Share this
Share

1 shares

25 Fakta Yang Lo Belum Tahu Tentang Nirvana Part 2

3 June 2017

Tahun ini genap sudah ulang tahunnya Kurt Cobain yang ke 50, semenjak ia meninggal di usia 27 tahun. Dalam kesempatan ini, cerpin.com ingin memberikan 25 hal yang jarang diketahui orang tentang sejarah dari icon musik grunge dari band legendaris Nirvana ini.

Baca dulu : 25 Fakta Yang Lo Belum Tahu Tentang Nirvana Part 1

5. Nirvana dulu punya 4 personil dan Album pertama mereka dibuat hanya dengan biaya 8 juta

25 Fakta Yang Lo Belum Tahu Tentang Nirvana Part 2

Di album pertama, Nirvana punya gitaris kedua, Jason Everman yang tergabung dalam band. Namun Jason Everman tidak bermain di album Bleach, melainkan hanya untuk menambahkan suara instrumen saat proses mix setelah rekaman dan menjalani tur. Jason juga adalah orang yang membiayai proses rekaman album pertama Nirvana yang seharga $606.17 atau sekitar 8 juta rupiah, karena pada waktu itu Jason adalah satu-satunya orang yang memiliki pekerjaan dengan bayaran tetap. Namun sayangnya Jason memiliki sikap pendiam yang cukup bentrok dan berbanding terbalik dengan wataknya Kurt Cobain, sehingga selama menjalani tur, mereka jarang ngobrol satu sama lain yang membuat mereka tidak memiliki chemistry di dalam band.

Everman akhirnya gagal meneruskan karir di Nirvana dan berlanjut menjadi pemain bass untuk Soundgarden yang saat itu belum sesukses sekarang. Jason Everman pernah masuk majalah The New York Times, profile dirinya dimuat disana karena ia pada akhirnya menjadi tentara Amerika, Special Forces, dan sempat menjalani tugas di Afghanistan dan Iraq. Ia juga satu-satunya personil di Nirvana yang mendapatkan gelar sarjana di bidang filosofi dari Universitas Columbia.

6. Lagu “Smells Like Teen Spirit” terinspirasi dari deodorant pacarnya Kurt Cobain dan alkohol

Setelah pesta minum-minum di suatu malam, Kurt Cobain dan Dave Grohl ngumpul bareng vokalis band Bikini Kill, Kathleen Hanna dan drummernya, Tobi Vail. Pesta pun berlanjut, sampai Hanna menuliskan tulisan di dinding rumah Kurt, “Kurt smells like teen spirit”, yang karena pada malam itu Kurt baru saja memakai deodoran milik Vail, pacarnya Cobain pada waktu itu. Kurt memakainya hanya karena iseng. Akhirnya Cobain suka dengan frasa yang dituliskan tersebut dan membuat lagu dengan judul yang sama.

7. Suara riff gitar “Smells like teen spirit” nyontek dari The Pixies dan dari lagu “More than a feeling.”

The Pixies adalah band yang menjadi inspirasi Kurt Cobain dalam menulis lagu. Cobain mengakui kalau ia ingin membuat NIrvana mengikuti gaya Pixies. Dan pada konser Nirvana di tahun 1992 di Reading, ia juga mengakui kalau lagu “Smells like teen spirit” punya kemiripan suara dengan lagunya Boston, “More than a feeling”.

8. Ketika Cobain melihat dirinya di TV untuk pertama kali, ia memanggil nama ibunya.

25 Fakta Yang Lo Belum Tahu Tentang Nirvana Part 2

Video klip “Smells like teen spirit” pertama kali disiarkan MTV di program 120 minutes pada hari minggu, 29 September 1991. Dalam video dokumenter, Cobain melihat dirinya masuk TV di video klip tersebut di sebuah kamar hotel di Roger Smith Hotel, New York City, dan dia bilang, “Ibu, itu saya.”

Lanjut : 25 Fakta Yang Lo Belum Tahu Tentang Nirvana Part 3

Berikan komentarmu

Related articles

 #nirvana
Share

Pilihan editor