Dapatkan Hidup Lebih Sehat dengan 10 Tips Berhenti Merokok Ini

Spread the love

Merokok umumnya dilakukan oleh orang dewasa, baik itu laki-laki maupun perempuan. Bagi mereka yang sudah kecanduan, menghentikan kebiasaan merokok bisa dibilang sangat sulit. Habis makan harus merokok, bangun tidur merokok, dan begitu seterusnya. Bahkan, seseorang bisa menghabiskan hingga satu bungkus per harinya. Padahal, merokok ini memiliki efek buruk yang lebih banyak untuk tubuh. Misalnya, kanker paru-paru, serangan jantung, gangguan kehamilan, kerusakan gigi, kerusakan kulit wajah, dan masih banyak lagi. Untuk itu, menghentikan kebiasaan merokok sangatlah dianjurkan. Kalau kamu adalah salah satu pecandu rokok juga, simak dulu tips berhenti merokok di bawah ini. Hidup lebih sehat siapa yang nggak mau, kan?

1. Mengelola Stres

via pexels.com

Banyak alasan mengapa orang memilih untuk merokok, salah satunya adalah meredakan stres. Tidak sedikit yang melampiaskan keruwetannya dengan kebiasaan buruk ini. Untuk itu, selalu jaga pikiran agar tetap rileks. Jangan terlalu overthinking biar kamu nggak galau terus-terusan. Kalau misalnya kamu memang sedang ada dalam tekanan, cobalah untuk melakukan hal-hal lain yang tidak merugikan diri kamu sendiri. Misalnya, menonton film, makan makanan favorit, main sama hewan peliharaan, hang out bareng temen, dan masih banyak lagi.

2. Tips Berhenti Merokok dengan Menjauhi Pemicu

via pexels.com

Tips berhenti merokok lainnya adalah dengan menghindari pemicunya. Misalnya, kamu harus membatasi nongkrong sama temen-temen yang kecanduan merokok, mencegah stres, menghindari gabut, dan masih banyak lagi. Kalau kamu biasa merokok setelah makan, sebaiknya ganti dengan alternatif lainnya. Bisa makan permen setelahnya, menggosok gigi, minum yang segar-segar dan lain-lain.

3. Ingat Alasan Berhenti Merokok

via pexels.com

Salah satu alasan berhenti merokok adalah ingin membuat dompet dan tubuh lebih sehat. Kalau sewaktu-waktu kamu tergoda lagi, ingatlah dengan tujuanmu itu. Kalau perlu, tulislah di dalam buku atau ponsel. Misalnya, dengan tidak merokok, uang saya akan lebih ‘aman’, tubuh saya lebih sehat, baju saya menjadi lebih wangi, tidak mengganggu orang sekitar, gigi nggak kuning, kulit lebih sehat, dan lain-lain. Dengan mengingat daftar tersebut, kamu akan mikir berkali-kali untuk merokok lagi.

4. Tips Berhenti Merokok dengan Hipnosis

via pexels.com

Kalau kamu tidak bisa mengatasinya sendirian, kamu bisa meminta bantuan seorang praktisi khusus. Mintalah ia untuk melaukan Hipnosis yang merupakan metode untuk memengaruhi alam bawah sadar seseorang. Nantinya, kamu akan merasa seperti berada di alam bebas dengan perasaan yang rileks. Kamu juga akan lebih mudah menerima saran-saran dari sang ahli. Intinya, praktisi akan membantu kamu berhenti melakukan kebiasaan merokok dengan cara yang lebih rileks.

5. Terapi Perilaku

via pexels.com

Selain hipnosis, kamu juga bisa melakukan terapi perilaku. Ini juga membutuhkan seorang ahli atau konselor agar prosesnya bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Nantinya, kamu akan berfokus pada strategi berhenti merokok yang dilakukan dalam sesi per kelompok. Manfaat lain dari terapi ini juga bisa membuat mental kamu lebih sehat!

6. Tips Berhenti Merokok dengan Obat-obatan

via pexels.com

Kalau terapi saja tidak cukup, kamu bisa mencoba langkah medis. Kamu akan mendapatkan resep obat-obatan dari dokter yang nantinya obat tersebut akan bekerja langsung di obat. Biasanya, obat-obat yang diberikan adalah yang memiliki kandungan untuk meredakan kecanduan nikotin. Jadi, kamu akan kehilangan hasrat untuk merokok jika mengonsumsi obat ini sesuai anjuran dokter. Ingat, ya, harus ke dokter!

7. Terapi Pengganti Nikotin (Nicotine-Replacement Therapy / NRT)

via pexels.com

Kecanduan merokok diakibatkan oleh zat nikotin yang ada di dalamnya. Untuk itu, kamu juga bisa mencoba terapi nikotin khususnya bagi kamu yang perokok berat. Menurut penelitian dalam Cochrane Database System, cara ini mdinilai cukup ampuh menghentikan kebiasaan merokok seseorang, yaitu 50 – 70%. Tentu saja cara ini harus ada dalam pengawasan dokter, ya.

Terapi pengganti nikotin ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu: Patch (sejenis plester yang ditempelkan pada bagian kulit tertentu), tablet hisap (berfungi untuk menyerap nikotin), dan inhaler. 

8. Membersihkan Rumah

via pexels.com

Rumah akan mengeluarkan aroma tidak sedap kalau kebanyakan penghuninya adalah perokok. Ini tentu saja membuat suasana menjadi tidak nyaman, apalagi kalau rumah itu pengap. Jadi, biar kamu nggak keinget terus asap rokok, bersihkan rumah mulai dari sudut-sudutnya. Gunakan pengharum ruangan agar bau asap rokok bisa tersamarkan. Selain itu, cuci juga gorden, baju, seprai, dan barang-barang lainnya.

9. Tips Berhenti Merokok dengan Rutin olahraga

via pexels.com

Untuk mengalihkan hasrat ingin merokok, kamu bisa mencoba untuk berolahraga. Aktivitas ini tentu saja sangat bermanfaat. Selain bisa menyehatkan tubuh, olahraga juga bisa mendistraksi keinginan untuk merokok. Jadi, lakukan olahraga secara rutin, khususnya saat kamu benar-benar ingin merokok. Olahraga yang dilakukan bisa apa saja seperti jogging, bersepeda, berenang, dan masih banyak lagi.

10. Mengonsumsi Makanan Sehat

via pexels.com

Jangan lupa untuk mulai rutin mengonsumsi makanan sehat jika ingin pensiun merokok. Pasalnya, indera perasa perokok akan terganggu akibat nikotin yang ada di dalamnya. Makanan sehat bisa membantu tubuh kamu memenuhi nutrisi esensial. Jadi, dengan membiasakan makan makanan sehat, kamu akan lebih terbiasa melakukan gaya hidup sehat.

Itulah sepuluh tips berhenti merokok bagi kamu yang sudah kecanduan. Memang ini bukan hal yang mudah, tapi kalau ada kemauan, pasti ada jalan, kan?

 

Berikan komentarmu