Share this
Share

1 shares

7 Fakta Menarik Tentang Museum Louvre Di Paris

25 August 2018

Museum Louvre, saksi sejarah paling terkenal di Eropa, dan rumahnya Mona Lisa

Museum Louvre adalah museum seni paling ikonik di dunia. Terletak di Paris, Louvre (nama aslinya adalah Musée du Louvre) telah menyimpan ribuan artefak budaya dan jutaan pengunjung sejak membuka pintunya di tahun 1793.

Tak heran kalau museum Louvre salah satu tempat yang paling sering dikunjungi orang kalau ke Paris.Selain menara Eiffel, orang selalu pergi kesini.Biasanya yang berkunjung pun gak harus orang yang ngerti seni, yang penting sekedar dateng dan mejeng foto di salah satu arsitektur segitiga paling keren ini.

Kalau kamu punya rencana pergi ke Perancis untuk melihat museum Louvre, pastikan untuk mengecek tujuh fakta ini tentang sejarah, dan keunikan museum yang berusia 225 tahun ini.

1. Louvre dahulu dikenal sebagai sebuah kastil

Fakta Menarik Tentang Museum Louvre Di Paris

Sebelum Raja Prancis Philip II pergi untuk Perang Salib pada tahun 1190, ia memerintahkan pembentukkan daerah Seine di sepanjang perbatasan barat Paris melawan antagonis apa pun. Penobatan struktur adalah istana yang menampilkan parit dan menara pertahanan; itu juga menjadi penjara karena tidak diinginkan.

Seiring berjalannya waktu, konstruksi lain membuat daerah ini menjadi lebih baik, sehingga mengurangi kebutuhan akan menara siap tempur.

Pada tahun 1500-an, Raja Francis I membangun kediamannya di tempat yang sama. Seorang pencinta seni, rumah Francis dan koleksi potongan-potongannya mengisyaratkan pembuatan tempat yang disebut Louvre. Akhirnya pada tahun 1793, Louvre pun diresmikan menjadi sebuah museum.

2. Louvre adalah studio raksasa untuk para seniman

Fakta Menarik Tentang Museum Louvre Di Paris

Sebelum seni ditampilkan secara terbuka untuk konsumsi publik, Louvre mengundang seniman untuk tinggal dan bekerja di tempat itu dan memperlakukan bangunan seperti retret kreatif.

Pada tahun 1608, Raja Henri IV mulai menawarkan seniman baik studio dan ruang hidup di Louvre. Mereka bisa memahat, melukis, dan umumnya melakukan apa yang mereka inginkan — tetapi pada abad ke-18, surplus para penghuni liar yang terhormat telah meninggalkan properti sedikit berantakan, dan residensi mereka akhirnya dihapus.

3. Louvre sempat diganti namanya oleh Napoleon

Fakta Menarik Tentang Museum Louvre Di Paris

Dinobatkan sebagai kaisar pada tahun 1804, Napoleon Bonaparte tidak berada di atas sedikit pemuasan diri. Setelah mempelopori transformasi Louvre, Napoleon pernah pula mengubah nama museum ini menjadi Musée Napoléon dan menggantung Mona Lisa di kamar tidurnya sendiri. Namun akhirnya masa-masa itu berakhir hingga kekalahannya pada tahun 1815. Dan museum itu berganti nama lagi menjadi yang sebelumnya.

4. Mona Lisa pernah dicuri dari Louvre

Fakta Menarik Tentang Museum Louvre Di Paris

Perampokan karya seni biasanya sering kita lihat dalam film saja, tapi untuk museum sekelas Louvre, ternyata pernah merasakan juga. Tak tanggung-tanggung, yang dicuri adalah lukisan terkenal Mona Lisa.

Pada tahun 1911, Mona Lisa sempat dicuri oleh komplotan perampok. Tiga orang menjebol sistem keamanan Louvre saat itu yang juga merupakan komplotan teknisi Italia. Mereka bersembunyi di museum semalaman, lalu menyingkirkan lukisan itu dari dinding dan berhasil lolos.

Salah satu dari mereka mencoba menjualnya lebih dari dua tahun kemudian, tetapi seorang pedagang yang mencurigakan menelepon polisi. Liputan media berikutnya dianggap sebagai salah satu alasan mengapa lukisan itu menjadi salah satu yang paling terkenal di dunia.

5. Louvre pernah ditutup karena maraknya pencopetan

Fakta Menarik Tentang Museum Louvre Di Paris

Pada 2013, hampir separuh dari 450 pegawai museum menolak untuk masuk kerja karena ada banyak sekali gangguan di museum tersebut, yaitu tukang copet. Para karyawan mengatakan bahwa para kriminal yang rata-rata remaja itu masuk secara gratis ke Louvre. Karena remaja yang masih berusia di bawah 18 tahun.

Mereka mengalihkan perhatian dan merampok wisatawan Amerika. Pihak berwenang sepakat untuk meningkatkan langkah-langkah keamanan, dan para karyawan museum kembali lagi ke tempat kerja mereka.

6. Louvrmake footer menus more clickable in responsive/mobile modee adalah tempat inspirasi bagi penyalin lukisan

Fakta Menarik Tentang Museum Louvre Di Paris

Beberapa museum di Eropa biasanya melarang pemalsuan karya seni dalam jenis apa pun, tetapi museum Louvre masih bisa menerima para seniman lain yang ingin mencoba meniru karya terkenal. Setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 1:30 malam, mereka yang disebut “penyalin lukisan” diizinkan untuk mempelajari lukisan saat mengerjakan replika karya mereka sendiri.

Daya tarik bagi para seniman adalah untuk mencoba mendapatkan wawasan tentang proses di balik karya tingkat tinggi. Namun dari pihak museum tetap bersikeras bahwa ukuran kanvas untuk melukisan tidak boleh persis sama, dan lukisan yang telah selesai tidak boleh ditandatangani.

7. Louvre punya aplikasi mobilenya sendiri untuk membantu para turis

Fakta Menarik Tentang Museum Louvre Di Paris

Dengan lebih dari 8 juta pengunjung setiap tahun, Museum Louvre bukanlah museum biasa yang dikunjungi orang kadang-kadang. Melainkan, museum ini adalah tempat yang padat dan sesak setiap hari dengan banyaknya wisatawan.

Karena tempatnya yang besar, para wisatawan suka merasa kebingungan untuk melihat arah dan tata letak dalam museum itu. Pada tahun 2016, pihak museum mulai mengeluarkan aplikasi mobile yang memandu wisatawan.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #louvre #museum #paris #perancis
Share

Pilihan editor