Share this
Share

1 shares

18 Film Detektif Wajib Nonton Yang Sayang Untuk Dilewatkan

28 October 2018

Film Detektif adalah salah satu genre yang bikin orang pusing pas nonton. Namun di satu sisi, film semacam ini dapat membuat orang tegang sampai-sampai penonton takut tidak mau ketinggalan satu scene saja. Para penonton dianjurkan untuk tetap waspada, tidak ngantuk, karena kalau tidak akan sulit untuk melihat jalan cerita yang sebenarnya disuguhkan untuk menemukan petunjuk.

Cerpin.com mengumpulkan koleksi dari beberapa film detektif yang paling menarik yang akan membuat kamu memeras otak untuk mendapatkan jawaban. Jika kamu penyuka film yang memiliki alur cerita tak terduga dan penuh dengan misteri, daftar film detektif ini pastinya tidak boleh kamu lewatkan.

Film Detektif Wajib Nonton Yang Sayang Untuk Dilewatkan

1. The Life of David Gale (2002)

Film Detektif Wajib Nonton Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Bitsey Bloom, seorang wartawan, mewawancarai David Gale, seorang profesor terkenal dan seorang penentang hukuman mati. Dia telah dihukum karena pembunuhan seorang aktivis Constance Harraway, dan dalam waktu 3 hari dia akan dieksekusi.

Namun semakin banyak Bitsey berkomunikasi dengan profesor, semakin baik dia memahami bahwa justru dialah orang yang tidak bersalah. Dari situ Bitsey berusaha untuk membuktikan ketidakbersalahan David Gale. Ini adalah film dramatis yang endingnya mustahil diprediksi.

2. Trance (2013)

Film Detektif Wajib Nonton Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Ketika rumah lelang mengalami perampokan, seorang karyawan (Simon) mengalami tindak kekerasan dengan kepalanya yang dipukul sampai masuk rumah sakit. Dengan keadaannya itu, ia terbangun dan mengalami Amnesia. Hanya dia yang tahu di mana lukisan yang berharga seharga jutaan dolar itu berada, dan itu bukan di tangan yang aman atau di tangan perampok.

Para penjahat menculiknya namun gagal mendapatkan jawabannya. Akhirnya mereka menyewa seorang hipnoterapis Elizabeth, untuk menocba mengekstrak sesuatu dari ingatannya. Ini adalah film yang menarik di mana peristiwa itu berlangsung begitu cepat sehingga bakal membuatmu mindblowing.

3. Gone Baby Gone (2007)

Film Detektif Wajib Nonton Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Di pinggiran kota Boston, ketika ibunya tidak di rumah, seorang gadis 4 tahun diculik. Setiap orang anggota kepolisian terlibat dalam penyelidikan, tetapi setelah beberapa hari pencarian tidak menghasilkan apa-apa.

Bibi gadis itu meminta bantuan kepada beberapa detektif swasta, yang, setelah menangani kasus itu, mempertaruhkan tidak hanya reputasi mereka sendiri, tetapi juga kehidupan mereka. Film detektif unik dan luar biasa yang disutradarai oleh Ben Affleck.

4. The Girl on the Train (2016)

Film Detektif Wajib Nonton Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Setiap hari, kereta membawa Rachel melewati sebuah pondok indah di mana, sekilas tinggal pasangan yang sempurna. Tapi suatu hari segalanya berubah. Rachel melihat apa yang seharusnya tidak dilihatnya, dan terseret ke dalam cerita yang rumit. Film yang memukau berdasarkan novel dengan nama yang sama oleh Paula Hawkins.

5. Zodiac (2007)

Film Detektif Wajib Nonton Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Selama 25 tahun, seorang pembunuh berantai yang bernama Zodiac membuat seluruh San Francisco hidup dalam ketakutan. Penjahat ini berkomunikasi dengan polisi melalui surat-surat yang ditulisnya langsung. Dua karyawan berita, Paul Avery dan Robert Graysmith, menjadi tertarik pada surat-surat misterius, dan memutuskan untuk membantu polisi menangkap jejak si pembunuh.

Tapi menangkapnya tidak semudah kelihatannya. Film ini berdasarkan kisah nyata yang terjadi antara tahun akhir 60an dan awal 70an di Amerika. Dan sampai sekarang penjahat yang bernama Zodiac itu tidak pernah diketahui.

6. Mulholland Drive (2001)

Film Detektif Wajib Nonton Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Setelah kecelakaan mobil, seorang gadis kehilangan ingatannya dan mengambil nama Rita dari poster iklan. Dia mencoba memulai kehidupan baru di Hollywood, tetapi rahasia masa lalu terus menerus mengikutinya.

