Share this
Share

4 shares

4 Fenomena Hebat Yang Hanya Dilihat Manusia Cuma Sekali Dalam Hidup

22 October 2017
Fenomena Hebat Yang Hanya Dilihat Manusia Cuma Sekali Dalam Hidup Cerpin Com 6

Komet west tahun 1976

Manusia telah menduduki bumi ini sejak lama dan menusia telah melihat dan banyak sekali mukjizat dan fenomena Tuhan yang maha kuasa. Beberapa fenomena alam memang kerap kita lihat di kehidupan sehari-hari seperti hujan, kilat, badai, bahkan bencana alam. Bencana alam yang sifatnya merugikan manusia dapat kita lihat berulang kali meskipun kehadirannya tidak diinginkan orang. Inilah yang disebut fenomena alam, seperti siklus pergantian musim dari tahun ke tahun, dan pergantian hari dari siang ke malam. Setiap manusia yang dilahirkan ke bumi sudah dipastikan dapat melihat fenomena alam seperti ini.

Beberapa hal yang dunia ini dapat terulang kembali, sebagian lain ada yang tak terulang lagi, karena benar-benar langka. Kejadian langka ini sama saja dengan kematian yang datang kepada tiap manusia hanya sekali. Kejadian ini bisa seperti fenomena komet yang hanya datang dalam satu generasi manusia, dan tak akan pernah terulang kembali atau bencana alam yang besar dan mahadasyat. Apapun fenomena tersebut, ada yang dapat kita kagumi dan ingin kita hindari.

Dan untuk kita yang hidup di zaman sekarang rupanya kita tak seberuntung orang-orang zaman dulu karena sudah pernah melihat fenomena ini, fenomena yang hanya datang dalam satu kali kehidupan, dan tak akan pernah muncul lagi di masa mendatang.

Inilah beberapa daftar fenomena langka tersebut!

1. Komet West

Fenomena Hebat Yang Hanya Dilihat Manusia Cuma Sekali Dalam Hidup Cerpin Com 1

Komet West

Komet yang terlihat pada bulan Maret tahun 1976 dinamai oleh orang yang pertama kali melihatnya, sekaligus seorang astronom Richard West. Komet West adalah pemandangan yang luar biasa di kala itu dengan membawa sinar yang lebih terang dari Jupiter yang terlihat dari bumi. Meski mengesankan, komet ini sangat langka bukan karena kecerahan sinarnya namun periode orbitnya yang sangat lama.

Beberapa peristiwa komet adalah peristiwa sekali dalam seumur hidup, namun tak semuanya menjadi peristiwa yang tak dapat dilihat kembali, seperti Komet Halley yang terkenal, yang mengorbit setiap 76 tahun sekali, terakhir terlihat tanggal 9 Februari 1986, dan akan muncul lagi pada tanggal 27 juli 2061. Namun rupanya untuk komet west sangat istimewa kemunculan, karena sangat tidak memungkinkan untuk kita manusia dapat melihatnya kembali. Komet west diperkirakan mengorbit setiap 250.000 tahun sekali, namun ini baru asumsi dan angka ini sama sekali tidak pasti. Yang sangat disayangkan, komet west tidak dilaporkan dengan baik oleh media. Beberapa dari mereka yang pernah melihatnya di tahun 1976 mungkin bisa bersyukur karena tak ada dari ktia yang hidup di zaman ini yang dapat melihat komet ini lagi.

Fenomena Hebat Yang Hanya Dilihat Manusia Cuma Sekali Dalam Hidup Cerpin Com 6

Komet West di tahun 1976, tak akan pernah terulang lagi, tak akan!

2. The Carrington Event, fenomena auora terpanjang dalam sejarah bumi

Fenomena Hebat Yang Hanya Dilihat Manusia Cuma Sekali Dalam Hidup Cerpin Com 2

The Carrington Event adalah sebuah fenomena badai geomagnetik yang disebabkan oleh radiasi energi matahari yang besar (solar flare). Fenomena langka ini pernah terjadi pada jam 11.25 PM (malam hari), di tanggal 1 September 1859. Energi tersebut diamati oleh Richard Carrington dan menabrak magnetosfer bumi keesokan paginya, menerangi langit yang dipenuhi dengan aurora panjang yang terlihat sampai ke selatan ke negara Jamaika. (kapan lagi orang di Jamaika bisa lihat aurora gratis coy!).

Kabarnya di tahun 1859 yang mana listrik saja masih jarang, orang-orang dapat membaca koran di malam hari karena diterangi cahaya aurora.

