Claustrophobia “Stres” Nonton 10 Film Tema Ruangan Sempit Ini

Spread the love

Beragam fobia hadir dan berdiam pada diri seseorang. Salah satunya adalah claustrophobia. Fobia yang satu ini menjadikan seseorang memiliki ketakutan berlebih akan ruangan yang sempit dan tertutup. Katakan saja saat orang tersebut berada di dalam lift. Bisa jadi dia langsung terkena panic attack, dan pada akhirnya kesulitan untuk mengontrol dirinya sendiri. Seseorang dengan fobia ini juga salah satunya bisa terlihat saat dia sedang menonton film. Jelas, jenis film tersebut menyuguhkan kekhawatiran berlebih pada penontonnya, apalagi kalau bukan akibat ruangan atau tempat yang begitu kecil yang terkesan menimbulkan ancaman. Film tema ruangan sempit ini tentu saja ada, dan berikut rangkumannya.

1. The Cave

The Cave merupakan salah satu film yang menghadirkan claustrophobic bagi penderitanya. Ceritanya, ada sekelompok ilmuwan yang melakukan investigasi pada sebuah puing-puing biara abad ke-13. Biara tersebut dibangun di gerbang gua bawah tanah raksasa. Demi sebuah penelitian, mereka akhrnya memasuki gua raksasa tersebut. Namun, perjalanan mereka di dalam gua tentu saja tidak mudah. Apalagi suasana gelap di dalam gua tersebut bisa membuat kamu sesak, terlebih dengan beberapa lorongnya yang sempit.

2. Film tema ruangan sempit: Devil

Devil merupakan film yang mengusung tema horor. Diceritakan ada lima orang yang nggak saling kenal terjebak di sebuah lift perkantoran. Suasana semakin mencekam saat pintu lift tidak kunjung terbuka. Bahkan, lampu lift tersebut mulai padam. Setelah itu, lampu kembali menyala. Betapa kagetnya mereka saat melihat salah satu diantaranya sudah nggak bernyawa. Kepanikan mulai mencuat. Mereka mulai menerka-nerka misteri yang terjadi di dalam lift tersebut. Kamu yang nonton ini juga bakal ikut-ikutan mikir siapa sosok misterius yang menghantui mereka. Tapi, kalau fobia kamu udah nggak bisa diatasi, boro-boro ikutan mikir. Hhm…

3. Phone Booth

Diceritakan ada sosok lelaki bernama Colin Farrell. Saat itu, telepon umum berdering, dan ia mengangkatnya. Ia terkejut saat si penelpon tahu identitas dirinya dan dia bakalan mencelakai si Collin jika tidak jujur perihal masalah rumah tangganya. Salah satunya Collin harus memilih untuk tingggal bersama istrinya atau selingkuhannya. Dan salah satunya akan ditembak mati oleh penelepon tersebut. Selama itu, ia terjeba di dalam kotak telepon tersebut. Ia harus tetap berkomunikasi dengan sosok misterius itu jika ingin ia dan keluarganya selamat. Padahal, di belakang sudang banyak yang mengantre…

4. Film Tema Ruangan Sempit: Green Room

Klaustrofobia bisa jadi nggak kua nonton film Green Room ini. Ceritanya ada sebuah group band yang nggak sengaja menjadi saksi tragedi pembunuhan. Mereka akhirnya terpaksa dikurung di ruang ganti artis oleh pemilik gedung. Satu per satu dari mereka akan dihabisi nyawanya dengan cara yang lumayan ekstrem. Untuk itu, mereka harus terus berpikir gimana caranya agar tetap bisa bertahan hidup di ruangan tersebut, dan syukur-syukur bisa melarikan diri.

5. The Room

The Room ini diadaptasi dari novel berjudul Room karya Emma Donoghue. Film yang satu ini hanya menggunakan satu latar di sebuah ruangan kecil. Seorang remaja bernama Joy diculik oleh seorang pria yang dijuluki “Nick tua”. Ia disekap di sebuah gudang dan sudah berlangsung ujuh tahun lamanya. Ia bahkan sudah melahirkan seorang anak laki-laki bernama Jack. Mereka berdua harus bertahan hidup di dalam gudang kumuh tersebut selama lima tahun. Hingga pada akhirnya, Joy punya ide menarik untuk kabur dari ruangan tersebut. Apakah mereka berhasil, atau malah semakin bernasib sial?

