Share this
Share

25 shares

10 Fakta Alaska Yang Jarang Orang Tahu, Apa saja?

3 June 2017

Hal Unik Tentang Alaska Yang Jarang Orang Tahu

Fakta alaska yang jarang diketahui, apa saja?

Alaska adalah sebuah negara bagian dari Amerika yang terletak di sebelah utara. Diantara banyak negara bagian (states) yang ada di Amerika, Alaska adalah yang paling besar sekaligus daerah yang paling jarang penduduknya. Beberapa hal unik banyak terjadi disini, dan cerpin.com ingin membahas sedikit tentang fakta Alaska yang jarang diketahui.

Alaska juga dikenal sebagai salah satu daerah yang paling ekstrim lingkungannya, bukan hanya di Amerika saja tapi di seluruh dunia. Ketika orang berpikir kalau Alaska hanyalah dataran yang bersalju dan penuh dengan anjing husky saja, sebenarnya ada hal-hal lain yang belum pernah kita tahu tentang tempat yang luas ini. Alaska sendiri memiliki gletser yang jumlahnya lebih banyak daripada tempat dingin lainnya di dunia yang padahal tempat ini ada penghuninya.

Alaska juga memiliki lebih dari 100 gunung vulkanik aktif. Itulah sebabnya kenapa tempat ini disebut daerah yang sangat ekstrim untuk tempat tinggal. Pada dasarnya Alaska adalah tempat yang menginginkan siapa saja untuk mati. Namun meskipun begitu, siapa saja mungkin tidak menyangka kalau Alaska mempunyai beberapa fakta-fakta menarik dan sisi sejarah yang asik untuk kita pelajari lebih lanjut.

Alaska pernah hampir dijajah

Hal Unik Tentang Alaska Yang Jarang Orang Tahu

Dalam masa perang dunia kedua, pasukan Jepang mencoba untuk menginvasi Alaska. Banyak pasukan Amerika yang mati disana karena berusaha untuk mempertahankannya yang jumlahnya bahkan lebih banyak daripada korban serangan Pearl Harbor di Hawaii.

Amerika membeli Alaska

Hal Unik Tentang Alaska Yang Jarang Orang Tahu

Fakta alaska yang mencengangkan

Amerika ternyata membeli Alaska dari Russia ratusan tahun yang lalu dengan harga 72 juta dollar. Untuk harga sekarang, mungkin harganya sudah mencapai 118 juta dollar. Sedikit fakta unik, ternyata harga Alaska masih lebih sedikit dibanding biaya yang harus dikeluarkan Real Madrid untuk membeli Christiano Ronaldo dari Manchaster United dengan harga 132 juta dollar atau 94 juta Euro. Itu berarti Christiano Ronaldo lebih mahal dari Alaska. Wew!

Gempa bumi 1964

Hal Unik Tentang Alaska Yang Jarang Orang Tahu

Di Alaska pernah terjadi gempa yang luar biasa pada tahun 1964. Saking hebatnya gempa itu, Afrika Selatan pun turut terkenda dampaknya dengan sumur-sumur mereka yang meluap. Bisa dibayangkan bagaimaan mengerikannya gempa tersebut.

Dataran es

Hal Unik Tentang Alaska Yang Jarang Orang Tahu

Di Alaska, gletser jumlahnya lebih banyak daripada dataran es itu sendiri dan lingkungan semacam ini hanya dapat ditemukan di Alaska yang bahkan masih ada penduduknya. Itu artinya, ada lebih dari setengah gletser yang ada di planet bumi bisa ditemukan di Alaska. Antartika tidak termasuk karena tidak ada manusia yang tinggal disana.

Gunung tertinggi di Amerika

Hal Unik Tentang Alaska Yang Jarang Orang Tahu

17 dari 20 pegunungan tertinggi di Amerika ada di Alaska. Pegunungan yang tinggi tersebut juga termasuk Denali, salah satu puncak tertinggi di benua Amerika yang memiliki tinggi 20.320 kaki.

Pengiriman pizza lewat udara

Pengiriman pizza lewat udara

Di state Alaska, meskipun mereka tinggal di alam liar, mereka masih sempat untuk makan pizza karena ada layanan pengantaran barang lewat udara. Uniknya di Alaska tidak melayani pengantaran lewat jalur darat seperti di daerah lainnya di Amerika. Hanya di Alaska yang memiliki layanan pengantaran jalur udara untuk pizza.

Hutan nasional Adak

Hutan nasional Adak

Kalau mendengar kata hutan mungkin kamu berpikir sebuah tempat yang dipenuhi pepohonan yang lebat di sana-sini. Namun sebuah hutan nasional di Alaska, The Adak Natinal Forest memiliki hutan yang paling kecil di Amerika utara. Hutan ini hanya memiliki 33 pohon dalam area yang kecil. Kamu tidak perlu takut tersesat apabila masuk ke hutan ini, karena untuk menjelajahinya hanya diperlukan waktu beberapa menit.

Bendera resmi Alaska didesain oleh anak 13 tahun

desain bendera Benny Benson

Sebelum tahun 1927, Alaska tidak memiliki bendera atau simbol negara bagian. Alaska pada waktu itu masih berupa sebuah wilayah. Pada tahun 1926, gubernur setempat mulai memikirkan untuk mempuyai bendera sendiri yang dapat membantu Alaska untuk menjadi sebuah negara bagian (state). Kemudian mereka membuat kontes terbuka untuk semua anak-anak SMP sampai SMA untuk mendesain lambang bendera Alaska. Pada bulan Januari 1927, kontes itu pun mulai menyebar ke sekolah-sekolah di seluruh wilayah.

Salah satu murid yang ikut berpartisipasi di kontes itu berumur 13 tahun bernama Benny Benson. Benny berasal dari keluarga sederhana dengan memiliki ayah seorang nelayan keturunan swedia dan ibunya yang campuran alaskan dan russia. Benny pun menjadi terkenal karena berhasil memenangkan kontes. Desain bendera Alaska dari Benny yang hanya bertabur 8 bintang dengan background berwarna biru tua itu kini terus dipakai hingga sekarang.

desain bendera Benny Benson

Kucing pernah jadi walikota di Alaska

Stubbs kucing walikota

Sebuah kota kecil bernama Talkeetna di Alaska pernah mempunyai walikota yang bukan manusia, melainkan kucing yang bernama Stubbs. Kucing ini bahkan punya kantor sendiri dan terus menjadi walikota alaska dalam waktu 10 tahun. Waktu yang bahkan lebih lama dari walikota manusia pada umumnya.

Tidak perlu beli tanah di Alaska

harga beli tanah di amerika

Sejak pertama kali Alaska dihuni manusia sampai tahun 1986, orang-orang disana dulu yang pindah ke Alaska tidak perlu untuk membeli tanah dari pemerintah, melainkan mereka cukup memilih dan menentukan tanah mereka sendiri untuk dibangun rumah atau peternakan.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #alaska #amerika #dingin #fakta #unik
Share

Pilihan editor