Share this
Share

2 shares

25 Fakta Yang Lo Belum Tahu Tentang Nirvana Part 1

3 June 2017

25 Fakta Yang Lo Belum Tahu Tentang Nirvana Part 1

Tahun ini genap sudah ulang tahunnya Kurt Cobain yang ke 50, semenjak ia meninggal di usia 27 tahun. Dalam kesempatan ini, cerpin.com ingin memberikan 25 hal yang jarang diketahui orang tentang sejarah dari icon musik grunge dari band legendaris Nirvana ini.

1. Kurt Cobain Drop out dari SMA, kemudian bekerja sebagai cleaning service.

25 Fakta Yang Lo Belum Tahu Tentang Nirvana Part 1

Tak banyak yang tahu kalau Kurt Cobain pernah menjadi cleaning service dalam sebuah gedung sekolah tak lama setelah ia berhenti SMA. Kalau kalian perhatikan, di videoclip “SMells like teen spirit” ada seorang cleaning service yang berjoget seolah merepresentasikan sekaligus mengandung lelucon tentang pekerjaan Kurt Cobain di masa lalu. Coba liat lagi deh.

2. Cewe dalam lagu “About a girl”

25 Fakta Yang Lo Belum Tahu Tentang Nirvana Part 1

Hal paling menarik dari lagu “About a girl” adalah judulnya yang simple. Chad Channing, adalah drummer Nirvana sebelum ada Dave Grohl, ia pernah bertanya pada Kurt, tentang apa lagu “About a girl” yang mana artinya memang “Tentang perempuan”. Cobain hanya menjawab, “Kenapa tidak kita namakan saja seperti itu?”

Cewe yang ada dalam lagu “About a girl” adalah pacarnya Kurt, Tracy Marander. Ia bahkan tidak tahu siapa perempuan dalam lagu “About a girl” sampai ia membaca sebuah biografi Nirvana yang berjudul “Come as You Are: The Story of Nirvana” empat tahun kemudian.

3. Setidaknya ada lima orang yang pernah menjadi drummer Nirvana sebelum Dave Grohl

25 Fakta Yang Lo Belum Tahu Tentang Nirvana Part 1

Cobain dan Novoselic adalah dua orang member asli dari band Skid Row (yang kemudian mereka menggantinya menjadi “Nirvana”).

Tapi tahukah kamu kalau Nirvana sebenarnya punya lima orang yang pernah mengisi posisi drummer sebelum adanya sosok Dave Grohl yang kita kenal selama ini?

Sebelum Dave Grohl, Nirvana punya drummer yang bernama Aaron Burckhard, yang dipecat karena melawan polisi dan membuat mobil Kurt disita. Kemudian ada Dale Crover yang membantu membuatkan demo pertama sebelum mereka pindah ke San Francisco.

Kemudian Nirvana merekrut drummer baru, Dave Foster, yang kemudian ditangkap polisi karena menganiaya anaknya walikota Cosmopolis di Washington. Kemudian seorang teman mengenalkan mereka kepada Chad Channing, yang menetap di Nirvana selama dua tahun sampai akhirnya ia berhenti dan keluar dari Nirvana. Drummer dari band Mudhoney, Dan Peters juga mencoba masuk Nirvana dan membuat single “Silver”.

Kembali ke Washington, drummer Dale Crover kembali ke Nirvana untuk manggung bersama Cobain dan Novoselic untuk beberapa tour di event Sonic Youth, Agustus 1990. Di bulan sebelumnya, band yang bernama “Scream” bubar dan membuat para personilnya mencari band baru. Buzz Osbourne dari Melvins memperkenalkan drummer dari band Scream tersebut kepada Cobain dan Novoselic, dan disaat itulah akhirnya mereka berhenti mencari drummer baru, karena drummer yang berasal dari band yang baru bubar tersebut bernama “Dave Grohl”.

4. Single pertama Nirvana adalah sebuah cover.

Mungkin kamu tidak pernah menyangka kalau single pertama yang dikeluarkan NIrvana “Love Buzz” adalah lagu cover dari musisi aslinya, yaitu band asal Belanda Shocking Blue.

Lanjut : 25 Fakta Yang Lo Belum Tahu Tentang Nirvana Part 2

Berikan komentarmu

Related articles

 #kurt cobain #nirvana #sejarah
Share

Pilihan editor