goa, kamu bisa menemukan aneka tumbuhan tumbuhan yang, dengan dinding kapurnya yang dipenuhi oleh tanaman perdu. Lorong penghubungnya juga terbilang lebar. Kamu tidak akan kesulitan menyusuri lorong tersebut sebab sudah ada jalan setapak yang terbentuk. Di ujung lorong goa tersebut, kamu akan terpesona dengan keindahannya.

via Alvin Photography

Karena pemandangannya yang eksotis, tidak jarang Goa ini dijadikan sebagai spot foto. Bahkan beberapa orang memilih Goa Jomblang sebagai lokasi foto preweddingnya. Fotonya bisa kamu lihat sendiri di atas. Keren, kan?

Fasilitas Goa Jomblang

via dictio.id

Untuk menjelajahi goa ini, pengunjung yang ingin turun ke dasar goa sudah tentu diberikan fasilitas keamanan. Mulai dari tali, helm, head lamp, dan sepatu. Di luar itu, ada juga fasilitas lainnya seperti tempat makan, tempat ibadah, kamar mandi, tempat penitipan barang, dan tempat singgah.

Lokasi dan Rute Menuju Goa Jomblang

via kedaisusu01.blogspot.com

Goa Jomblang ini lokasinya ada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kamu berangkat dari Jogja, kurang lebih 1,5 jam waktu yang dibutuhkan untuk sampai di sana.

Rutenya pun mudah diingat. Kamu bisa mulai dari Jl. Wonosari dari Kota Jogja kemudian ke arah Piyungan. Dari Piyungan, lantukan ke arah Pathuk, kemudian ke Wonosari, lalu Semanu. SJika sudah sampai di Semanu, kamu bisa lagsung mengarah ke Desa Pancarejo, lalu ke Jl. Makadam.

Agar lebih mudah, tentu kamu bisa menggunakan teknologi hits Google Maps.

Jam Buka Wisata

via bob.kemenpar.go.id

Goa Jomblang dibuka mulai dari pukul 08.00 s/d 14.00 WIB. Jadi, kamu bisa melakukan estimasi waktu dari rumah atau penginapan, kira-kira butuh waktu berapa jam untuk bisa sampai disana.

Harga Tiket Masuk

via http://nolkmjogja.blogspot.com

Kalau ingin mencoba wisata ekstrem ini, kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp 450 ribu – Rp 1 juta, ya! Nominal tersebut memang cenderung mahal, tapi sebanding dengan pengalaman yang akan kamu dapatkan. Sedangkan untuk biaya parkirnya, kam cukup mengeluarkan Rp 3 ribu – Rp 5 ribu saja untuk satu kendaraan.s

Transportasi

Mobil atau motor pribadi bisa kamu gunakan mengunjungi Goa Jomblang ini. Rutenya tidak akan sulit karena kamu bisa memnta bantuan Google Maps. Kelebihannya, kamu bisa lebih leluasa terlebih untuk beristirahat jika berangkat dari lokasi yang cukup jauh.

Untuk kendaraan umum, kamu bisa menggunakan bus umum atau angkutan lainnya. Kamu bisa maik dari terminal bus kota Gunung Kidul. Setelah itu, kamu bisa naik ojek menuju Desa Pacarejo.

 

 

 

 

Berikan komentarmu