Dengerin 10 Lagu Nuansa Mistis Ini: Merinding, Nggak?

Spread the love

Kita biasanya suka terbawa suasana saat mendengarkan lagu. Katakan saja saat memutar lagu  Everything I Wanted by Billie Eilish yang auto bikin melow. Atau lagu Hall of Fame by The Script yang bisa membuat semangat kita semakin membara. Apapun genre lagu tersebut, sebenarnya kita nggak banyak tahu kalau lagu-lagu tertentu dibuat berdasarkan kisah yang kelam. Ada juga lagu yang terdengar asyik, padahal ada nuansa mistis yang disematkan di dalamnya. Biar kamu nggak penasaran lagu nuansa mistis apa saja yang biasa mengudara di speaker mall atau handphone, simak aja rangkumannya langsung di bawah ini.

1. Lagu Nuansa mistis: Menanti Kekasih – Alda Risma

Lagu pertama yang diangap mistis datang dari penyanyi Alda Risma. Penyanyi kelahiran Bogor tersebut meninggal dunia pada 12 Desember 2006 di usianya yang ke-24 tahun. Sebelum meninggal, Alda Risma merilis satu buah lagu yang berjudul Menanti Kekasih. Konon, lagu terakhirnya tersebut memicu teka-teki yang bikin kita mikir keras. Konon, lagu berjudul Menanti Kekasih ini direkam tiga hari sebelum Alda Risma ditemukan meninggal dunia. Namun, tim forensik menyatakan bahwa Alda Risma ini sudah meninggal dunia satu minggu sebelum proses rekaman. Nah, jadi siapa sebenarnya penembang lagu Menanti Kekasih itu?

2. Hikoukigumo – JKT48

Lagu-lagu JKT48 terkenal memberikan kesan yang ceria dan gembira. Namun, ternyata ada salah satu lagunya yang memiliki unsur mistis. Judul lagunya Hikoukigumo. Lirik lagu tersebut menceritakan tentang sepasang kekasih yang sedang berada di pesawat, namun katanya pesawat tersebut mengalami kecelakaan yang membuat si laki-laki meninggal dunia.

Saat JKT 48 menyanyikan lagu ini, mereka selalu melambaikan sapu tangan. Sapu tangan tersebut katanya sebagai pertanda salam perpisahan dari si perempuan yang ditinggal pacarnya akibat kecelakaan tersebut.

3. Lagu nuansa mistis: Resah – Payung Teduh

Ada yang suka lagu-lagu Payung Teduh? Pasti tau kan yang judulnya Resah? Konon, lagu dengan lirik yang menyentuh itu punya kisah seram dibaliknya. Dalam lirik tersebut,terdapat kata-kata, “Aku ingin berjalan bersamamu…Dalam hujan dan malam gelap…Tapi aku tak bisa melihat matamu. Aku menunggu dengan sabar…Di atas sini melayang-layang…Tergoyang angin menantikan…”.

Kata-kata tersebut membuat pendengar jadi roaming dan akhirnya memunculkan spekulasi. Spekulasi yang paling kuat adalah lagu tersebut konon menceritakan tentang seseorang yang gantung diri. Lirik tersebut sempat membuat bingung, siapa juga yang mau jalan-jalan saat malam hari pas lagi ujan. Apalagi lirik yang bertuliskan “Di atas sini melayang-layang…Tergoyang angin menantikan…” seperti arwah sosok bunuh diri yang sedang menunggu seseorang. Menurut kamu gimana?

4. Kukatakan Dengan Indah – Peterpan

Lagu Peterpan (yang saat ini dikenal dengan band Noah) yang berjudul Kukatakan dengan Indah sempat viral gara-gara suara perempuan di dalamnya. Suara tersebut dicap misterius karena setelah didengarkan secara seksama katanya mirip suara mendiang Nike Ardila. Suara perempuan tersebut bisa didengarkan di menit ke 4:42 sampai 4:52. Yang memperkuat spekulasi tersebut adalah saat Peterpan menggunakan studio rekaman yang dulunya sering digunakan oleh Nike Ardila. Pernah denger kan? Kau hancurkan hatiku, hancurkan lagi……..

5. Tinggal Kenangan – Band Caramel

Lagu yang berjudul Tinggal Kenangan juga sempat menghebohkan netizen di tahun 2006-an. Lagu tersebut sempat misterius karena penyanyi dan pencipta lagunya nggak diketahui. Akibatnya, banyak orang-orang yang ngaku nyiptain lagu tersebut, sampai media niat banget ngeliputnya. Pada akhirnya, pencipta dan penyanyinya muncul ke permukaan dan drama tersebut akhirnya berakhir.

Lagu Tinggal kenangan ini konon menceritakan tentang isi hati seroang perempuan bernama Gaby yang ditinggal pacarnya akibat kecelakaan. Usai lagu ini rampung, Si Gaby ini konon memilih untuk mengakhiri hidupnya.

