Share this
Share

4 shares

7 Fakta Unik Kota Stockholm Swedia Yang Perlu Kamu Tahu

15 January 2018

Kota yang menjadi ibukotanya Swedia ini berada di atas pulau dan dilintasi oleh perbukitan. Menjadikannya sebagai salah satu kota favorit yang ingin dikunjungi wisatawan seluruh dunia. Gaya kotanya meliputi desain Skandinavia modern dan kalau kita kesana pasti banyak melihat jalan-jalan yang lebar yang terlihat lurus seperti di negeri dongeng. Di stockholm kita bisa melihat yang namanya Laut Baltik bertemu dengan Danau Mälaren.

Ya, kota Stockholm memang berada di tepi laut, sangat indah pemandangannya, memanjakan mata siapapun yang pergi kesana. Kalau di musim dingin, Swedia hanya memiliki enam jam terkena sinar matahari, dan 18 jam di musim panas. Berikut adalah 7 fakta unik tentnag Stockholm, ibukota Swedia yang dijuluki Venesia dari utara.

Fakta unik kota Stockholm yang perlu kamu tahu

1. Nama “Stockholm” didapat semenjak zaman viking di Eropa

Fakta Unik Kota Stockholm Swedia Yang Perlu Kamu Tahu

Nama Stockholm berasal dari kata “stock” yang berarti log dalam bahasa inggris yang artinya batang kayu dan holm yang berarti “pulau kecil”. Rumor mengatakan kalau di zaman dahulu ketika bangsa Viking mencoba untuk menentukan lokasi pemukiman baru, waktu itu menggunakan stock (batang kayu) yang terikat dengan emas, bagian kayu yang berat sebelah menunjukan sebuah kota yang berada dekat dengan air. Disitulah Stockholm.

2. Beauty on the water

Fakta Unik Kota Stockholm Swedia Yang Perlu Kamu Tahu

Kota Stockholm dibangun di atas 14 pulau, terhubung dengan 57 jembatan, yang akhirnya terkenal dengan nama “Beauty on the water”.

3. Stockholm dan hadiah Nobel

Fakta Unik Kota Stockholm Swedia Yang Perlu Kamu Tahu

Hadiah Nobel dalam fisika, kimia, kedokteran, sastra telah dilakukan di kota Stockholm setiap tahun semenjak tanggal 10 Desember 1901. Tanggal 10 Desember adalah hari kematian ahli kimia Swedia yang bernama Alfred Nobel. Penghargaan Nobel yang dirayakan tiap tahun adalah permintaan terakhir Alfred sebelum dia wafat.

4. Stockholm dan tradisi fika

Fakta Unik Kota Stockholm Swedia Yang Perlu Kamu Tahu

fika

fika adalah sebuah tradisi di Swedia, biasanya dilakukan oleh orang-orang lokal untuk menghormati tamu. Apabila ada orang Swedia yang mengajak fika kepada turis asing, itu adalah istilah untuk mengajak orang tersebut minum kopi, bersantai dan kadang-kadang makan kue juga.

5. Tingkat literasi orang Swedia adalah yang salah satu yang tertinggi

Fakta Unik Kota Stockholm Swedia Yang Perlu Kamu Tahu

Tingkat literasi orang Swedia adalah 99 persen, yang man artinya hampir semua orang yang ditemui di Swedia, bahkan semua orang yang kamu temui di Stockholm adalah orang yang bisa membaca. Ada sekitar 4 juta buku yang dipinjamkan gratis setiap tahunnya dari perpustakaan di Stockholm.

6. Mamma Mia!

Fakta Unik Kota Stockholm Swedia Yang Perlu Kamu Tahu

Mamma Mia: adalah sebuah museum di Stockholm yang didedikasikan untuk grup vokal legendaris ABBA. Para pengunjung dapat pergi ke tempat ini dan melihat sejarah grup yang sudah terkenal dari tahun 70an. Semua properti yang ada hubungannya dengan ABBA ada disini seperti fashion, gadget, dan barang-barang antik lainnya. Yang paling mengesankan lagi, para pengunjung dapat juga bernyanyi satu panggung dengan ABBA sebagai anggota kelima yang kamu bisa nyanyi bareng ABBA yang ditampikan dengan hologram.

7. Stockholm Syndrome

Fakta Unik Kota Stockholm Swedia Yang Perlu Kamu Tahu

Kamu mungkin sering mendengar istilah “Stockholm Syndrome” atau barangkali tahu dari lagunya Muse. Istilah ini adalah ungkapan yang diciptakan oleh seorang ahli kriminologi bernama Nils Bejerot. Stockholm syndrome merujuk pada sebuah peristiwa penyanderaan selama enam hari dalam kasus perampokan bank terkenal di dunia, yaitu perampokan Norrmalmstorg Square Kreditbanken bank di tahun 1973.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #fakta #stockholm #swedia #unik
Share

Pilihan editor