Share this
Share

shares

6 Fakta Freddie Mercury Dan Band Queen Yang Jarang Diketahui

22 May 2018

Fakta Freddie Mercury Dan Band Queen Yang Jarang Diketahui

Freddie Mercury yang mempunyai nama asli Farrokh Bulsara adalah musisi asal Inggris sekaligus frontman dari band legendaris Queen. Freddie diakui di dunia Rock n Roll sebagai sosok The Great Freddie Mercury, vokalis dengan suara lantang yang suaranya mencapai (hampir) 4 oktaf. Dia dan bandnya adalah pelopor musik revolusioner di masanya. Menyajikan musik dengan suara-suara aneh dan lirik yang misterius, itulah gaya Freddie. Berikut adalah 6 fakta tentang Freddie Mercury yang mungkin belum kamu ketahui selama ini.

1. Freddie adalah penganut agama Zoroastrianisme

Freddie berasal dari keluarga Parsi di Zanzibar yang mempraktikkan Zoroastrianisme, salah satu agama monoteistik tertua di dunia. Atau sering disebut sebagai agama “majusi”. Meskipun sudah bertahun-tahun tidak mempraktikan agamanya, Freddie dikremasi saat meninggal. Dan pemakamannya dilakukan oleh seorang imam Zoroaster.

Freddie adalah penganut agama Zoroastrianisme Majusi

2. Asal muasal nama band “Queen”

Queen adalah nama band yang dicetuskan sendiri oleh Freddie. Dia dan Roger Taylor, drummer Queen pernah bekerja di salah satu pasar di London, Kensington Market. Kebanyakan dari para pekerja disana adalah gay. Dari sini Freddie teringat nama Queen yang pada akhirnya dijadikan nama band. Kata “Queen” di Inggris bisa jadi multi tafsir, kalau disana kata Queen itu bisa jadi slang yang artinya “gay”.

Ada yang bilang kenapa Freddie memilih nama ini karena dia tidak mau mengakuinya secara langsung di depan umum.Seperti yang dibilang Brian May, Freddie itu orangnya suka menyimpan “rahasia”. Makanya sampai teman-temannya sendiri gak ada yang tahu kalau dia mengidap HIV sampai dia meninggal.

3. Freddie Mercury pernah bikin lagu bareng Michael Jackson

Freddie Mercury pernah bikin lagu bareng Michael Jackson

Menurut kabar yang berkembang, semasam hidup Freddie Mercury dan Michael Jackson sering kerja bareng. Bahkan mereka sempat merekam sejumlah lagu.

Antara tahun 1981 dan 1983 mereka merekam beberapa lagu bersama seperti State of Shock, Victory dan There Must Be More to Life Than This. Beberapa lagu tersebut memang tidak ada di album studio Queen. Tapi Freddie membuatnya terpisah dan dirilis pada album kompilasi mereka yang berjudul Queen Forever pada tahun 2014.

4. “Bohemian Rhapsody” adalah lagu pengabdian kepada setan

"Bohemian Rhapsody" adalah lagu pengabdian kepada setan

Salah satu lagu paling populer Queen, Bohemian Rhapsody ditulis sendiri oleh Freddie Mercury. Lagu ini memang salah satu lagu dengan lirik paling misterius sepanjang sejarah rock n roll. Banyak sekali terminology aneh dan absurd yang dimasukan ke dalam lagu ini. Parahnya, orang-orang pada suka sama lagunya, padahal gak ngerti artinya apa. Lirik Bohemian Rhapsody memng sarat akan hal-hal spiritual yang dialami sendiri oleh Freddie semasa hidupnya. Bohemian Rhapsody adalah lagu yang dibuat Freddie menceritakan “dirinya sendiri” yang sudah dipengaruhi setan.

Dalam wawancara oleh Blender magazine tahun 2002, gitaris Queen, Brian May pernah bilang begini:

“Freddie adalah orang yang sangat rumit. Memang kelihatan konyol dan lucu dari luar, tetapi dia menyembunyikan sesuatu yang tidak aman dan masalah dalam semasa hidup dari masa kecilnya. Dia tidak pernah menjelaskan lirik lagu itu, tapi saya pikir dia menceritakan tentang dirinya sendiri“.

