Share this
Share

6 shares

10 Fenomena Alam Mengerikan Yang Mampu Membunuhmu

3 June 2017

Fenomena Alam Mengerikan Yang Mampu Membunuhmu

Planet bumi kita ini adalah rumah bagi banyak sekali fenomena alam. Fenomena alam ada yang tidak berbahaya dan ada juga yang berbahaya. Dari semua fenomena tersebut, meskipun berasal dan terbentuk dari bumi itu sendiri, ternyata mampu untuk membunuh dan menghancurkan apapun.

Seperti badai yang walau kadang orang suka melihatnya dari kejauhan, namun fenomena alam ini tentu dapat dengan mudah membunuhmu. Inilah 10 fenomena alam mengerikan yang mampu untuk membunuhmu. Walau sebagian tanpa ada yang kita sadari.

Fenomena Alam Mengerikan Yang Mampu Membunuhmu

1. Waterspout (Angin tornado di atas air)

Waterspout (Angin tornado di atas air)

Fenomena alam di atas air

Para ahli cenderung untuk setuju kalau waterspout adalah sama saja dengan badai tornado. Namun bedanya waterspout adalah badai yang terjadi di atas air. Angin tornado, semua orang juga tahu kalau fenmena alam ini berbahaya. Tidak jauh beda dengan waterspout, fenomena yang bisa kita temui di laut ini pun dapat menenggelamkan dan merusak kapal dengan mudahnya. Fenomena waterspout biasa ditemukan di air tropis.

2. Volcanic Eruptions (Letusan gunung merapi)

Volcanic Eruptions (Letusan gunung merapi)

Salah satu fenomena alam paling berbahaya

Meletusnya gunung merapi pastinya adalah salah satu fenomena yang juga paling berbahaya di bumi ini. Hal ini juga ada sangkut pautnya dengan Indonesia. Secara geografis Indonesia adalah negara yang memiliki daerah terbanyak yang dilewati oleh titik-titik gempa yang tersebar di seluruh nusantara. Ditambah lagi Indonesia juga memiliki 3 lempeng teknonik di sebelah selatan, timur dan utara. Maka tak heran kalau gempa yang terjadi di Indonesia juga dapat menjadi pemicu terjadinya letusan gunung merapi.

3. Supercell

Supercell

Fenomena alam mengerikan di udara

Supercell adalah jenis dari sebuah badai petir besar yang memiliki mesocyclone. Mesocyclone (meso + siklon) adalah daerah rotasi atmosfer vertikal dalam badai supercell. Dalam proses pergerakan udara yang luar biasa besar ini, badai supercell memiliki kemampuan untuk mengangkat objek apapun yang ditemuinya, bisa itu mobil, manusia, bahkan rumah pun diangkatnya masuk ke dalam pusaran angin sebelum dihantam dengan keras menuju tanah.

4. Squall Line

Squall Line

Squall Line adalah jenis lain dari badai petir yang merupakan pembentukan sebuah formasi awan yang meluas. Pada awal abad 20, orang-orang hanya menyebutnya dengan istilah “cold front”. Walaupun sekilas terlihat mengesankan, namun ternyata fenomena ini juga berbahaya. Badai jenis cenderung membawa hujan es, petir yang terus-menerus dan angin yang kencang.

5. Polar Vortex

Fenomena Alam Mengerikan Yang Mampu Membunuhmu

Fenomena alam di musim dingin

Polar Vortex adalah genangan air dingin yang besar dan menetap pada suatu daerah selama musim dingin. Fenomena semacam ini umumnya dapat menimbulkan angin yang kuat dan sekencang jet yang mampu untuk merobek atap rumah dan membawa hawa dingin yang intens pada musim dingin.

6. Landslide (Tanah longsor)

Fenomena Alam Mengerikan Yang Mampu Membunuhmu

Tanah longsor memang tak terjadi setiap hari. Tapi ketika terjadi, setiap orang pasti mengetahuinya. Tanah longsor disebabkan oleh pengaruh gravitasi dan cenderung untuk bisa membunuh banyak manusia setiap tahun dan yang lebih berbahaya lagi, bebatuan yang berada di atas bukir dapat menuruni lereng dan mengancam penduduk yang tinggal di pemukiman bawah.

7. Hailstorm (Hujan es yang disertai angin ribut)

Fenomena Alam Mengerikan Yang Mampu Membunuhmu

Untuk warga yang terbiasa daerahnya dihantam hujan es mungkin tak begitu menghiraukan ketika fenomena ini datang. Pada umumnya es yang turun ketika hailstorm tidaklah berukuran besar untuk dapat membahayakan manusia. Namun bayangkan ketika hujan es yang disertai dengan puluhan ribu puing es yang tidak beraturan bentuk dan ukurannya, ada yang besar dan kecil, mungkin sudah cukup untuk dapat menghancurkan makhluk hidup yang mengenainya.

8. Flammable Ice Bubbles

Fenomena Alam Mengerikan Yang Mampu Membunuhmu

Fenomena “Flammable Ice Bubbles” biasanya tidak begitu populer, namun alangkah lebih baik bila mengetahuinya. Fenomena ini adalah kumpulan es beku yang terperangkan di bawah permukaan air es. Yang menjadi berbahaya adalah kumpulan es ini mengandung gas metasa yang mudah meledak. Ketika mereka muncul ke permukaan dan meledak, metana pun keluar dan menguap ke atmosfir, yang mana mampu untuk membunuh apapun yang berada di sekitarnya.

9. Extreme Heat Waves (Gelombang panas)

Fenomena Alam Mengerikan Yang Mampu Membunuhmu

Gelombang panas adalah sebuah jangka waktu di mana panas yang berlebihan dan kelembaban yang tinggi sudah melebihi batas di sebuah area. Gelombang panas yang tinggi cenderung untuk membuat orang menjadi pingsan, dehidrasi, bahkan stroke.

10. Dust Storms (Badai pasir)

Dust Storms (Badai pasir)

Badai pasir atau badai debu, adalah fenomena yang fenomena yang terkenal di daerah yang kering dan berpasir. Biasanya terjadi di padang pasir atau tempat yang dekat dengan padang pasir. Badai ini muncul setelah angin kencang yang bertiup dan pengaruh dari angin ini akan meniup gumpalan pasir dan debu untuk berkumpul dalam gelombang angin. Badai ini menyebabkan gelombang besar dan menutupi segala sesuatu dan tempat yang dihantamnya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #alam #fenomena #polar vortex #supercell #tornado #waterspout
Share

Pilihan editor