Share this
Share

4 shares

25 Fakta Yang Lo Belum Tahu Tentang Nirvana Part 3

3 June 2017

Fakta Nirvana yang sebenarnya

Tahun ini genap sudah ulang tahunnya Kurt Cobain yang ke 50, semenjak ia meninggal di usia 27 tahun. Dalam kesempatan ini, cerpin.com ingin memberikan 25 hal yang jarang diketahui orang tentang sejarah dari icon musik grunge dari band legendaris Nirvana ini. Fakta nirvana yang pasti belum pernah lo baca dimanapun.

Baca dulu : 25 Fakta Yang Lo Belum Tahu Tentang Nirvana Part 2

9. Nirvana pernah dituduh menjiplak lagu

fakta nirvana yang lo belum tahu

Apa kalian tahu fakta nirvana kalau mereka pernah dituduh menjiplak lagu?

Semuanya berawal dari tahun 1989, ketika lagu Nirvana yang berjudul “Negative Creep” yang lirik chorusnya, “Daddy’s little girl ain’t a girl no more,” sangat mirip dengan lirik dari lagu Mudhoney, “sweet young thing ain’t sweet no more.” Beberapa tahun kemudian Kurt Cobain pernah terpikirkan tentang hal tersebut dan mengingatkan manager mereka Danny Goldberg yang ingin membuat lagu “Come As You Are” sebagai single sesudah “Smells Like Teen Spirit.”

Saat itu Kurt ragu dengan lagu “Come As You Are” karena lagu itu sangat mirip dengan lagu “Eighties” dari Killing Joke. Dan kemudian hal yang diragukan Kurt benar, membernya Killing Joke pun sempat komplen sama lagunya Nirvana ini, tapi untungnya tidak sampai lewat jalur hukum. Alasan utama kenapa Killing Joke tidak membawa perkara ini lewat jalur hukum karena mereka juga merasa kalau lagu “Eighties” sendiri juga punya kemiripan dari lagu “Life Goes On” dari band The Damned yang dirilis tahun 1982.

Mungkin mereka juga sama-sama tahu dan sadar diri, kalau jiplak-menjiplak di dunia musik mungkin hal yang biasa. Kan ada pepatah yang bilang begini, “Seniman baik meminjam, seniman hebat mencuri”. Pada tahun 2003, band Killing Joke malah mengajak Dave Grohl untuk menjadi drummer mereka di album barunya.

10. Album Nevermind sebenarnya direncakan rilis lebih awal

fakta nirvana yang lo belum tahu

“In Bloom” bersamaan dengan lagu-lagu dalam album Nevermind yang lain seperti, Breed, Lithium, dan Polly adalah lagu-lagu yang sebenarnya dibuat untuk album tahun 1990 mereka bersama Sub Pop, label rekaman Nirvana waktu itu. Namun Sub Pop waktu itu sedang mengalami kebangkrutan yang mana akhirnya rekaman Nirvana diambil oleh Geffen records yang akhirnya berhasil mendapatkan royalti dari Nevermind.

11. Konsep asli dari Videoklip “Lithium” adalah kartun

Fakta nirvana yang lain, sebenarnya Cobain dan sutradara videoklip, Kebin Kerslake setuju dengan idenya Cobain kalau konsep videoklip “Lithium” adalah tentang cerita animasi seorang anak perempuan bernama Prego yang menemukan beberapa telur yang menetas.

Namun sayangnya, keduanya kemudian mengetahui kalau konsep tersebut membutuhkan waktu pengerjaan 4 bulan dan akhirnya mereka hanya menggunakan footage dari beberapa live performance-nya Nirvana untuk dijadikan videolip.

12. Suara-suara di album Nevermind adalah terinspirasi dari John Lennon

fakta nirvana yang lo belum tahu

Producer album Nevermind, Butch Vig sangat ingin kalau Kurt Cobain melakukan double track dalam vocalnya untuk lagu-lagunya terdengar lebih “garang” sehingga lagu-lagu dialbumnya tidak terdengar murahan. Vig saat itu tahu kalau Kurt cobain memang fans berat sama John Lennon, itulah sebabnya suara Kurt di album Nevermind seolah seperti mirip gaya menyanyinya John Lennon.

Kurt Cobain menolak idenya Vig dan Vig bilang kalau lagu-lagunya Nirvana seperti John Lennon yang menyanyikan, bukan Kurt.

Lanjut : 25 Fakta Yang Lo Belum Tahu Tentang Nirvana Part 4

Berikan komentarmu

Related articles

 #nirvana
Share

Pilihan editor