Share this
Share

shares

Edible Growth : Makanan Siap Santap Yang Dicetak Dan Tumbuh Dengan Sendirinya

3 June 2017

makanan-siap-santap-yang-dicetak-dan-tumbuh-dengan-sendirinya-1

Saat ini manusia telah memasuki era teknologi baru yang disebut “Era pencetakan 3 Dimensi” atau 3D-Printing era, suatu era baru dimana sekarang kita dapat mendesain suatu rupa dalam komputer atau device dan mencetaknya langsung dalam bentuk fisik. Bahkan makanan pun tidak mau ketinggalan untuk dijadikan makanan instan hasil pencetakan 3 Dimensi. Makanan yang satu ini lebih unik lagi, yaitu dapat tumbuh dengan sendirinya sebelum siap kita menyantapnya.

Edible Growth adalah nama dari project makanan hidup ini yang dibentuk oleh seorang desainer makanan, Chloe Rutzerveld. Dalam project ini, Chloe dapat menggabungkan makanan, berkebun, dan pencetakan 3D menjadi satu.

Dalam mesin ada beberapa lapisan yang mengandung biji, spora dan jamur yang dicetak sesuai dengan file 3D yang telah diproses. Dalam lima hari tanaman dan jamur matang dan ragi melakukan fermentasi hingga menjadi padat dalam bentuk cair. Mesin pun membentuk struktur, aroma dan rasa yang tercermin dalam penampilan perubahannya. Tergantung pada intensitas yang telah diatur, seorang konsumen akhirnya dapat memutuskan kapan harus memanen sendiri dan langsung menikmati makanan yang lezat, segar dan kaya nutrisi ini.

makanan-siap-santap-yang-dicetak-dan-tumbuh-dengan-sendirinya-2makanan-siap-santap-yang-dicetak-dan-tumbuh-dengan-sendirinya-3makanan-siap-santap-yang-dicetak-dan-tumbuh-dengan-sendirinya-4makanan-siap-santap-yang-dicetak-dan-tumbuh-dengan-sendirinya-5makanan-siap-santap-yang-dicetak-dan-tumbuh-dengan-sendirinya-6

Berikan komentarmu

Related articles

Share

Pilihan editor