Share this
Share

shares

7 Destinasi Akhir Tahun di Malang Ini Bakal Bikin Liburanmu Seru Banget

29 June 2019

Destinasi Akhir Tahun di Malang Ini Bakal Bikin Liburanmu Seru Banget

Usai satu tahun padat beraktivitas, nggak ada salahnya kita menghabiskan akhir tahun dengan liburan yang menyenangkan. Sayangnya, akhir tahun kali ini liburnya tidak terlalu panjang karena awal tahun 1 Januari 2020 jatuh pada hari Rabu. Jadi paling tidak kita hanya punya waktu dua hari untuk berlibur, itupun dengan mengambil cuti satu hari. Dengan pilihan destinasi akhir tahun yang matang, dijamin liburan kamu akan tetap seru.

Tapi jangan khawatir, meskipun hanya dua hari, kita tetap bisa mendapatkan liburan yang menyenangkan dengan perencanaan yang matang.

Salah satu tujuan yang ramai dikunjungi saat akhir tahun adalah Kota Malang. Kita bisa menikmati wisata jadoel maupun kekinian, pegunungan atau perairan, bahkan religi dan kuliner dalam satu wilayah.

Kita asumsikan perjalanan dilakukan menggunakan kereta tanggal 30 Desember 2019 malam dan sampai di stasiun Kota Malang pada 31 Desember 2019 pagi ya!

1. Turun dari kereta langsung sarapan di Warung Bug Matira

Destinasi Akhir Tahun di Malang Ini Bakal Bikin Liburanmu Seru Banget

Alamat: Jalan Trunojoyo Nomor 10 EF
Jam buka: 07.00 – 23.00
Lama perjalanan: 1 menit jalan kaki dari stasiun

Usai perjalanan panjang, wisata kuliner jadi pilihan paling tepat. Tidak perlu jauh-jauh, begitu turun dari kereta kita bisa berjalan ke arah Jalan Kertanegara, Warung Bug Matira berada di sebelah kanan jalan. Tempatnya cukup bersih dan nyaman.

Nasi Bug adalah nasi campur khas Madura yang terdiri dari nasi hangat, sayur lodeh nangka muda, kecambah, serundeng, dendeng, dan beragam lauk-pauk seperti, paru, ayam, mendol, sate-satean dan lainnya. Kita juga bisa memesan rawon di sini.

2. Menyambangi restoran jadoel, Toko Oen

Destinasi Akhir Tahun di Malang Ini Bakal Bikin Liburanmu Seru Banget

Alamat: Jalan Jenderal Basuki Rahmat Nomor 5, Kauman
Jam buka: 9.00-21.30
Lama perjalanan: 8 menit dari stasiun ojek online

Toko Oen sudah berdiri sejak tahun 1922 dan kini menjadi destinasi wisata jadoel yang legendaris di Kota Malang. Rasanya seperti ada yang kurang, kalau ke Malang tapi belum ke Toko Oen. Apalagi usai sarapan, kita bisa menikmati makanan penutup berupa es krim jadoel di sini, teksturnya agak kasar dan rasanya tidak terlalu manis.

Selain es krim kita juga bisa memesan makanan khas Belanda maupun Indonesia. Memasuki Toko Oen, kita akan merasa berada di zaman kolonial, foto-foto kota Malang tempo dulu pun bisa kita lihat di sana.

3. Ke penginapan lalu jalan-jalan hits di Museum Angkut

Destinasi Akhir Tahun di Malang Ini Bakal Bikin Liburanmu Seru Banget

Alamat: Jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Ngaglik, Batu
Jam buka: 12.00 – 20.00
Lama perjalanan: 1 jam dari Toko Oen

Sebaiknya kita memilih penginapan di Kota Batu, Malang karena lebih banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi di sana selama akhir tahun. Harganya pun sangat beragam dari yang terjangkau hingga eksklusif, semua tergantung kantong kita masing-masing.

Setelah dapat penginapan, destinasi yang kita kunjungi pertama adalah Museum Angkut. Museum ini menampilkan adegan & karakter film Hollywood, serta mobil, tank, dan lainnya. Layaknya sebuah museum, selain rekreasi kita juga bisa mendapatkan banyak pengetahuan di sana. Zona-zona di Museum Angkut juga sangat Instagramable lho!