Siapa dua pria yang duduk bersamanya di mobil, dan siapa yang meninggal dalam kecelakaan itu? Dan mengapa teman barunya Betty muncul dalam hidupnya sesekali? Sebuah film klasik dengan jalur cerita yang tidak biasa dan berakhir dengan twisted-ending menarik.

7. The Number 23 (2007)

Film Detektif Wajib Nonton Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Walter Sparrow adalah seorang petugas kontrol hewan, mulai membaca sebuah novel berjudul The Number 23, yang diberikan istrinya kepadanya. Tetapi semakin banyak dia membaca, semakin dia mengerti tentang apa yang terjadi pada karakter utama buku itu mengingatkannya pada hidupnya sendiri.

Untuk mengubah masa depan, Walter merasa harus mengungkapkan rahasia nomor 23. Kalau tidak, dia akan melakukan pembunuhan mengerikan yang sama seperti karakter dalam buku itu. Film ini menarik bagi semua orang yang menyukai drama dan misteri. Salah itu film dimana kita bisa melihat Jim Carrey memainkan peran yang serius.

8. Memento (2000)

Film Detektif Wajib Nonton Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Leonard Shelby menderita salah satu jenis amnesia yang langka, yaitu ia ingat peristiwa tertentu sebelum ia mulai menderita penyakit. Ingatannya meningkat setelah pembunuhan istrinya, dan sekarang dia berusaha mencari tahu identitas mereka yang melakukannya.

Untuk menciptakan kembali peristiwa-peristiwa di masa lalu, Leonard suka memotret tempat-tempat yang membantunya mengumpulkan petunjuk. Salah satu film yang dibungkus dengan cara yang sangat menarik, dan sekaligus bikin orang pusing.

9. Prisoners (2013)

Film Detektif Wajib Nonton Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Keller Dover menghadapi mimpi buruk paling mengerikan yang pernah dialami orang tua, yaitu putrinya yang berumur 6 tahun menghilang. Satu-satunya petunjuk adalah motor yang diparkir di jalan, tempat mereka terakhir terlihat bermain.

Detektif Loki menangkap pengemudi, tetapi segera membiarkannya pergi karena kurangnya bukti. Polisi pun sempat ragu dan ayah yang putus asa memutuskan untuk menyelidiki kasus ini sendiri. Sebuah film thriller yang sangat rapih, keren dan menarik buat ditonton.

10. Fracture (2007)

Film Detektif Wajib Nonton Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Sebelum pindah ke perusahaan lain, Willy Beachum, asisten pengacara, menangani kasus Ted Crawford, orang yang menembak kepala istrinya. Beachum merasa kasus ini akan diselesaikan dengan cukup mudah, karena mereka memiliki pengakuan bersalah oleh pelaku.

Tetapi semakin diselidiki kasusnya, hasilnya justru mengarah pada kesadaran bahwa terdakwa tidak memiliki satu pun bukti yang memberatkan padanya. Jadi, siapa yang benar-benar menembak istri dari Ted Crawford? Tonton aja sendiri ya.

11. Before I Go to Sleep (2013)

Film Detektif Wajib Nonton Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Karakter utama film ini, Christine Lucas, menderita kehilangan ingatan. Bangun setiap pagi, dia tidak ingat apa-apa, dan setiap kali mencoba mengingat kembali peristiwa-peristiwa dalam hidupnya sendiri. Beruntungnya dia memiliki suami yang peduli yang membantunya mengingat siapa dirinya.

Sesuai dengan rekomendasi dokternya, Christine memulai sebuah diary dengan membuat video. Dengan cara ini dia mulai mengingat detail mengerikan dari masa lalu, yang tidak hanya membuatnya takut, tetapi juga mengungkapkan sifat asli dari orang-orang tertentu. Film detektif dengan cerita misterius ini secara akurat mencerminkan kesulitan hidup.

12. Mystic River (2003)

Film Detektif Wajib Nonton Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Jimmy Markum, David Boyle, dan Sean Devin adalah teman karib yang tak terpisahkan sejak kecil. Mereka suka bermain bersama dan bandel bersama, seperti layaknya anak laki-laki. Namun suatu hari sebuah kecelakaan mengubah seluruh hidup mereka.

30 tahun kemudian, sebuah tragedi baru mempertemukan 3 sahabat ini setelah sekian lama. Putri Jimmy dibunuh, dan Sean yang sudah jadi polisi menangani kasus ini dalam upaya untuk menyelesaikannya. Namun, Jimmy memutuskan untuk melakukan penyelidikan sendiri, dan mencurigai bahwa temannya Dave yang sebenarnya adalah pembunuhnya, karena ia cocok dengan deskripsi penjahatnya. Film detektif yang sangat ajib dan menakjubkan ini sudah memenangkan dua Academy Awards. Rugi kalau gak ditonton!

