Share this
Share

shares

8 Fakta Menarik Tentang Album Thriller Michael Jackson Yang Langka

25 March 2018

Fakta Menarik Tentang Album Thriller Michael Jackson Yang Langka

Fakta album dari Thriller Michael Jackson dirilis pada tahun 1982. Album ini merupakan salah satu album terbaik dari King of PopMichael Jackson. Selain itu, Thriller juga salah satu album terlaris sepanjang masa di seluruh dunia. Album ini diakui resmi oleh para pengamat musik maupun kritiku. Dalam urusan penghargaan, Thriller telah dianugerahi 8 Grammy Awards yang memecahkan rekor.

Album ini sekaligus meluncurkan nama Michael Jackson ke papan atas top billboard dan semenjak itu dunia musik tidak pernah sama lagi. Dan sisanya adalah sejarah. Berikut adalah beberapa fakta tentang album Thriller, salah satu album terkeren sepanjang masa.

1. Michael Jackson pernah bermimpi punya album yang sukses

Fakta Menarik Tentang Album Thriller Michael Jackson Yang Langka

Michael Jackson di masa mudanya pernah bermimpi membuat album terlaris yang pernah ada. Dia ingin album Thriller sesukses musisi seperti Tchaikovsky, di mana setiap lagu dalam album adalah killer, hits yang tidak pernah mati. Mimpi MJ akhirnya terbukti setelah album Thriller ini dirilis pada tahun 1982.

2. Album Thriller hampir saja berjudul Midnight Man

Fakta Menarik Tentang Album Thriller Michael Jackson Yang Langka

Producer Michael Jackson saat itu, Quincy Jones meminta untuk membuat judul album. Salah satu staffnya, Rod Temperton pun menulis 200 hingga 300 judul di kamar hotelnya sebelum memutuskan nama Midnight Man. Hal itu dikarenakan orang tersebut memikirkan nama judul album di tengah malam. Keesokan paginya dia bangun dan seketika kata Thriller muncul di kepalanya. “Sesuatu di kepalaku baru saja berkata, dan ini judulnya.” kata Rod.

3. Lagu “Billie Jean” menceritakan tentang seorang cewek

Fakta Menarik Tentang Album Thriller Michael Jackson Yang Langka

Lagu Billie Jean terinspirasi oleh seorang cewek yang pernah memanjat tembok Michael Jackson. Cewek itu pernah menuduhnya sebagai ayah dari salah satu saudarinya. Producer MJ, Quincy Jones lebih menyukai judulnya diganti menjadi “Bukan kekasihku”. Dikarenakan untuk menghindari kebingungan kalau lagu itu tentang salah satu pemain tenis terkenal, Billie Jean King. Tapi Michael Jackson masih tetap ingin memakai nama “Billie Jean”, karena lebih mudah diingat sebagai judul lagu.

4. Album Thriller adalah salah satu album paling laris sepanjang masa

Fakta Menarik Tentang Album Thriller Michael Jackson Yang Langka

Album Thriller menyabet penghargaan grammy dan terjual 29 juta copy di seluruh dunia. Album keenam dari Michael Jackson ini adalah salah satu album terlaris sepanjang masa.

5. Lagu “Billie Jean” hampir membunuh Michael Jackson

Fakta Menarik Tentang Album Thriller Michael Jackson Yang Langka

Dalam buku autobiografinya, MJ menulis tentang waktu ia mengendarai Rolls-Royce-nya menyusuri Ventura Freeway selama istirahat sesi rekaman. Sambil menyetir, MJ mendengarkan lagu Bilie Jean. Dia terlalu memikirkan lagu itu sehingga dia tidak menyadari bahwa bagian mobilnya terbakar. Seorang memperingatkan dia dari motor kalau mobilnya ada masalah. Ini adalah momen dimana Michael Jackson hampir mati karena lagunya sendiri.

6. Eddie Van Halen yang memainkan “gitar solo” di lagu “BEAT IT”

Eddie Van Halen yang memainkan "gitar solo" di lagu "BEAT IT"

Tak banyak yang tahu kalau gitar solo di lagu Beat it, itu dibawakan oleh gitaris Eddie Van Halen dari band Van Halen. Eddie waktu itu ditawarkan untuk mengisi gitar solo di album Thriller. Ketika ia punya waktu luang dari jadwal kesibukan bandnya, Eddie menyempatkan diri untuk pergi ke tempat rekaman Michael Jackson. Pada saat itu tak seorangpun dari anggota band Van Halen yang tahu kalau Eddie rekaman bareng Michael Jackson.

7. Video klip thriller menghabiskan biaya 700 juta

Video klip thriller menghabiskan biaya 700 juta

Setelah menonton film An American Werewolf di tahun 1981, Michael Jackson punya ide untuk membuat video klip dengan tema yang sama. Pada waktu itu Michael Jackson meminta John Landis untuk sutradara di video klipnya. John Landis sendiri adalah sutradara dari film An American Werewolf. “Aku ingin berubah menjadi monster,” kata Michael Jackson pada John.

8. Michael Jackson mencantumkan nomor teleponnya di album Thriller

barcode MJ mencantumkan nomor teleponnya di album

Karena ketenararan yang luar biasa pada album Thriller, para fans selalu menyelidiki beberapa kemungkinan yang ada pada album tersebut. Sebuah rumor yang pernah berkembang waktu itu adalah barcode yang ada di album Thriller merupakan telepon rumah Michael Jackson.

Desas-desus itu pun menyebar hampir ke seluruh Amerika. Meskipun barcode tersebut memang “secara kebetulan” adalah nomor telepon. Namun sayangnya itu bukan nomor telepon MJ. Melainkan adalah nomor telepon sebuah salon di Washington. Pemilik nomor telepon itu pun mengaku ada sekitar 50 panggilan telepon per hari dari seseorang yang ingin bicara pada Michael Jackson.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #album #billie jean #eddie van halen #michael jackson #musik #thriller #van halen
Share

Pilihan editor