Fenomena Hebat Yang Hanya Dilihat Manusia Cuma Sekali Dalam Hidup Cerpin Com 5

The Carrington Event

Hal menarik yang terjadi saat peristiwa ini berlangsung adalah kabel telegraf di seluruh dunia menjadi konslet dan terbakar. Namun ketika terputus dari sumber power, telegraf tersebut masih bisa mengirim pesan karena arus listrik yang diakibatkan oleh The Carrington Event di angkasa. Pada zaman itu, tentu belum ada yang sadar radiasi energi yang terjadi akibat solar flare (badai matahari). Peristiwa ini tentu membawa dua hal apabila terjadi di zaman sekarang, pertama musibah, karena, peristiwa ini akan menyebabkan kerugian senilai (yang diperkirakan) 13 kuadriliun (13 ribu TRILIUN RUPIAH!).

Yang kedua, fenomena langka ini adalah hal yang sangat jarang sekali terjadi, dan akan menciptakan momentum yang indah untuk seluruh umat manusia terutama mereka yang tinggal di garis khatulistiwa dan selatan bumi karena kita tak perlu repot-repot pergi ke islandia, norwegia hanya untuk melihat aurora.

3. Air terjun Niagara yang mengering

Fenomena Hebat Yang Hanya Dilihat Manusia Cuma Sekali Dalam Hidup Cerpin Com 3

Air terjun Niagara yang sedang kering

Air terjun raksasa di Kanada ini memang sudah sangat terkenal. Pemandangannya yang bagus lengkap dengan patung Nikola Tesla yang berdiri gagah menghadap air terjun disana. Kenapa patung Tesla ada di air terjun Niagara? Karena pada tahun 1896, Tesla adalah manusia modern paling jenius yang pernah hidup di bumi ini dan orang pertama yang membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) pertama dari air terjun niagara. Menurut data saintifik biasanya air terjun niagara mengalir dengan kecepatan sekitar 567.800 liter per detik. Namun yang tak banyak diketahui orang, air terjun yang menjadi ikon kanada dan amerika ini pernah mengering selama beberapa bulan pada tahun 1969.

Fenomena Hebat Yang Hanya Dilihat Manusia Cuma Sekali Dalam Hidup Cerpin Com 7

Nikola Tesla, sang legenda yang masih berdiri di air terjun Niagara

Pengeringan yang dilakukan adalah untuk mengakomodasi perbaikan dan pelestarian area wisata ini. Namun air terjun niagara yang kering yang jarang-jarang terjadi justru menyebabkan peningkatan pengjunjung yang ingin sekali melihatnya.

Tercatat ada sekitar 80 ribu orang yang berkunjung hanya dalam satu akhir pekan. Beberapa dari mereka bahkan bisa berjalan di dasar sungai yang kering, meski ada peringatan polisi bahwa hal itu berbahaya. Pekerjaan akhirnya selesai, dan airnya dilepaskan. Banyak yang mengharapkan gelombang air yang deras, namun sebaliknya, air tersebut dilepaskan secara bertahap sampai alirannya kembali normal.

Dan sejak tahun 1969, air terjun niagara terus mengalir hingga sekarang, belum diketahui pasti kapan air terjun niagara kan dikeringkan kembali. Kalau dikeringkannya di zaman sekarang, pasti bakal banyak meme yang bermunculan.

4. Badai raksasa di samudera Atlantik

Fenomena Hebat Yang Hanya Dilihat Manusia Cuma Sekali Dalam Hidup Cerpin Com 4

Badai Katrina

Badai adalah kejadian yang cukup umum di Atlantik, dengan rata-rata 12 badai tropis dan enam angin topan per musim, namun sejak 1974, hanya ada sembilan badai tropis yang telah diamati di Atlantik Selatan.

Namun, salah satu badai tropis Atlantik langka yang sudah diperkirakan kemunculannya. Badai tersebut akhirnya berkembang menjadi badai yang terkenal dengan nama “badai Katrina”. Badai ini adalah satu-satunya badai yang pernah tercatat berada di Atlantik Selatan. Dinamai secara tidak resmi oleh ahli meteorologi Brasil, badai ini mencapai kecepatan angin 127 kilometer per jam (85 mph), merusak 36.000 rumah, dan menewaskan setidaknya tiga orang. Karena jarangnya kejadian ini, badai katrina adalah badai yang kedatangannya tak bisa diperkirakan dengan pasti atau mungkin saja tak ada lagi orang yang melihatnya di masa mendatang (semoga).

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #badai #komet #nikola esla #storm
Share

Pilihan editor