Share this
Share

shares

25 Fakta Yang Lo Belum Tahu Tentang Nirvana Part 4

12 June 2017

Fakta Nirvana yang sebenarnya

Tahun ini genap sudah ulang tahunnya Kurt Cobain yang ke 50, semenjak ia meninggal di usia 27 tahun. Dalam kesempatan ini, cerpin.com ingin memberikan 25 hal yang jarang diketahui orang tentang sejarah dari icon musik grunge dari band legendaris Nirvana ini. Fakta nirvana yang pasti belum pernah lo baca dimanapun.

Baca dulu : 25 Fakta Yang Lo Belum Tahu Tentang Nirvana Part 3

13. Beberapa lagu di album Nevermind bercerita tentang Tobi Vail

fakta nirvana yang lo belum tahu

Penulis Charles R. Cross pernah punya akses untuk menyelidiki jurnal pribadinya si Cobain dan melihat-lihat halaman di buku itu tentang beberapa lirik lagu yang belum sempat dirilis. Tujuannya semata-mata untuk membuat buku biografinya Kurt Cobain di tahun 2001 yang berjudul Heavier Than Heaven. Dalam bukunya ia berteori kalau lagu-lagu di Nevermind terinspirasi dari Tobi Vail, mantannya Kurt Cobain yang putus beberapa bulan sebelum rekaman album tersebut. Bahkan lirik lagu “Smells Like Teen Spirit” itu bercerita tentang seorang wanita yang terlalu bosan dan percaya diri sepertinya sedang menceritakan Tobi. Sedangkan lagu “Drain you” dimulai dengan kalimat, “One baby to another said ‘I’m lucky to have met you”, mengutip apa yang pernah dikatakan Tobi sama Kurt Cobain.

14. Lagu “Polly” terinspirasi dari kisah nyata

fakta nirvana yang lo belum tahu

Kurt Cobain menulis lagu “Polly” pada tahun 1987 setelah membaca sebuah artikel tentang penyiksaan dan pemerkosaan seorang gadis berusia 14 tahun. Kurt memilih untuk menulis lagu itu dari sudut pandang gadis itu, dan ia memberikan nama “Polly” untuk membuat sebuah metafora seperti burung yang tak berdosa.
Setelah mendengarkan lagu Polly, Bob Dylan pernah berkomentar, “Nih bocah ternyata punya hati.”

15. Nirvana pernah diusir dari pesta perilisan album mereka sendiri

fakta nirvana yang lo belum tahu

Fakta nirvana soal pengusiran di pesta. Kalau yang ini kocak nih. Pada hari Jumat tanggal 13, Geffen record menggelar pesta perilisan album Nirvana di sebuah klub. Di pesta itu Kurt Cobain mulai bikin rusuh dengan ngomporin perang lempar makanan setelah melemparkan saus ke Krist Novoselic. Seorang security melihat ulah mereka dan merangkul Kurt dan Dave Grohl, sampai mengusir mereka berdua keluar.

Mungkin security tersebut tidak tahu kalau yang mereka usir itu member Nirvana. Ketiganya kemudian berdiri di gang di belakang klub dan berbicara dengan teman mereka melalui jendela, mereka pun berencana untuk memindahkan pestanya ke rumah seorang teman. Sebelum cabut, Kurt Cobain sempet iseng dengan menyemprotkan pemadam api ke klub tersebut sampai orang-orang di dalamnya harus dievakuasi.

16. Musisi “Weird Al” Yankovic pernah minta izin Nirvana buat menulis lagu berjudul “Smells Like Nirvana” untuk acara SNL

Fakta nirvana yang lain, Pada tanggal 11 Januari 1992 membuktikan bahwa Nirvana telah benar-benar membuat transisi yang belum pernah terjadi sebelumnya dari band punk underground sampai jadi supergrup yang paling digemari. Waktu itu Nevermind adalah album nomor 1 yang nangkring di chart album Billboard 200 pada masa itu. Band ini membuat debut SNL mereka yang menampilkan “Smells Like Teen Spirit”.

Di acara SNL (Saturday Night Live) waktu itu, seseorang datang ke Dave Grohl dan bilang kalau dia adalah teman dari “Weird Al” Yankovic, yang minta izin untuk buat lagu berjudul “Smells Like Nirvana”.

Berikan komentarmu

Related articles

 #fakta #musik #nirvana
Share

Pilihan editor