13. Flightplan (2005)

Film Detektif Wajib Nonton Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Selama penerbangan dari kota Berlin ke New York, seorang wanita Kyle Pratt kehilangan putrinya yang kecil selama di pesawat. Karena diketahui mengalami tekanan emosional setelah kematian suaminya, para awak pesawat tak percaya dengannya. Kyle mencoba membuktikan kepada mereka dan penumpang yang tidak mempercayainya kalau putrinya telah hilang.

Situasinya tampak begitu tidak masuk akal sehingga dia sendiri mulai meragukan persepsinya tentang realitas. Selain itu, beberapa fakta juga menunjukkan bahwa putrinya tidak pernah naik ke pesawat sama sekali. Tetapi Kyle tetap merasa ada yang tidak beres.

14. The Oxford Murders (2007)

Film Detektif Wajib Nonton Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Martin adalah murid biasa yang pergi ke universitas bergengsi di Oxford untuk mendengarkan ceramah idolanya yang merupakan ahli matematika yang luar biasa, Mr. Seldom. Martin yang baru saja tinggal disana melihat serangkaian pembunuhan misterius terjadi di Oxford.

Bersama dengan sang profesor, Martin memulai penyelidikannya sendiri, menembus lebih banyak lagi hal-hal misterius dari sisi gelap universitas yang terkenal itu. Sebuah film detektif unik yang akan membuat kamu tegang di malam hari.

15. Shutter Island (2010)

Film Detektif Wajib Nonton Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Seorang inspektur ditugaskan untuk pergi ke penjara yang terisolasi di atas sebuah pulau untuk mencari petunjuk narapidana yang kabur. Seiring berjalannya waktu penyelidikan, inspektur ini merasa ada yang aneh dengan pulau yang dia selidiki, dan juga dengan kasus yang sedang dia tangani. Bersiaplah untuk menikmati twisted-ending dari Martin Scorsese.

16. The Town (2011)

Film Detektif Wajib Nonton Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Doug MacRay adalah pemimpin sekelompok perampok bank yang sudah terkenal di kota Boston. Setiap perampokan mereka cenderung berjalan dengan mulus. Namun suatu hari mereka melakukan perampokan bank dan mengambil sandera karyawan bank, Claire Keesey.

Mereka akhirnya tahu kalau cewek yang disandera ternyata tinggal di lingkungan geng tempat mereka tinggal. Doug pun mencari tempat dia tinggal untuk memastikan kalau cewek ini tetap tutup mulut. Jalan cerita pun berubah sampai akhirnya Doug bertemu dengannya dan jatuh cinta. Ketika romansa semakin dalam, dia ingin keluar dari kehidupan kriminalnya, tetapi itu bisa mengancam Claire. Yang lebih parahnya lagi, Claire masih belum tahu kalau Doug adalah komplotan penjahat yang pernah menyanderanya. Salah satu film terbaik dari Ben Affleck.

17. Donnie Darko (2001)

Film Detektif Wajib Nonton Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Seorang remaja (Donnie Darko) punya hidup yang bermasalah dan memiliki kebiasaan sleepwalking (berjalan sambil tidur). Suatu hari ia terbangun dan mendapat petunjuk dari dunia astral kalau dunia akan segera kiamat.

Karena dianggap pikirannya sedang terganggu, tak ada orang yang percaya dengan omongannya termasuk dokternya sendiri. Keadaan semakin rumit ketika Donnie berteman dengan makhluk astral yang mengaku bisa melihat masa depan. Salah satu film yang punya ending yang sulit dijelaskan hingga sekarang.

18. Before the Devils Knows You’re Dead (2007)

Film Detektif Wajib Nonton Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Seorang makelar yang terlilit hutang, sedang membutuhkan uang cepat. Dia mengajak adiknya untuk melakukan kejahatan dengan merampok toko perhiasan milik orang tua mereka sendiri. Karena orang yang disuruh untuk merampok tokonya itu goblok, rencana perampokan berubah menjadi sangat kacau. Pihak dari keluarga memutuskan untuk mengambil jalur hukum dan memburu pelaku perampokan.

Pihak keluarga tidak sadar kalau para penjahatnya justru adalah putra mereka sendiri. Film yang keren dan membuat kamu bersyukur karena masih punya umur untuk menontonnya. Ini adalah film terakhir dari sutradara Sidney Lumet.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #detektif #film #movie
Share

Pilihan editor