Share this
Share

2 shares

Dibalik Film Horror Yang "Diangkat Dari Kisah Nyata", Ternyata Cuma Mau Ambil Untung

25 February 2018

Dibalik Film Horror Yang

Tak semua film horror ceritanya diangkat dari kisah nyata. jangan biarkan tagline “Based on true story” menipumu

“Cerita ini berdasarkan dari kisah nyata”, adalah sebuah tagline yang biasanya menarik perhatian orang kalau mau nonton film horror. Film-film horror yang mengklaim kalau ceritanya berdasarkan kisah nyata memang membawa kesan yang menarik. Kebiasaan orang kalau menonton sesuatu keseringan sering ketipu sama tagline, menganggap apa yang diklaim dianggap benar tanpa mengetahui sebenarnya benar kejadian atau tidak. Tapi melihat dan mempercayai sesuatu yang kita lihat sebenarnya adalah human nature, kita memang cenderung percaya-percaya saja dengan apa yang kelihatan benar, meskipun sebenarnya tidak.

Beberapa film horor yang mengklaim ceritanya dari kisah nyata ini, pada kenyataannya, adalah plot cerita yang cocokologi dari kejadian yang sebenarnya supaya filmnya laku. Sisanya tinggal menambahkan tagline “Based on true story” supaya lebih meyakinkan.

Mari kita cek lagi beberapa film horor favorit kita sudah kita tonton, apa iya berdasarkan kisah nyata atau cuma diklaim dari kisah nyata oleh pembuat film?

Hostel, film yang ceritanya berasal dari rumor yang belum jelas

Dibalik Film Horror Yang

Hostel

Kalau sudah menonton film Hostel, ini film yang mengklaim ceritanya diangkat dari kisah nyata (inspired by true events). Namun “True events” yang diiklankan tersebut sebenarnya adalah jadi PE-ER untuk semua orang yang nonton. Sutradara filmnya sendiri, Eli Roth pernah bilang kalau dia membuat ceritanya berdasarkan cerita random yang belum tentu benar, pernah beredar di situs internet yang dia kunjungi. Dalam situs itu ada sebuah tawaran untuk turis untuk mengunjungi Thailand dan menembak orang untuk mendapatkan uang 10 ribu dollar. Eli Roth sendiri tidak pernah kepikiran kalau dasar ceritanya tersebut adalah kisah nyata.

Texas Chainsaw Massacre, Urban legend yang memakan banyak korban, korban penipuan

Dibalik Film Horror Yang

Texas Chainsaw Massacre 1974

Bagi penggemar film horror, pasti tau kalau The Texas Chainsaw Massacre ada dua versi, pertama yang original tahun 1974, kedua yang versi remake tahun 2003. Kalau kita amati lebih mendalam, kedua film ini ceritanya bertolak belakang. Film original tahun 1974 tidak pernah mengklaim kalau ceritanya berdasarkan kisah nyata. Film ini mulai dikenal “diangkat dari kisah nyata” semenjak versi remakenya muncul di tahun 2003.

Dibalik Film Horror Yang

Texas Chainsaw Massacre 2003

Kalau kata pengamat film, The Texas Chainsaw Massacre diangkat dari kisah nyata berdasarkan pembunuh psikopat legendaris Amerika, Ed Gein, namun karakternya sangat berbeda. Tak pernah ditemukan dari sejarah Ed Gein kalau dia menggunakan topeng sambil membawa gergaji mesin untuk bunuh orang. Satu lagi yang paling aneh, kasus pembunuhan Ed Gein semuanya berlokasi di Wisconsin, sedangkan kalau dalam film yang ngaku-ngaku “berdasarkan kisah nyata”,… well ya di Texas.

The Exorcism of Emily Rose, kejadian aslinya bukan karena kesurupan

Dibalik Film Horror Yang

The Exorcism of Emily Rose, 2005

The Exorcism of Emily Rose adalah salah satu film horror paling seram. Dan salah satu film yang juga mengklaim kalau ceritanya diangkat kejadian asli wanita yang kerasukan roh jahat. Kejadian aslinya dibalik film ini adalah tentang remaja yang ada di Jerman sekitar tahun 1960an, namanya adalah Anneliese Michel yang menderita penyakit epilepsi dan kejang-kejang yang berlanjut sampai mengambil alih hidupnya dan seperti orang gila.

Berhubung remaja tersebut adalah orang yang taat beragama, orang-orang beranggapan kalau dia kesurupan, sehingga orang terdekatnya melakukan penyembuhan dengan mendatangi pendeta dan melakukan ritual exorcism atau eksorsisme.

Remaja ini meninggal karena malnutrisi yang disebabkan oleh kondisi kelaparan yang dialaminya selama exorcism. Kebanyakan ahli sepakat bahwa kejang-kejang yang dialaminya adalah karena penyakit epilepsi dan tak ada hubungannya dengan kesurupan. Gadis yang taat beragama itu mencari jawaban spiritual yang sebenarnya hanya urusan medis.

Wolf Creek, cerita yang digabung-gabungkan supaya kelihatan asli

Dibalik Film Horror Yang

Wolf Creek, 2005

Di film Wolf Creek, remaja backpacker yang terlantar di daratan Australia disiksa oleh seorang psikopat di daerah pedalaman yang terpencil. Pertama kali nonton film ini, ceritaya sangat bagus dan natural, sangat kontras sekali dengan kehidupan yang terpencil ala western di tanah Australia. Namun ternyata tidak seasli kelihatannya. Cerita ini sebenarnya adalah hasil gabungan dari dua cerita yang berbeda.

