via news.okezoe.com

Gagal SBMPTN? Pilih 1 dari 10 Universitas Swasta Terbaik Ini

Spread the love

Universitas swasta bisa jadi pilihan bagi kamu yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi setelah dinyatakan gagal SBMPTN. Kampus swasta pun tidak kalah bagus, asal kamu bisa memilihnya dengan tepat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, mulai dari peringkat kampus, akreditasi kampus, kiprah alumni, lokasi, biaya, dan masih banyak lagi. Biar nggak bingung, kamu bisa memilih satu dari sepuluh universitas swasta terbaik di Indonesia ini berdasarkan data yang dirilis oleh Webometrics pada Juli 2020.

1. Telkom University

via news.okezoe.com

Telkom University menjadi salah satu kampus swasta hits yang ada di kawasan Bandung Technoplex, Dayeuhkolot, Bandung. Kampus ini dulunya adalah kampus STT Telkom. Telkom University kini menjadi univeristas swasta terbaik di Indonesia dengan urutan kelima nasional.  Pencapaian ini juga pernah diraih di tahun sebelumnya sebagai kampus swasta terbaik di Indonesia yang dinobatkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

Adapun fakultas yang tersedia di kampus ini, yaitu Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif, dan Fakultas Ilmu Terapan.

2. Universitas Swasta Terbaik, Muhammadiyah Yogyakarta

via muhammadiyah.or.id

Kalau kamu mencari universitas swasta terbaik di Kota Gudeg, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta solusinya. Kampus yang berdiri pada 1981 ini berlokasi di Kecamatan Kasihan, kabupaten Bantul, Yogyakarta. UMY menjadi salah satu kampus swasta terbesar dan terbaik di Yogyakarta.

Fakultas yang bisa kamu pilih disini, yaitu Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Pendidikan Bahasa.

3. Universitas Bina Nusantara

via harga.web.id

Universitas Bina Nusantara atau Binus, adalah kampus swasta megah yang ada di Jakarta. Fasilitasnya sangat lengkap dengan kurikulum berstandar Nasional dan Internasional. Jadi, nggak heran mayoritas mahasiswanya berasal dari kalangan menengah ke atas karena biaya masuknya pun tidak sedikit.

Binus dulunya merupakan lembaga pelatihan komputer Modern Computer Course pada 21 Oktober 1974, kemudian dikembangkan menjadi universitas pada 8 Agustus 1996. Berdasarkan penilaian Webometrics, Binus termasuk universitas swasta terbaik ketiga di Indonesia.

Ada tiga fakultas yang bisa kamu pilih di Binus, yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Humaniora, dan Fakultas Ekonomi dan Komunikasi. Sedangkan ada juga empat sekolah yang didirikan, yaitu Sekolah Teknik Informatika,  Sekolah Desain, Sekolah Sistem Informasi, dan Sekolah Bisnis dan Manajemen.

4. Unversitas Narotama Surabaya

via hoteldekatkampus.com

Posisi ke-4 ada Universitas Narotama (Unnar), Surabaya. Unnar menerapkan konsep pemanfaatan informasi dan teknologi berbasis internet di kancah Internasional dalam pembelajarannya. Indikator tersebut menunjukan bahwa Unnar sudah berkiprah di kancah domestik maupun internasional.

Adapun fakultas yang bisa kamu pilih di Unnar, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Komputer.

5. Universitas Swasta Terbaik, Mercu Buana

via tribunnews.wiki.com

Universitas Mercu Buana adalah salah satu kampus yang ada di kawasan Jakarta. Kampus yang satu ini sudah mendapatkan akrediatsi unggul atau “a” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak Desember 2016. Secara keseluruhan, Universita Mercu Buana menempati peringkat ke-20 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Kini, ada enam fakultas yang dimiliki Iniversitas Mercu Buana, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Desain dan Seni kreatif, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Komputer.

6. Universitas Gunadarma

via edutor.com

Universitas Gunadarma (UG) juga termasuk kampus swasta terbaik di Indonesia. Kampus yang terletak di Kota Depok, Jawa Barat ini memiliki kampus yang sudah tersebar di delapan lokasi yang berbeda. Dulunya, Universitas Gunadarma merupakan Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) yang kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma. Setelah itum didirikanlah  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma) pada tahun 1990.

Keduanya lalgu bergabung dan menjadi Universitas Gunadarma pada 1996. UG menjadi salah satu Universitas swasta unggulan di Indonesia.

Ada tujuh fakultas yang dimiliki kampus ini, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Fakultas Sastra, Fakultas Ilmu Komputer dan teknologi Informasi, Fakultas Teknologi Industri, dan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

7. Universitas Islam Indonesia

via uii.ac.id

Yogyakarta selalu punya pillihan kampus yang menarik hati calon mahasiswa. Salah satunya adalah Universitas Islam Indonesia atau yang biasa dikenal UII. Kampus yang satu ini merupakan universitas swasta tertua dan bergengsu di Indonesia. Lokasinya ada di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dulunya, UII sdinamakan Sekolah Tinggi Islam (STI). Namun, pada 1947 namanya kemudian diganti menjadi Universitas Islam Indonesia (UII).

Ada delapan fakultas yang sudah terakreditasi “A” di kampus ini, yaitu Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Agama Islam, Fakultas Psikologi dan Sosial Budaya, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, dan Fakultas Kedokteran.

8. Universitas Swasta Terbaik, Dian Nuswantoro

via harga.web.id

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang berlokasi di Semarang juga termasuk kedalam kategori universitas swasta terbaik di Indonesia. Dulunya, kampus ini merupakan lembaga pendidikan kursus komputer bernama IMKA. Seiring berjalannya waktu, ahli-ahli komputer di IMKA sepakat untuk mendirikan Yayasan Dian Nuswantoro, dan lahirlah Universitas ini.

Sejauh ini, Udinus memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas ilmu Komputer, dan Fakultas Teknik.

9. Universitas Muhammadiyah Malang

via pwmu.co

Selanjutnya ada Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang menjadi kampus swasta terbaik ke-2 di Jawa Timur setelah Unnar. UMM merupakan perguruan tinggi pembina untuk semua Perguruan Tinggi Muhammadiyah wilayah Indonesia Timur. Kamu cocok melanjutkan studi disini jika berminat masuk ke salah satu fakultasnya yang meliputi Fakultas Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Ilmu Kesehatan.

10. Universitas Swasta Terbaik, Katolik Parahyangan

via wikipedia.org

Terakhir, ada Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Kampus utama perguruan tinggi ini ada di dataran tinggi Ciumbuleuit, Bandung. Unpar menjadi salah satu kampus swasta favorit di kota Bandung dyang diminati oleh sejumlah mahasiswa dari dalam maupun luar kota.

Kalau berminat melanjutkan sekolah disini, setidaknya kamu bisa memilih salah satu dari enam fakultas ini, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Filsafat, Fakultas Teknik, dan Fakultas Teknologi Industri.

Itulah sepuluh universitas swasta terbaik di Indonesia. Semua kampus di atas terpilih karena indikator Kehadiran (Presence), Dampak (Impact), Keterbukaan (Openness), dan Keunggulan (Excellence) sudah memenuhi standar.

 

 

 

 

 

 

Berikan komentarmu