Harga tiket di hari biasa sebesar 60 ribu rupiah dan akhir pekan atau hari besar dan musim liburan sebesar 80 ribu rupiah. Meski agak mahal, tapi sesuai dengan apa yang kita dapatkan kok, karena kita akan puas selama berjam-jam dimanjakan dengan berbagai macam koleksi di sini.

Selepas dari Museum Angkut kita bisa beristirahat dulu di penginapan ya sebelum mempersiapkan acara malam akhir tahun.

4. Menikmati pergantian tahun di Taman Langit Gunung Banyak

Destinasi Akhir Tahun di Malang Ini Bakal Bikin Liburanmu Seru Banget

Alamat: Jalan Gunung Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu
Lama perjalanan: +/- 30 menit dari pusat Kota Batu

Untuk sampai di Taman Langit, kita akan melalu jalanan yang berkelok dan penuh dengna pohon pinus. Wisatawan dikenakan biaya masuk sebesar 10 ribu per orang, ditambah biaya parkir. Kita bisa menikmati pemandangan Kota Batu yang menakjubkan dari puncak Gunung Banyak atau biasa disebut Paralayang.

Untuk masuk area Taman Langit kita akan dikenakan lagi biaya sebesar 10 ribu rupiah. Di sana kita bisa berswafoto di spot-spot yang menarik, seperti singa bersayap, angsa raksasa, hingga patung bersayap yang terbuat dari ranting dan akar kayu. Mengakhiri tahun dan menyambut tahun baru, aka nada banyak acara di sini, termasuk menikmati kembang api dari puncak gunung yang bisa disaksikan secara gratis.

5. Tahun baruan di Grojogan Coban Sewu

Destinasi Akhir Tahun di Malang Ini Bakal Bikin Liburanmu Seru Banget

Alamat: Desa Bendosari, Kecamatan Pujon
Lama perjalanan: sekitar 40 menit dari Kota Batu

Nggak lengkap rasanya kalau liburan tidak dihabiskan dengan bermain air. Setelah menikmati malam pergantian tahun, awal tahun baru paling enak kalau dihabiskan dengan melihat yang segar-segar. Air terjun jadi pilihan yang paling tepat, salah satunya di Grojogan Coban Sewu.

Harga tiketnya hanya 10 ribu rupiah. Meski tidak terlalu besar, Kawasan air terjun Coban Sewu terlihat indah, bersih, dan terawat. Kita bisa bermain air sepuasnya di sini. Fasilitas untuk berganti pakaian juga tersedia.

Pulang dari Coban Sewu kita masih bisa mampir ke penginapan karena untuk menuju Stasiun, kita masih akan melewati Kota Batu.

6. Mampir sejenak di alun-alun dan masjid jami’ atau gereja Kota Malang

Alun-alun kota Malang MasjidAlun-alun kota Malang Gereja

Alamat: Jalan Merdeka Selatan, Kiduldalem, Klojen (bisa jalan kaki ke stasiun)

Alun-alun adalah tempat nongkrong sejuta umat, sambal menunggu jadwal kereta kita bisa menghabiskan waktu di sini. Tempat ini cukup dekat dengan minimarket, mall, bahkan masjid dan gereja, kalau ingin mampir beribadah atau sekedar melihat-lihat pun bisa.

7. Kalau lapar, bisa sambil makan di Rawon Tessy

Rawon Tessy Malang

(Jalan kaki ke stasiun cuma 300 meter)

Kalau sebelumnya kita sudah mencoba Nasi Bug, sekarang kita harus mencoba Rawon Tessy. Lokasinya mudah dijangkau karena dipinggir jalan. Meski tempatnya kecil, sangat ramai, enak, dan harganya standar. Hanya dengan biaya 20 ribuan kita sudah bisa menikmati rawon yang enak dan banyak. Pembayaran juga bisa menggunakan kartu debit.

Nah, usai sudah libur akhir tahun kita, meski hanya dua hari banyak tempat yang bisa kita kunjungi. Semoga destinasi akhir tahun kalian tahun ini bisa terlaksana ketika berkunjung ke kota Malang. Semuanya menarik bukan?

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #akhir tahun #destinasi #jawa timur #liburan #malang #museum angkut #tahun baru
Share

Pilihan editor