Diangkat dari dua kasus kejahatan di yang benar terjadi namun ada dua tempat yang berbeda. Kasus pertama adalah tentang seorang mekanik menyiksa dua backpacker di pedalaman, membunuh salah satu dari mereka. Dalam kasus lain, adalah yang terjadi di Wales, bukan di Australia, tentang seorang pembunuh berantai yang memberikan tumpangan kepada backpacker yang naif dan tak punya rasa curiga dan menyiksa sampai membunuh mereka di hutan. Elemen kedua cerita tersebut digabungkan untuk menciptakan cerita yang bisa kita lihat di film Wolf Creek.

The Haunting in Connecticut, orang asli dibalik ceritanya tidak bisa menjelaskan kejadian sebenarnya

Dibalik Film Horror Yang

The Haunting in Connecticut, 2009

The Haunting di Connecticut adalah film tukang tipu yang menceritakan keluarga yang membantu anak mereka menjalani perawatan kanker dan disaat yang sama juga berurusan dengan hantu yang menempati rumah baru mereka, dan setelah diusut, ternyata rumahnya itu adalah bekas rumah jenazah.

Meskipun benar, keluarga yang ada film itu tinggal di rumah jenazah yang tua dan mengklaim bahwa rumahnya dihantui, namun hanya ada sedikit konsistensi dalam cerita mereka. Sisanya adalah cerita yang dikarang sendiri. Bahkan penyelidik paranormal terkenal seperti Lorraine Warren, pernah diminta menangani kasus paranormal di Connecticut tersebut, dan ia membantah banyak klaim yang dibuat di film itu.

The Strangers, sutradaranya sendiri mengakui ceritanya bukan dari kejadian apapun

Dibalik Film Horror Yang

The Strangers, 2008

Sepertinya orang mesti belajar membedakan “Inspired by true events” dan “Based on true story“. Bryan Bertino, sutradara film The Strangers, mengatakan bahwa filmnya “terinspirasi oleh kejadian nyata,” namun kata kunci di sini terinspirasi bukan berdasarkan. Sama sekali tidak ada dasar faktual untuk kejadian yang terjadi dalam film ini, di mana sekelompok orang aneh yang mengenakan topeng boneka meneror pasangan di sebuah pondok terpencil di hutan.

Dalam catatan produksinya, Bryan mengaku kalau plot film itu diambil dari ingatan masa kecilnya tentang orang-orang yang memasuki rumah di lingkungannya. Apa itu tindakan kriminal? Iya. Tapi apakah kejadian itu bisa dijadikan patokan untuk film yang beradasarkan kisah nyata? Ya pasti tidak.

The Conjuring, film horror yang bermodalkan living legend Lorraine dan Ed Warren, tapi ceritanya ada yang direkayasa

Dibalik Film Horror Yang

The Conjuring, 2013

The Conjuring kini adalah film jawara yang disebut-sebut film horror paling laris karena memiliki dasar faktual yang kuat. Dari film pertamanya, kita sudah diperkenalkan dengan penyelidik paranormal legendaris bernama Lorraine dan Ed Warren. Mereka berdua ini memang benar bertemu keluarga The Perrons, yang mengalami apa yang disebut dengan kejadian supranatural dan dengan maksud dan tujuan, mereka adalah orang yang datang untuk membantu keluarga tersebut.

Dalam film ini membawa beberapa kebebasan kreatif yang cukup substansial dengan ceritanya. Beberapa cerita ada yang direkayasa demi mencocokan ke dalam situasi film, contohnya adalah adegan dimana nyonya perron yang mencoba membunuh anak-anaknya sendiri. Kejadian itu tidak pernah ada.

The Blair Witch Project, cerita yang 100% dibuat-buat

Dibalik Film Horror Yang

The Blair Witch Project, 1999

Salah satu film horror yang paling seram namun sayang penonton banyak yang ketipu dan mengaku bangga nonton film yang sebenarnya fiksi. Salah satu alasan Blair With Project adalah sebuah pukulan hebat dalam dunia film adalah karena penonton berpikir kalau film ini tidak hanya berdasarkan kisah nyata, tapi adalah rekaman yang “ditemukan” dari sebuah pengalaman nyata.

Film ini adalah yang pertama kali yang dibuat dengan kamera genggam atau handycam dan dibintangi aktor yang tak dikenal. Dari awal film ini dibuat, tujuannya adalah untuk membuat penonton berpikir kalau filmnya kelihatan nyata padahal sebenarnya tidak. Bahkan tidak ada tuh legenda penyihir yang bernama Blair Witch, tidak pernah ditemukan ada urban legend dengan nama itu. Semuanya adalah fiksi. Namun The Blair Witch Project cukup diacungi jempol karena termasuk film revolusioner yang memulai babak baru perfilman dengan gaya found footage.

The Amityville Horror, berawal dari tragedi sampai pembuatan film untuk mengambil keuntungan

Dibalik Film Horror Yang

The Amityville Horror, 2005

Sebuah horor klasik The Amityville Horror, berlangsung di rumah yang dihantui roh jahat korban pembunuhan yang gelisah dan penuh dendam dan selalu mencoba dan mengusir pemilik baru. Sementara keluarga Lutz, memulai lagi kehidupan merea dengan pindah dari rumah tersebut dan masih ada sampai sekarang, sebagian pihak masih ada yang suka mengajukan pertanyaan tentang kejadian di rumah tersebut.

Ada berbagai kerancuan dalam ingatan dari keluarga Lutz, dan beberapa berteori mereka hanya mencoba untuk mendapatkan keuntungan dari tragedi sebenarnya dari enam pembunuhan yang terjadi di rumah mereka pada tahun-tahun sebelum mereka pindah. Film ini pun sudah dibuat sampai 3 kali berturut-turut dari tahun 1979, 2005 sampai 2017. Apa memang ceritanya kurang bagus atau karena ingin terus dapet untung?

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #film #horror #seram
Share

Pilihan editor