Share this
Share

shares

KEREN! Danau Pink Yang Berada Di Tengah Pulau Selatan Australia

3 June 2017

hillier lake australia tempat unik dan aneh Air itu bukannya berwarna biru, ya? Sepertinya tidak semua hal kita tahu tentang alam semesta ini. Begitu juga warna air danau, karena ada beberapa yang “ingin punya” warna yang beda dan anti-mainstream. Karena itu ada danau pink yang bikin kita kaget kalau melihatnya. Yup! danau yang airnya berwarna pink seperti warna permen karet.

Berlokasi di kepulauan Recherche Archipelago di sebelah pantai selatan Australia, danau hillier adalah salah satu danau paling unik di dunia karena warnanya. Berbeda dengan danau pada umumnya, danau ini memiliki air yang berwarna pink atau merah muda.

Australia sendiri memang terkenal dengan beberapa hewan yang aneh dan tempat-tempat yang tidak biasa. Tetapi danau merah mudanya termasuk punya kategori yang lain daripada yang lain. Selama bertahun-tahun, air danau berwarna pink ini telah menentang penjelasan ilmiah, tetapi penelitian terbaru mengubah cara pandang itu.

Danau hillier dipisahkan dari laut selatan Australia dengan hanya garis tanah tipis dan diisi dengan air garam. Keberadaannya yang spesial dan terisolasi membuat danau hillier seperti batu permata merah muda di antara hutan eucalyptus lebat yang berbanding terbalik dengan warna kehijauan. Pemandangan yang indah sekali bukan? Yuk scroll kebawah buat ngecek foto-fotonya.

Danau dengan air berwarna pink

hillier lake australia tempat unik dan aneh

Karena banyak orang yang penasaran kenapa kok bisa jadi warna pink. Sebenarnya sudah ada penjelasan ilmiahnya, dan jangan lagi berasumsi kalau air danau ini sudah dicampur susu warna strawberry.

Kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa warna danau ini bisa berwarna pink? Warna kemerahan yang terkandung dalam air danau ini terbentuk dari sebuah refleksi dan adanya mikroalga yang tinggal di danau ini.

Apa itu mikroalga?

Mikroalga sendiri adalah tumbuhan thalus yang berklorofil dan mempunyai pigmen. Dan dengan pigmen yang dimiliknya, mereka menyebarkan warnanya ke seluruh penjuru air danau. Warna pink yang dihasilkan alga disini juga memiliki kualitas dan mengandung antioksidan dan karotenoid.

Karena itu rumornya kalau berenang di danau ini dapat membantu mereka yang sedang diet. Selain terlihat menarik karena berwarna pink, danau ini juga terkenal dengan landscapenya yang indah dan salah satu cara untuk menikmatinya adalah bila kita melihatnya dari atas. See? dengan penjelasan ilmiah tersebut, tak selamanya alam bisa menipu kita terlalu lama.

hillier lake australia tempat unik dan aneh  danau-berwarna-pink-yang-berada-di-tengah-pulau-selatan-australia-pulpn-com-7danau-berwarna-pink-yang-berada-di-tengah-pulau-selatan-australia-pulpn-com-8

KEREN! Danau Pink Yang Berada Di Tengah Pulau Selatan Australia

danau-berwarna-pink-yang-berada-di-tengah-pulau-selatan-australia-pulpn-com-2

Sekarang bayangkan kalau kamu menyelam ke danau berwarna permen karet. Meskipun bakteri menjadi alasan untuk warna susu stroberi, danau Hillier benar-benar aman untuk berenang. Faktanya, kandungan garam yang tinggi di danau itu kemungkinan membuat airnya begitu padat sehingga kamu akan mengapung dengan sangat mudah. Semudah kalau orang mengapung di Laut Mati, yang memiliki kandungan garam paling tinggi.

Meskipun tempat ini eksotis, berwarna pink dan dikelilingi hutan, tak banyak orang yang bisa sampai kesini. Makanya tempat ini cukup terjaga dari tangan-tangan jahil instagram lover yang ingin cari pamer, biarin aja mereka cuma foto depan opera house di Sydney supaya jadi bukti pernah ke Aussie.Bukan estetika yang menjadi masalah! Sayangnya, perjalanan ke Danau Hillier sangat sulit karena berada di sebuah pulau kecil yang hanya dapat dicapai dengan perahu atau helikopter.

Tetapi jika kamu bisa sampai di sana, sempatkanlah untuk datang ke danau pink ini. Good luck!

danau-berwarna-pink-yang-berada-di-tengah-pulau-selatan-australia-pulpn-com-9

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #australia #danau #lake #mikroalga #pink
Share

Pilihan editor