Share this
Share

3 shares

4 Cerita Vampir Di Kehidupan Nyata Yang Menginpirasi Drakula

11 March 2018
Cerita Vampir Di Kehidupan Nyata Yang Menginpirasi Drakula

Drakula dari novel Bram Stoker

Cerita vampir di kehidupan nyata

Kita tentu sering mendengar sosok “Vampire”. Dalam dunia hiburan, karakter ini sering dimasukkan dalm perfilman, sebuah makhluk yang dikenal sebagai sosok mengerikan yang menghisap darah. Awalnya orang mengenal vampir sebagai makhluk fiktif yang ditakuti. Di awal-awal, cerita vampir terkenal karena berasal dari novel yang ditulis oleh Bram Stoker, yaitu Dracula. Namun yang membingungkan disini adalah, apakah cerita vampir diangkat dari novel atau novel yang diangkat dari kisah nyata. Pada kenyataannya, novel Drakula sendiri terinspirasi oleh banyak sumber dari kehidupan nyata di jaman dahulu. Beberapa sumber yang menjadi patokan Drakula pada dasarnya adalah cerita asli dari kehidupan nyata. Vampir di dunia nyata.

Pada tahun 1897, Bram Stoker merilis karya horor gothiknya, Dracula. Kisah tersebut mengikuti perjalanan kisah vampir yang pindah dari Transylvania ke Inggris, untuk mencari darah baru. Sementara karakter Drakula sendiri telah menjadi inspirasi bagi banyak film horor klasik dan kisah vampir di generasi berikutnya. Yang jelas, karakter vampir Drakula bukanlah vampir pertama yang menakut-nakuti orang di dunia nyata.

Yang tak banyak orang tahu, inspirasi untuk Drakula sendiri dapat didasarkan pada tokoh sejarah yang sebenarnya, seperti novel sebelum Drakula, tempat, dan peristiwa yang mungkin memberikan inspirasi pada Bram Stoker. Bahkan, anaknya Bram Stoker bahkan menyatakan bahwa ayahnya memikirkan Drakula setelah mimpi buruk yang di alaminya tentang vampir. Terlepas dari keberadaan vampir ada atau tidak, tokoh-tokoh sejarah berikut ini sangat mendukung untuk membangkitkan kesadaran kita tentang jaman dahulu yang penuh dengan orang-orang aneh.

Vlad Dracula, cerita vampir pangeran Romania yang haus darah

Cerita Vampir Di Kehidupan Nyata Yang Menginpirasi Drakula

Vlad Dracula

Selama bertahun-tahun, banyak ilmuwan percaya bahwa Vlad Dracula, seorang pangeran Rumania abad ke-15, adalah inspirasi utama dari sosok Drakula. Meskipun teori lain juga telah diajukan, satu hal yang pasti adalah bahwa Vlad adalah orang jahat dan penguasa yang haus darah. Sebenarnya, rasa haus akan pembunuhan dan penyiksaan membuatnya mendapatkan gelar Vlad the Impaler.

Vlad sangat menyukai membuat tentara musuhnya menderita. Metode pembunuhan yang dipakai Vlad juga terkenal mengerikan. Dia dikenal suka merebus manusia hidup-hidup, memberi makan mereka pada hewan, dan mengulitinya. Bahkan dilaporkan bahwa penjahat ini suka menyiksa orang-orang yang tidak bersalah, termasuk wanita dan anak-anak.

Elizabeth Bathory, suka membunuh wanita muda dan meminum darah mereka

Cerita Vampir Di Kehidupan Nyata Yang Menginpirasi Drakula

Elizabeth Bathory

Elizabeth Bathory adalah seorang bangsawan Hungaria yang kemudian dikenal sebagai salah satu vampir pertama dalam sejarah. Orang ini dipercaya suka minum dan mandi darah gadis-gadis muda yang sudah dibunuhnya. Tujuan utama dia melakukan ini untuk tetap awet muda.

Dengan ritual sesat ini, mengakibatkan kematian lebih dari 650 wanita-wanita yang masih belia. Semua taktik yang dia gunakan untuk membunuh dan menyiksa korbannya sangat mengerikan. Dia akan mengiris, membakar, dan memukul korbannya saat mereka hidup untuk mengumpulkan darah mereka. Dia juga suka memutilasi tubuh korbannya.

Vampir haus darah ini juga dikenal seorang lesbian dan gangguan seksual yang membuatnya berakhir membunuh pasangan tidurnya sendiri, yang juga wanita muda.

The Strigoi, makhluk mitologi Romania

Cerita Vampir Di Kehidupan Nyata Yang Menginpirasi Drakula

The Strigoi

Strigoi adalah makhluk vampir jadi-jadian mitologi dari Rumania. Makhluk ini dikenal berasal dari jiwa jahat orang yang sudah mati. Dikatakan kalau Strigoi memiliki atribut mistis dan kekuatan supranatural seperti kekuatan super, imunitas terhadap sinar matahari, dan kemampuan untuk melakukan sihir. Mereka bisa tampil sebagai penampakan yang tidak terlihat dan keseringan menjadi binatang.

Strigoi bangkit dari kuburan di malam hari, menghantui jiwa-jiwa yang lelah yang bepergian ke pedesaan, dan membunuh tubuh korban darah mereka. Orang jaman dulu percaya kalau seorang anak memiliki kelainan bentuk pada saat lahir, maka mereka dikutuk sebagai strigoi.

Penemuan pertama yang diyakini sebagai alasan kelelawar adalah hewan yang identik dengan vampir

Cerita Vampir Di Kehidupan Nyata Yang Menginpirasi Drakula

Kelelawar, hewan yang dituduh-tuduh identik dengan vampir

Pada tahun 1510, seorang penjelajah dan sejarawan Italia bernama Pietro Anghirea ingin menambahkan pengetahuan tentang vampir saat dia menggambarkan makhluk haus darah yang suka memangsa. Setelah kembali dari penjelajahannya, Pietro menulis tentang pertemuannya yang mengerikan dengan kelelawar.

Dia menggambarkan kalau hewan kelelawar sebagai makhluk yang menyerang mangsanya saat tidur di malam hari. Selanjutnya makhluk itu menggigit mangsanya dengan giginya yang berbisa. Semenjak saat itu, dengan hanya asumsi belaka, orang jaman dulu menuduh kelelawar sebagai representasi dari makhluk vampir.

Pada tahun 1860an, seorang penjelajah Inggris bernama Richard Burton meneruskan mitos tersebut dengan menambahkan kalau keleawar sebagai makhluk iblis, dengan mata yang hitam, kuping lancip dan gigi yang bertaring.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #drakula #film #hantu #seram #vampir
Share

Pilihan editor