Share this
Share

Share

shares

10 Genre Fotografi yang Wajib Diketahui Pemula

19 August 2020  Ajeng

Handphone menjadi salah satu perangkat alternatif untuk pengambilan gambar selain menggunakan kamera DSLR. Syaratnya tentu saja memiliki spesifikasi kamera yang canggih agar hasilnya tampak profesional. Namun, berbekal spesifikasi yang mumpuni saja tidak cukup. Untuk menghasilkan tangkapan gambar yang keren, setidaknya kamu harus mengetahui genre fotografi. Ini berlaku bagi siapa saja, khususnya kamu yang masih pemula di dunia fotografi.

Seperti halnya musik, fotografi juga memiliki aliran atau genre. Apa saja? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Street Photography

via photography.marcinbaran.com

Genre pertama yang perlu kamu pelajari adalah street photography. Aliran yang satu ini menampilkan foto dari aktivitas seseorang yang ada di jalanan maupun tempat-tempat lainnya. Meskipun namanya fotografi jalanan, kamu tidak harus berfokus pada jalanannya. Yang paling terpenting adalah objeknya yang menggambarkan karakter jelas manusia.

2. Genre Fotografi Human Interest 

via imagesfilm.files.wordpress.com

Selain street photography, ada juga human interest photography. Genre yang satu ini berfokus pada manusia sebagai objeknya. Untuk mengambil foto dalam aliran ini, sebisa mungkin kamu mendapatkan momen yang bisa memberikan emosi dan kesan empati pada siapa saj ayang melihat foto kamu. Misalnya, foto seorang penjual gorengan yang sedang berteduh,tukang becak yang kelelahan, dan masih banyak lagi.

3. Journalism Photography

via lightstalking.com

Genre fotografi jurnalistik berbeda dengan kedua genre di atas. Aliran yang satu ini harus bisa menciptakan tangkapan gambar yang bisa menceritakan kejadian yang terjadi di dalamnya. Karena ini adalah bagian dari jurnalistik, setiap gambar yang kamu ambil haruslah sesuai dengan kode etik jurnalistik. Untuk contoh genre ini adalah pengambilan gambar saat demo, kerusuhan, bencana alam, dan masih banyak lagi.

4. Genre Fotografi Portrait

via jbirdphoto.com

Dalam genre photography portarait, kamu bisa menangkap momen seseorang saat menunjukan ekspresi terbaiknya. Agar terlihat lebih jelas, genre foto ini lebih sering dilakukan dari jarak dekat atau close up. Contohnya bisa kamu lihat sendiri pada gambar di atas. Kebayang, kan, kalau diambil dari jarak jauh pasti ekspresi anak tersebut tidak akan terlihat dengan jelas.

5. Wedding Photography

via policybee.co.uk

Profesi wedding photographer kini begitu digandrungi oleh anak-anak muda. Pasalnya, banyak orang yang membutuhkan jasa ini, tidak hanya saat momen resepsi, tetapi juga untuk sesi pre-wedding. Oleh karena itu, hasilnya tentu saja harus bagus dan sesuai dengan permintaan klien. Caranya adalah dengan mempelajari teknik genre wedding photography.

6. Genre Fotografi Fashion

via highendbeautyretouching.com

Genre fotografi fashion tentu saja digunakan untuk pengambilan gambar produk busana. Agar lebih bagus dan nyentrik, pengambilan gambarnya harus dibantu dengan model, baik itu laki-laki maupun perempuan sesuai dengan busana yang akan dipamerkan. Selain bisa mengambil gambar yang ‘pas’, kamu juga harus bisa mengarahkan gaya agar posenya bisa sesuai dan enak dilihat. Kalau posenya asal-asalan, hasilnya pun tentu tidak akan menarik perhatian.

7. Landscape Photography

via photography.pcci.com.ph

Kamu senang jalan-jalan ke gunung dan memotret burung yang bertengger di pohon? Hmm, jangan asal jepret dulu. Dengan terlebih dahulu mempelajari teknik genre landscape photography, kamu bisa mengambil gambar lebih cantik dengan angle dan juga pengaturan cahaya yang pas. Bayangkan, kalau hasilnya bagus, foto kamu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, lho!

8. Wildlife Photography

via motret4life.weebly.com

Genre yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai alam bebas. Kamu bisa belajar bagaimana cara mengambil gambar yang keren dari aktivitas dan kehidupan satwa di alam liar. Lihat saja gambar di atas. Fotografernya bisa mengambil gambar dengan timing yang pas, sehingga hasilnya sangat apik. Momen seperti gambar di atas tentu saja akan sangat jarang, kan?

9. Food Photography

via format.com

Udah nggak aneh kalau ada orang yang sibuk mengambil gambar makanan setelah hidangan disajikan di atas meja. Ini tak lain untuk dijadikan koleksi atau diunggah ke media sosial. Sah-sah saja. Namun, hasil gambar kamu akan lebih cantik jika menerapkan genre fotografi makanan. Hal yang perlu diperhatikan adalah pencahayaan, komposisi, angle yang pas, dan juga efek sebagai tambahan. Hasil jepretan yang bagus tentu saja bisa membuat siapa saja ngiler saat melihatnya. Btw, food photographer saat ini banyak dicari, lho!

10. Macro Photography

via adorama.com

Menangkap objek yang berukuran kecil sangatlah menarik. Dengan mempelajari teknik fotografi yang satu ini, kamu bisa mendapatka hasil jepretan yang lebih apik. Misalnya, pengambilan gambar bunga, serangga, tetesan air, embun, daun, dan masih banyak lagi. Untuk fotografi makro, sebaiknya kamu menggunakan kamera khusus yang memiliki fitur kamera mikro agar hasilnya lebih maksimal.

Itulah 10 genre fotografi yang penting kamu kuasai jika ingin jadi fotografer. Menghasilkan gambar dengan sentuhan profesional akan menjadikan jasa kamu ramai peminat.

Berikan komentarmu

Related articles

 #genre fotografi adalah #genre fotografi dan tekniknya #genre fotografi minimalis #genre fotografi yang bagus #tips foto makanan #tips foto ootd #tips foto produk #tips foto selfie
Share di whatsapp

Pilihan editor