Share this
Share

shares

Daftar Festival Budaya yang Ada Tiap Tahun, dari Januari s/d Desember

15 July 2019

Tiap tahunnya banyak sekali festival maupun selebrasi budaya yang digelar di tiap-tiap daerah di Indonesia. Semuanya unik dan menarik, tapi tentu kita tidak bisa mengunjungi semuanya dalam satu tahun penuh. Beberapa pilihan ini mungkin akan membantu kita untuk memilih festival terbaik dan unik di setiap bulannya, dari bulan Januari hingga Desember di setiap tahunnya.

1. Mulai dengan Pesta Adat Tulude pada bulan Januari

Daftar Festival Budaya yang Ada Tiap Tahun, dari Januari s/d Desember

Upacara adat Tulude adalah inti acara dari hari jadi Sangihe-Talaud, makna Tulude adalah persatuan, karena itu upacara adat ini juga bertujuan untuk menguatkan persatuan masyarakat. Pada hari H aka nada pemotongan kue Tamo yang sebelumnya dibuat oleh orang yang bersih, tidak melanggar adat, berpuasa, dan dekat dengan Tuhan.

2. Bulan Februari, saatnya menikmati Cap Go Meh

Daftar Festival Budaya yang Ada Tiap Tahun, dari Januari s/d Desember

Festival yang digelar di Singkawang ini merupakan bagian dari perayaan usai imlek. Kita bisa menikmati ratusan lentera yang indah di malam hari. Pada hari itu juga diadakan ritual pawai tatung dan pembakaran replica naga untuk menolak bala di suatu kota.

3. Jangan lupa datang ke Teluk Jailolo di bulan Maret

Daftar Festival Budaya yang Ada Tiap Tahun, dari Januari s/d Desember

Festival ini disebut juga dengan Gilolo. Tujuannya adalah untuk membangkitkan kembali Halmahera sebagai ibukota rempah-rempah dunia. Ada banyak sekali acara dalam festival ini dari mulai ritual pembersihan laut atau Sigofi Ngolo, parade budaya, hingga bazar kuliner.

4. Untuk bulan April kita bisa menyambangi Teluk Tomini

Daftar Festival Budaya yang Ada Tiap Tahun, dari Januari s/d Desember

Sebagai salah satu ikon wisata bahari Indonesia, festival di Sulawesi ini wajib kita ikuti. Beberapa acara yang bisa dinikmati adalah karnaval, music tradisional, kuliner, pameran kerajinan, hingga lomba-lomba. Wisatawan juga bisa berkegiatan di laut seperti snorkeling, dicving, bahkan surfing saat festival dilaksanakan.

5. Ke Palangkaraya bulan Mei? Datangi Festival Isen Mulang

Daftar Festival Budaya yang Ada Tiap Tahun, dari Januari s/d Desember

Jika kita ingin menikmati kesenian asli Dayak, maka festival Isen Mulang jawabannya. Atraksi-atraksi yang dipertunjukkan dalam festival ini sangat keren dan penuh pesona. Kita juga bisa melihat karnaval dan mengikuti berbagai macam lomba. Isen Mulang sendiri artinya adalah tidak pernah mundur, melambangkan keberanian masyarakat daya.

6. Pernah ke Bromo? Di bulan Juli ada Yadnya Kasada

Daftar Festival Budaya yang Ada Tiap Tahun, dari Januari s/d Desember

Merupakan upacara adat umat Hindu Suku Tengger yang dialngsungkan di Pura Luhur Poten hingga bibir kawah gunung Bromo. Sesaji-sesaji dilarung di kawah gunung sebagai simbol rasa syukur dan bentuk penggenapan janji pada leluhur. Selain melarung sesaji, juga terdapat acara pemilihan dukun baru yang memegang peranan penting dalam kehidupan spiritual masyarakat Tengger.

7. Di Bulan Juli, Upacara Rambu Solo paling menarik

Daftar Festival Budaya yang Ada Tiap Tahun, dari Januari s/d Desember

Rambu Solo adalah upacara pemakanan orang Toraja yang menarik minat wisatawan. Mereka percaya jika tidak melangsungkan upacara ini maka arwah tersebut akan meninggalkan kemalangan pada orang-orang yang ditinggalkannya. Bisa dibilang upacara pemakaman ini sangat megah karena dianggap bisa menjadi patokan si arwah apakah bisa setara dengan dewa atau tidak.

8. Festival Tomohon tak boleh dilewatkan di Bulan Agustus

Daftar Festival Budaya yang Ada Tiap Tahun, dari Januari s/d Desember

Dikenal juga dengan Tomohon International Flower Festival (TIFF). Tidak hanya diikuti oleh masyarakat setempat, TIFF juga diikuti oleh banyak negara. Kita bisa menikmati parade bunga dan karnaval busana bunga di kota Tomohon. Kendaraan-kendaraan penuh bunga yang indah dan wangi akan menjadi pemandangan utama dalam festival ini.

9. Kalau mau ke Madura, datanglah di bulan September untuk festival perlombaan balap sapi

balap sapi di madura

Siapa yang tak pernah mendengar Karapan Sapi? Perlombaan pacuan sapi ini sangat identik dengan pulau Madura. Bukan hanya pesta rakyat, Karapan Sapi dianggap sebagai symbol harkat dan martabat masyarakat setempat. Tak hanya disuguhi adu cepat sapi, wisatawan juga bisa menikmati ritual arak-arakan yang diiringi music tradisional yang tentu saja sangat meriah.

10. Pesona Festival Moyo tak boleh dilewatkan pada bulan Oktober

pertunjukan moyo di sumbawa putri diana

Karnaval, pawai budaya, pegelaran budaya, pameran UMKM, jambore, jelajah alam, beragam kontes serta diskusi dapat kita temukan selama festival berlangsung. Lokasinya sekitar 3 km dari lepas daratan Sumbawa. Pemandangan laut di pulau ini juga sangat indah, konon Putri Diana pernah singgah lho di pulau ini!

11. Tak lagi berkonflik, Poso punya festival di bulan November

Tak lagi berkonflik, Poso punya festival di bulan November

Mungkin samar-samar kita masih ingat dengan konflik Poso, tapi kini Poso lebih menonjolkan pariwisatanya. Salah satu yang menarik adalah festival danau poso dimana kita bisa menemukan beragam atraksi seni, olahraga tradisional, kuliner, jelajah wisata, hingga pameran produk lokal. Terletak di kawasan wisata Tentena, lokasinya cukup mudah diakses.

12. Akhir tahun ditutup dengan datang ke Banyuwangi

Akhir tahun ditutup dengan datang ke Banyuwangi

Pada bulan Desember, Banyuwangi menggelar beberapa event untuk merayakan hari jadi Bnayuwangi, antara lain festival kebaya dan festival kuwung. Festival ini bertujuan melestarikan busana tradisional Indonesia khususnya masyarakat Osing, penduduk asli Banyuwangi. Sementara pada festival Kuwung kita bisa melihat parade aneka ragam seni dan budaya Banyuwangi.

Waktu pelaksanaan festival-festival tersebut bisa saja berubah tiap tahunnya karena beberapa daerah menggunakan patokan kalender setempat untuk melaksanakan festival berupa upacara adat. Jadi sebelum merencakanan perjalanan sebaiknya kita kembali mengecek informasi tentang pelaksanaan festival tersebut ya!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #budaya #culture #festival
Share

Pilihan editor