Perhatikan lirik lagu berikut ini:

Mama, just killed a man
Put a gun against his head
Pulled my trigger, now he’s dead
Mama, life had just begun
But now I’ve gone and thrown it all away

Di awal lagu, Freddie menceritakan tentang membunuh seorang pria, meletakan pistol, dan menganggap kalau hidup ini baru saja dimulai.

Disambung dengan lirik But now I’ve gone and thrown it all away, kemudian dia pergi dan membuang semuanya untuk “hidup yang baru”.

Kalau dilihat seksama, penggalan seluruh lirik di atas menceritakan kalau Freddie sudah membunuh seorang pria, maksudnya memusnahkan sebuah jati diri. Orang yang dibunuh maksudnya adalah dirinya sendiri di masa lalu, meletakkan pistol dan menembakan kepadanya. Disini Freddie menjelaskan kalau dia sudah mengambil keputusan dengan meninggalkan kehidupan yang lama untuk “hidup yang baru”.

Penggunaan kata “Bismilaah”

Orang cenderung suka sama lagu Bohemian Rhapsody karena ada kata Bismillah. Kalau ada kata yang berhubungan dengan ke-arab-araban, berarti penyanyinya Muslim. Logika sederhananya, Freddie Mercury bilang Bismillah, nah berarti Freddie itu Muslim. Inilah bukti betapa “malasnya” manusia itu berfikir.

Bismillah berasal dari bahasa arab, b-ismi-llāh. Yang artinya “In the name of God”. Kata ini juga berasal dari kitab suci Al-Qur’an. Karena itu, Muslim mengucapkannya secara lengkap, b-ismi-llāh r-raḥmān r-raḥīm setiap kali beribadah. Karena contextnya beribadah, jadi God disini adalah Tuhan atau Allah.

Nah, sedangkan Freddie, hanya ngomong b-ismi-llāh, itu pun juga udah dipuji-puji dianggap sebagai Muslim, trus dinyanyiin lagunya biar keliatan keren. Sementara b-ismi-llāh yang dicupkan Freddie contextnya beda, bisa jadi God yang dimaksud itu bukan Tuhan. Dan lagipula penggunaan kata Bismillah sangat umum untuk Freddie yang besar di lingkungan keluarga Parsi yang juga dekat dengan lingkungan Muslim. Sama seperti di Arab, orang suka mengucap “Assalamualaikum”. Bukan berarti orang yang mengucapnya Muslim, itu karena kata “Assalamualaikum” sudah menjadi kata penyambut yang dominan. Kata Assalamualaikum sendiri sebenarnya boleh dipakai ke semua manusia, ga ngaruh agamanya apa. Fakta sebenarnya freddie mercury itu bukan Muslim.

Kemudian, perhatikan lagi penggunaan kata-kata di lirik lanjutannya yang ada di bagian bridge lagu:

Oh oh no, no, no, no, no, no, no
Oh mama mia, mama mia, mama mia let me go
Beelzebub has a devil put aside for me for me for me

Penggunakan kata Beelzebub di akhir lirik sangat menarik. Beelzebub adalah kata lain dari “setan” menurut Alkitab Matius.

Fakta Freddie Mercury Dan Band Queen Yang Jarang Diketahui

sumber : alkitab.sabda.org

Jadi, maksud Beelzebub has a devil put aside for me for me for me adalah, kalau Freddie sudah mendapatkan “hidayah” dari setan semenjak dia meninggalkan jati dirinya yang lama. Memulai kehidupan baru dan mendapatkan kekuatan spiritual dari setan. Seperti yang Freddie sendiri bilang, “Kalau dipanggung, gue ini setan!”.

Fakta Freddie Mercury Dan Band Queen Yang Jarang Diketahui

Hal ini terbukti dengan gaya hidupnya Freddie yang liar, glamor, suka gonta-ganti pasangan laki. Bahkan di pesta ulang tahunnya ke 39, Freddie membuat pesta orgy di Jerman yang para tamunya kebanyakan gay dan cowo yang berdandan pakai baju cewe.