6. Lagu nuansa mistis: Sephia – Sheila on 7

Lagu Sephia by Sheila on 7 ini legend banget di kalangan milenial. Konon, lagu ini dibuat berdasrakan pengalaman mistis gitaris Sheila On 7, Erros. Dia pernah mendapatkan telepon misterius yang mengaku sebagai fansnya. Nama perempuan tersebut Sephia. Si cewek ini katanya menelepon Erros di telepon umum yang ada di depan rumah si gitaris ini. Setelah dicek, Erros kaget karena disana tidak ada siapa-siapa, dan hanya ada gagang telepon yang melayang. Akhirnya Erros mengetahui kalau perempuan bernama Sephia ini sudah meninggal dunia akibat kecelakaan saat perjalanan menuju konser Sheila on 7. Meski ada unsur mistisnya, lagu Sephia ini tetap enak didengar dan bisa bikin siapa aja galau..

7. Lingsir Wengi

Lagu Lingsir wengi sebenarnya  bukan lagu seram. Lagu yang diciptakan oleh Sunan Kalijaga ini sebenarnya adalah doa dan puji-pujian yang ditujukan kepada Allah SWT. Dalam kidung tersebut, Sunan Kalijaga juga meminta pertolongan agar terhindar dari marabahaya dan gangguan makhluk halus.

Namun, lagu Lingsir Wengi ini sedikit bergeser dari maknanya usai disenandungkan di film berjudul Kuntilanak. Dalam film tersebut, lagu ini digunakan untuk memanggil arwah. Liriknya pun diubah, yaitu jadi seperti ini.

Lingsir wengi sliramu tumeking sirno
Ojo tangi nggonmu guling
Awas jo ngetoro
Aku lagi bang wingo wingo
Jin setan kang tak utusi
Dadyo sebarang
Wojo lelayu sebet

8. Nina Bobo

Lagu Nina Bobo yang sering dinyanyikan sebagai lagu pengantar tidur juga konon memiliki kisah seram di baliknya. Dikutip dari versi Nina Mijk, lagu tersebut berasal dari kisah seorang gadis bernama Nina Mijk, yang merupakan bagian dari keluarga musisi asal Belanda yang sedang merintis karier di Indonesia. Suatu hari, Nina merasakan hal yang luar biasa berbeda pada dirinya. Ia tiba-tiba bertingkah seperti orang kesurupan. Kejadian ini terjadi setiap malam. Bahkan dia sampai harus diikat agar tidak melukai dirinya dan orang lain.

Karena situasinya semakin mencekam, sang ayah memutuskan untuk kembali ke Belanda. Bahkan semua pembantunya juga meninggalkan Nina dan ibunya di rumah yang begitu besar. Pada suatu malam, Nina tidak lagi agresif seperti sebelum-sebelumnya, Ia tampak sedang duduk di atas tempat tidurnya sambil menangis. Wajahnya berubah menjadi pucat dengan mata yang menghitam. Meski begitu, sang ibu tetap menghampirinya.

Nina saat itu meminta sang ibu untuk menyanyikan sebuah lagu agar ia merasa lebih tenang. Si ibu langsung bersenandung “Nina bobo ooh nina bobo… kalau tidak bobo digigit nyamuk”. Nina pun tertidur pulas dan tidak pernah bangun lagi.

Baca juga artikel menarik lainnya:

9. Lagu nuansa mistis: Gloomy Sunday

Lagu berjudul Gloomy Sunday terkenal sebagai lagu kematian. Lirik ini diciptakan pada tahun 1935 oleh Lazzlo Javor. Rezsoe Seres kemudian menjadikan lirik tersebut menjadi lagu dan rekaman lagu itu langsung viral. Lazzlo menulis lagu tersebut untuk kekasihnya. Namun, setelah lagu tersebut dirilis, kekasihnya itu malah bunuh diri dengan sepucuk surat yang bertuliskan Gloomy Sunday.

Sejak kejadian tersebut, angka kematian bunuh diri akibat lagu tersebut semakin tinggi. Seorang PNS asal Hongaria ditemukan tewas bunuh diri dengan posisi menelungkup di atas tulisan lirik lagu Gloomy Sunday. Ada juga seorang gadis yang berusaha bunuh diri dengan minum racun. Saat ditelusuri, dalam ruangan tersebut ternyata masih terdengar lagu Gloomy Sunday.

Pada akhirnya, lagu tersebu tidak diizinkan diputar di tempat umum untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan. Konon, sejauh ini lagu tersebut diduga sudah mengakibatkan terjadinya 200 kasus bunuh diri.

10. Asareje

Pada tahun 2002-an, lagu Asareje ini hits banget dan selalu terdengar di televisi. Namun, lagu ini katanya menyimpan kisah misterius, lho. Lagu ini disebut-sebut sebagai nyanyian para pemuja setan. Kecurigaan tersebut bermula dari lirik reffnya yang terdengar aneh. Lagu berbahasa Spanyol tersebut bahkan sebagian liriknya tidak dimengerti oleh penutur aslinya.

Dikutip dari beberapa sumber, lagu ini katanya menceritakan tentrang sosok Diego. Pria tersebut digambarkan sangat tampan. Namun, mantan penganut gereja setan menyatakan bahwa, Diego bmemiliki arti Devil. Lantas hal ini langsung dihubungkan dengan Lucifer, iblis tampan yang ahli musik dan jago menari.

Itulah sepuluh lagu nuansa mistis dengan kisah-kisah misterius di dalamnya. Kamu punya versi lagu seram sendiri? Kalau ada, tulis di kolom komentar, ya!

Berikan komentarmu