Share this
Share

3 shares

7 Fakta David Bowie Musisi Jenius Yang Kamu Gak Tahu

10 January 2018

Seperti yang sudah kita ketahui, industri musik kini sudah kehilangan salah satu seniman yang paling ikonik. Siapa lagi kalau bukan musisi kawakan dunia, David Bowie. Tanpa banyak diketahui orang, musisi ini meninggal dunia karena kanker hati pada tanggal 10 Januari 2016. Kematian Bowie mengejutkan penggemar musik di seluruh dunia, karena meninggal secara mendadak.

Kematian misterius David Bowie juga cukup mengherankan, yang juga didahului oleh kehidupannya yang sama misterius dan suka membuat orang heran. Musisi jenius ini akan selalu dirindukan para penikmat musik dunia, karyanya akan selamanya di dengar. Fakta David Bowie juga sempat menjadi trend ketika tahun 2016 ia berpulang. Inilah 7 hal yang mungkin belum kamu ketahui tentang Fakta David Bowie, kebetulan David Bowie ulang tahun tanggal 8 Januari.

Fakta David Bowie Musisi Jenius Yang Kamu Gak Tahu

1. David Bowie bukanlah nama asli musisi ini, ia menggantinya karena mirip nama musisi lain

Fakta David Bowie Musisi Jenius Yang Kamu Gak Tahu

Fakta David Bowie, musisi ini lahir di London pada tanggal 8 Januari 1947 dengan nama asli David Robert Jones. Ia memulai karir musiknya sejak remaja, namun ada satu masalah waktu itu, kebetulan seorang musisi bernama Davy Jones yang vokalisnya band The Monkees punya nama yang mirip.

Saat itu Davy Jones adalah musisi yang cukup beken namanya di industri musik. Bowie takut bakal ada yang kebingungan sama nama itu. Akhirnya musisi ini mengubah namanya menjadi David Bowie.

2. Matanya David Bowie ternyata “bukan” heterochromia (dua mata yang beda warna)

Fakta David Bowie Musisi Jenius Yang Kamu Gak Tahu

Karena banyak orang yang suka memperhatikan matanya david bowie yang berbeda, banyak yang sok tau kalau Bowie punya “heterochromia“. Heterochromia adalah suatu kondisi genetik kalau orang punya warna mata yang berbeda satu sama lain. Ternyata itu bukan heterochromia, warna mata bowie aslinya adalah biru. Mata yang berbeda itu adalah karena aniscoria, suatu kondisi lain yang bisa diartikan sebagai pupil mata yang melebar secara permanen.

Waktu umur 15 tahun, bowie pernah dipukulin sama temannya, George Underwood karena berantem gara-gara cewek. Kedua orang ini malah berkolaborasi musik termasuk melahirkan album terkenal bowie yang berjudul The Rise and Fall of Ziggy Stardust and the Spiders from Mars.

3. Lagu Space Oddity dirilis diwaktu yang sangat tepat. Tepat sama pendaratan di bulannya Apollo 11

Fakta David Bowie Musisi Jenius Yang Kamu Gak Tahu

Pada tanggal 11 Juli 1969, david bowie mengeluarkan single yang berjudul “Space Oddity”. Stasiun tv BBC menggunakan lagu yang baru dirilis itu untuk dijadikan soundtrack pendaratan Apollo 11 di bulan. Timing-nya tepat banget kan? Ya gak heran kalau single itu akhirnya langsung melejit dan jadi hits di Inggris tahun 1969.

4. Inspirasi bermusik David Bowie adalah orang yang punya gangguan mental

Fakta David Bowie Musisi Jenius Yang Kamu Gak Tahu

Pada tahun 1985, Bowie punya saudara angkat yang bernama Terry Burns. Orang ini sedang berjuang mengatasi masalah kesehatan mental sepanjang hidupnya. Ia pernah melarikan diri dari rumah sakit tempat dia dirawat dan akhirnya mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Dalam buku biografi David Bowie yang ditulis Nicholas Pegg, mengungkapkan bahwa saudara angkat Bowie cukup berdampak pada penulisan lagu-lagu Bowie. Dia adalah orang yang menjadi inspirasi untuk sejumlah lagunya, termasuk “Aladdin Sane”, “All the Madmen”, dan “Jump They Say”.

5. Karena jadi Ziggy Stardust, David Bowie dianggap sebagai orang gila

Fakta David Bowie Musisi Jenius Yang Kamu Gak Tahu

Emang gila sih

David Bowie punya banyak karakter alter-ego ciptaannya selama bertahun-tahun. Salah satunya adalah Ziggy Stardust yang paling terkenal di antara mereka. Dari tahun 1972 sampai 1973, dia berkeliling dunia sebagai berkepribadian ganda bernuansa glam rock. Sampai dia tiba-tiba mengumumkan bahwa dia akan melepaskan karakternya sendiri (Ziggy) saat konser di tahun 1973.

“Konser ini adalah konser terakhir dari kita.”, Kata Bowie yang sedang memakai kostum ziggy stardust.

Dia kemudian mengakui bahwa Ziggy tidak akan meninggalkannya sendiri selama bertahun-tahun. Bowie mulai suka berbicara sendiri, berbicara dengan ziggy, kepribadiannya yang lain. Gara-gara ini, David Bowie malah sempat meragukan kewarasannya sendiri.

6. David Bowie adalah pelopor musik streaming modern

Fakta David Bowie Musisi Jenius Yang Kamu Gak Tahu

Pada bulan September 1996, Bowie menjadi musisi besar pertama yang merilis single di internet. Nama lagunya adalah “Telling Lies” dan bisa didownload dalam waktu 11 menit. (Jaman dulu koneksi internet tak secepat sekarang).

Pada tahun 1998, Bowie mengumumkan bahwa dia akan meluncurkan penyedia layanan internet sendiri, yang dikenal sebagai BowieNet.

7. Walau tampilannya glam rock, David Bowie adalah kutu buku

Fakta David Bowie Musisi Jenius Yang Kamu Gak Tahu

Walaupun terkenal dengan karya musiknya, Bowie adalah seorang kutu buku yang sering membaca buku setiap hari. Pada tahun 2013, kurator di Galeri Seni Ontario mengumpulkan daftar 100 buku favoritnya Bowie sebagai bagian dari sebuah pameran yang berjudul “David Bowie Is”.

Dalam daftar itu ternyata seorang David Bowie membaca buku mulai dari Alexanderplatz Berlin, Madame Bovary sampai Wonder Boys-nya Michael Chabon.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #david bowie #legend #musik #musisi
Share

Pilihan editor