Fakta Freddie Mercury Dan Band Queen Yang Jarang Diketahui

Kalau di film Bohemian Rhapsody, disitu digambarkan kalau lagu Bohemian Rhapsody adalah lagu yang revolusioner, kedengarannya aneh tapi seenggaknya laku di masyarakat. Bahkan sampai diperlihatkan anggota Queen lagi merekam lagu ini di studio mereka. Tapi di filmnya sendiri gak dikasih tau bagaimana lagu ini bisa dibuat. Ya harap maklum, karena kalau di film “Bohemian Rhapsody” itu hanya menampilkan yang bagus-bagusnya aja. Film Bohemian Rhapsody sendiri disutradarai sama Bryan Singer, sutradara film X-MEN yang juga sama-sama gay.

Fakta Freddie Mercury Dan Band Queen Yang Jarang Diketahui

5. “We Are the Champion” adalah lagu untuk selebrasi kaum Gay

"We Are the Champion" adalah lagu untuk selebrasi kaum Gay

Memang tidak dipungkiri kalau Freddie Mercury adalah penulis lagu yang hebat, unik, dan misterius. Beberapa lagu Queen yang sukses dibuat sendiri oleh Freddie. Namun ada satu lagu yang sepertinya jadi candu untuk semua orang. Lagu itu adalah “We Are the Champion” yang dirilis tahun 1977 dari album “News of the World”.

Lagu itu seketika melonjak ketenarannya karena pernah jadi lagu resmi piala dunia 1994. Makanya sampai sekarang orang cenderung ingat sama bola atau olahraga kalau dengerin lagu “We are the champion”. Padahal lagu itu gak ada hubungannya sama olahraga. (Apalagi winning eleven).

Baca aja sendiri lirik lagunya,

I’ve paid my dues
Time after time.
I’ve done my sentence,
But committed no crime.
And bad mistakes
I’ve made a few
I’ve had my share of sand kicked in my face
But I’ve come through.



We are the champions of the world!

Freddie besar di keluarga di mana homoseksualitas itu dilarang. Orang tua Freddie cukup religius, agamanya adalah Zoroasterian, yang secara historis mengutuk perilaku homoseksual. Masyarakat zoroaster pun tidak punya toleransi sama orang yang homoseksual seperti Freddie. Ia berjuang keras untuk membuat masyarakat, termasuk keluarganya menerima dirinya. Setelah mencapai tingkat kesuksesan, Freddie ingin memberi tahu orang seperti “dirinya” dengan lagu ini untuk memperjuangkan hak (LGBT) untuk menjalani kehidupan dengan caranya sendiri. Itulah fakta tentang Freddie Mercury.

6. Freddie Mercury adalah rocker yang ogah masuk surga

Freddie Mercury adalah rocker yang ogah masuk surga

Mungkin ini adalah hal yang sulit dipercaya. Tapi orang kayak Freddie Mercury dengan sombongnya lebih memilih ingin masuk neraka daripada surga. Dalam interview tahun 1985, Freddie mengaku kalau neraka jauh lebih baik daripada surga.

Percakapannya kira-kira begini:
Interviewer : emangnya anda yakin masuk surga?

Freddie : Saya gak mau masuk surga.

Interviewer : Kok gitu? Kenapa?

Freddie : No, neraka itu lebih baik. Coba pikirin orang-orang menarik yang bisa kamu temuin di bawah sana. (maksudnya neraka).

Kedengarannya memang aneh dan gila ketika pertama kali mengetahuinya. Namun fakta Freddie Mercury ingin masuk neraka memang bener adanya. Perlu bukti? interviewnya masih ada kok di youtube:

Nah, cukup segitu dulu beberapa fakta tentang Freddie Mercury dan Queen. Yang suka Queen silahkan dishare artikelnya. Tulisan ini sama sekali bukan menyinggung Queen fans. Mimin sendiri suka sama Queen, tapi fakta tetaplah fakta.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #freddie mercury #musisi #queen #rocker
Share

Pilihan editor