Share this
Share

5 shares

Danau Tengkorak Di Gunung Himalaya Yang Menyimpan Misteri Mengerikan

3 June 2017

Danau Tengkorak Di Gunung Himalaya Yang Menyimpan Misteri Mengerikan

Pegunungan Himalaya memang menyimpan keajaiban, misteri, dan beragam teka-teki yang kadang tak masuk akal. Sebuah danau yang di Himalaya terkenal dengan nama “Roopkund Skeleton Lake” atau “The Mystery Lake”. Berarti secara harfiah, ini adalah danau tengkorak atau danau misterius.

Danau ini berlokasi di ketinggian 5029 meter di Uttarakhand, sebuah tempat di India Utara yang cukup indah. Selama musim dingin, danau ini adalah salah satu tempat terbaik untuk olahraga Ice skating.

Danau Tengkorak Di Gunung Himalaya Yang Menyimpan Misteri Mengerikan

Berpikir tentang Himalaya, hal pertama yang muncul di benak kita sudah pasti adalah sesuatu yang indah, panorama alam yang megah, dan pegunungan es. Namun jangan salah kalau di tempat indah ini ternyata juga menyimpan hal yang tidak lazim dilihat oleh mata kita. Apabila di waktu dimana air es di danau meleleh, hal yang misterius pun mulai terlihat.

Seluruh area yang mengelilingi danau ini dipenuhi kumpulan tulang-belulang dan tengkorak manusia. Bahkan ada beberapa tulang yang masih terlihat hampir utuh dan dapat terlihat di dasar danau yang dangkal ini. Kumpulan tulang-belulang ini pertama kali ditemukan di tahun 1942 oleh kumpulan penjaga hutan asal Inggris. Pada waktu itu mereka tak sengaja membawa diri mereka ke sebuah tempat yang dikelilingi oleh ratusan tengkorak manusia. Tentunya banyak sekali cerita-cerita aneh yang menghantui daerah ini, dan juga danau tersebut.

Danau Tengkorak Di Gunung Himalaya Yang Menyimpan Misteri Mengerikan

Namun sampai sekarang, belum bisa ditemukan dengan pasti kenapa ratusan tulang tersebut tertumpuk di satu tempat sekaligus. Rumor mengatakan kalau tulang-belulang ini adalah milik tentara Jepang yang mati ketika menyebrangi rute ini selama perang dunia ke 2.

Cerita lainnya adalah tentang Jenderal Zorawar Singh dari Kashmir, yang biasa dikenal dengan julukan “Napoleon dari India”. Beliau tersesat di daerah ini bersama dengan tentaranya setelah pulang dari pertempuran Tibet di tahun 1841. Akhirnya mereka terjebak oleh badai ganas. Namun ada pula yang mengatakan kalau pernah terjadi ritual pembunuhan masal di daerah dekat danau ini.

Meski begitu, misteri tentang danau ini terus berlangsung dan terus menyelimuti daerah ini selama puluhan tahun. Penelitian tulang yang dilakukan di Universitas Oxford pun akhirnya memberikan jawaban. Mereka menyimpulkan kalau terjadinya peristiwa misterius ini berlangsung antara tahun 830 dan 850 sebelum masehi.

Danau Tengkorak Di Gunung Himalaya Yang Menyimpan Misteri Mengerikan

Cerita ini kembali ke abad ke 9, di mana Raja Kanauj, Raja Jasdhaval bersama dengan istrinya yang sedang hamil. Rani Balampa, pelayan mereka, serta rombongannya pergi berziarah ke kuil Nanda Devi. Kemudian kelompok tersebut menghadapi badai dengan Hujan es besar dan seluruh rombongan Raja Kanauj itu binasa di dekat Roopkund.

tulang belulang di lereng gunung

Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa mereka terbunuh dengan hentaman angin yang keras. Analisis dari tengkorak pun menunjukkan bahwa semua orang meninggal dengan cara yang sama, yaitu dengan hentaman keras ke kepala. Petunjuk menunjukan bahwa hentaman itu berasal langsung dari atas, para ilmuwan menyimpulkan bahwa hujan es adalah alasan di balik kematian semua orang tersebut.

pegunungan himalaya

Meskipun begitu, tempat ini juga salah satu rute perjalanan yang paling aneh dan menakjubkan yang dikenal di seluruh dunia. Terlepas dari soal kengerian tulang-belulang manusia, tempat ini sebenarnya adalah tujuan wisata yang sempurna. Lengkap dikelilingi oleh gletser batu, lereng curam, dan pegunungan salju.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #danau #gunung #himalaya #mengerikan #tengkorak
Share

Pilihan editor