6. Film Tema ruangan sempit: Cloverfield Lane

Filmyang satu ini menceritakan tentang seorang perempuan yang terkurung di sebuah rumah orang yang nggak dikenal. Pemilik rumah tersebut mengaku kalau ia menyelematkan nyawa perempuan tersebut saat kecelakaan menimpanya. Namun, si pemilik rumah tersebut tidak mengizinkan perempuan itu keluar rumah. Alasannya adalah udara di luar sudah terkontaminasi oleh reaksi nuklir akibat invasi alien. Beruntung, makanan dan kebutuhan lainnya sudah tersedia di dalam bunker tersebut, tentu saja hanya untuk beberapa waktu ke depan. Namun, bagaimana bisa perempuan tersebut betah berada di dalam bunker tersebut? Apakah melarikan diri akhirnya jadi jalan satu-satunya? Tonton sekarang jugaa!

7. The Descent

Film tema ruangan sempit ini menceritakan tentang petualangan Sarah, Juno, dan Beth. Mereka melakukan pendakian ke sebuah gua di pegunungan. Singkat cerita, mereka terjebak di dalam gua tersebut. Alih-alih mendapatkan jalan keluar, mereka malah jadi panik dan harus mati-matian agar bisa keluar dari gua tersebut. Setiap perjuangan mereka untuk mencari jalan keluar bisa bikin kamu ikutan stres juga. Apalagi lorong gua tersebut sempit dan gelap. Duh!

Baca juga artikel menarik lainnya:

8. Oxygen

Oxygen adalah salah satu film “menegangkan” lainnya yang mengusung tema Sci-Fi. Ceritanya adalah tentang seorang wanita yang terperangkap di sebuah pod kriogenik. Ia baru menyadari hal itu saat terbangun dari tidurnya, dan mengira kalau ia sedang dirawat. Ia akhirnya bicara pada Milo, sebuah AI yang terhubung ke dalam mesin pod tersebut. Mulai dari situlah wanita tersebut merasakan hal ganjil.

Milo menyatakan kalau kondisi wanita tersebut baik-baik saja. Wanita tersebut akhirnya dibuat bingung, kenapa dia bisa ada disana. Pintu podnya sendiri tidak bisa dibuka, padahal oksigen di dalamnya mulai menipis.Wanita tersebut mulai panik setelah tahu kalau pod tersebuthanya memberi suplai oksigen selama 90 menit. Bagaimana cara dia “lolos” dari penderitaan itu?

9. Hush

Filmyang nggak kalah bikin “stres” adalah Hush. Film yang satu ini menceritakan tentang seorang novelis wanita bernama Maddie Young. Ia memilih untuk tinggal sendirian dalam sebuah kabin di tengah hutan agar bisa mengerjakan pekerjaannya dengan tenang. Alih-alih mendapatkan kenyamanan, ia malah terusik dengan kehadiran sosok pembunuh bertopeng. Orang tersebut bahkan mulai membunuh para tetangganya. Namun, Maddie yang merupakan seorang tuna rungu dan tuna wicara tidak menyadari kegentingan ini. Bagaimana akhirnya dia menyelamatkan diri?

10. Film Tema Ruangan Sempit: Buried

Fobia ruangan sempit pasti nggak tahan kalau nonton film ini. Film ini mengisahkan tentang sosok lelaki yang baru saja terbangun dari tidurnya. Setelah beberapa saat, akhirnya ia sadar kalau sedang berada di sebuah peti mati. Ia semakin panik setelah tahu kalau peti ini ditimbun. Yang ia miliki saat itu hanya pemantik api, flask air minum, senter, pisau, glowstick, pulpen, pensil dan handphone.

Setelah berusaha mati-matian, pria tersebut akhirnya bisa berkomunikasi dengan seseorang via handphone itu. Motif dari penguburan hidup-hidup ini perlahan terungkap. Namun, jangan sampai kamu kehabisan napas saat menontonnya, ya. Soalnya, durasi film ini lebih banyak dihabiskan di dalam peti mati. Sesaaak!

Berikan komentarmu