Share this
Share

Share

shares

Efek Begadang yang Bisa Membahayakan Kesehatan Kamu

18 June 2020  Ajeng

Kebiasaan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya oleh pola hidup sehari-hari. Seperti yang terjadi saat ini, banyak pekerjaan yang mengharuskan seseorang begadang. Padahal, jika kamu mengetahui efek begadang bagi kesehatan, tentu tidur sampai larut malam tidak akan dilakukan.

Tak hanya itu, godaan teknologi yang semakin canggih juga membuat seseorang lebih aktif di malam hari. Ini tentu berbeda dengan kebiasaan di zaman dahulu sebelum adanya teknologi dan alat-alat canggih lainnya. Oleh karena itu, begadang tentu tidak dianjurkan karena tubuh manusia perlu istirahat yang cukup.

Waktu tidur yang baik untuk setiap orang berbeda-beda tergantung dari usia kamu saat ini. Orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam per hari, sedangkan anak-anak 7-10 jam. Jika kamu tidur kurang dari jam tersebut, tubuh akan mengalami masalah yang cukup serius. 

Masalah-masalah yang ditimbulkan akibat begadang bervariasi. Oleh karena itu, kenali beberapa efek buruk begadang berikut ini agar kamu sadar bahwa begadang itu membahayakan.

Hipertensi

Sumber: pixabay.com

Hipertensi merupakan keadaan dimana tekanan darah dalam tubuh naik. Begadang secara terus menerus bisa meningkatkan resiko terkena tekanan darah tinggi. Saat tidur, tekanan darah akan cenderung menurun dibandingkan saat kita terbangun. Lain halnya saat seseorang begadang, otaknya pun akan dipaksa untuk bekerja. Hal inilah yang dapat memicu tekanan darah naik. Lebih buruknya, hipertensi juga dapat berkembang menjadi penyakit jantung dan stroke. 

Diabetes Mellitus (DM)

Sumber: pixabay.com

Begadang juga bisa menimbulkan penyakit Diabetes Melitus Tipe-2. Tidur di bawah 8 jam dalam sehari menyebabkan tubuh tidak dapat mengolah kadar glukosa yang cukup dalam darah. Selama tidur, tubuh tetap mengelola glukosa untuk menjaga kadar gula dalam darah. Namun, proses tersebut akan terganggu jika kamu begadang.

Obesitas

Sumber: pixabay.com

Obesitas adalah kondisi di mana tubuh mengalami penumpukan lemak yang berlebih. Kalori yang masuk tidak sebanding dengan pembakarannya, sehingga kalori yang berlebih disimpan dalam bentuk lemak. Begadang dapat mempengaruhi hormon yang mempengaruhi rasa lapar dan kenyang dalam tubuh. Oleh karena itu, begadang bisa membuat tubuh selalu merasa lapar dan menyebabkan pola makan yang tidak teratur.

Masalah Kulit

Sumber: pexels.com

Untuk menjaga kesehatan kulit, dibutuhkan asupan kolagen yang cukup. Kolagen adalah protein yang mempengaruhi elastisitas kulit. Namun, saat kamu begadang, hormone kortisol dalam tubuh akan meningkat. Hormon kortisol ini akan memecah kolagen dalam tubuh, sehingga kolagen dalam kulit akan berkurang.  Dampaknya kulit akan terasa kurang kencang dan juga menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata.

Kanker Darah

Sumber: pixabay.com

Dalam kondisi normal sumsum tulang belakang memproduksi milyaran sel darah baru. Sebagian besarnya adalah memproduksi sel darah merah. Kanker darah adalah dimana kondisi sel darah putih melebihi kapasitasnya dalam tubuh. Bagi orang-orang yang suka begadang, sel darah putihnya akan  meningkat. Ini dikarenakan  pola tidur di pagi hari yang bisa memicu peningkatan produksi sel darah putih.

Kekebalan Tubuh Menurun

Sumber: pixabay.com

Kekurangan tidur dapat menyebabkan tubuh rawan terkena infeksi dan virus. Untuk melawan infeksi tersebut, tubuh akan bekerja lebih keras memproduksi sistem imun. Oleh karena itu, istirahat sangat diperlukan agar tubuh dapat memproduksi energi kembali. Sebaliknya, jika tubuh tidak diberi kesempatan untuk beristirahat,  sistem imun dalam tubuh akan berkurang dan kamu akan beresiko terkena infeksi.

Setelah mengetahui dampak buruk begadang ada baiknya kita sadar diri dan mengubah pola hidup kita. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Berikan komentarmu

Related articles

 #efek begadang #efek begadang pada kulit #insomnia #susah tidur
Share di whatsapp

Pilihan editor