Share this
Share

Cerita Hantu Yang Berasal Dari Puncak-puncak Tertinggi Di Dunia

21 January 2018

Cerita Hantu Yang Berasal Dari Puncak Puncak Tertinggi Di Dunia Cerpin Com 1

Pegunungan tertinggi di dunia adalah yang termasuk Gunung Everest dan K2, memang sering dijadikan tujuan pemanjatan gunung yang terhebat di dunia. Beberapa kisah petualangan pastinya sering kita dengar bahkan sampai ada filmnya yang diangkat dari kisah nyata. Puncak-puncak dengan tinggi lebih dari 8000 meter ini ternyata juga memiliki sisi gelap bagi para pendaki, dan ada banyak cerita-cerita yang mereka alami yang berhubungan dengan kesulitan, kekalahan, bahkan kematian yang terjadi di puncak sana. Di antara cerita-cerita yang beredar tersebut tak jauh-jauh dengan adanya keanehan, supranatural, bahkan cerita hantu. Agak mengherankan memang, namun begitulah adanya, puncak tertinggi di dunia. Pada dasarnya yang namanya gunung pun tak mungkin lepas dari cerita-cerita yang membuat bulu kuduk kita berdiri.

Cerita Hantu Yang Berasal Dari Puncak Puncak Tertinggi Di Dunia Cerpin Com 4

Untuk puncak tertinggi dunia seperti Everest, kematian adalah satu hal yang sangat mungkin terjadi, dan bahkan terus-menerus hingga detik ini. Meskipun begitu hal tersebut tak pernah menyurutkan mereka yang ingin menaklukan puncak dunia ini. Tercatat, sudah lebih dari 220 orang telah meninggal dalam usaha mereka mendaki Everest, dan karena ketidakmungkinan medan dan cuaca untuk mengambil jasad orang-orang yang mati, sebagian besar mayat dibiarkan membeku di lereng gunung begitu saja, tanpa batas waktu, sehingga secara natural mengubah gunung Everest menjadi pemakaman paling tinggi di dunia.

Beberapa mayat tetap terlihat, tergeletak cukup dekat ke jalur utama sehingga para pendaki dapat menggunakannya untuk penunjuk arah. Beberapa mayat tersebut kerap sudah cukup terkenal bagi para pendaki, jadi mereka dengan mudah menyebutnya sebagai penanda suatu titik di gunung. Perlengkapan berwarna-warni yang dipakai oleh orang-orang yang meninggal telah memberikan rute “Northeast Ridge Everest” dengan nama julukan “Rainbow Valley” atau lereng yang berwarna-warni. Alasan kenapa dinamakan begitu, karena lereng itu memang berwarna-warni, yang warnanya berasal dari para mayat tersebut, tergeletak membeku di sana-sini.

Cerita Hantu Yang Berasal Dari Puncak Puncak Tertinggi Di Dunia Cerpin Com 5

Rainbow valley di Everest

Bagaimanapun juga, gunung Everest, bukanlah satu-satunya gunung yang memiliki puncak tertinggi dengan angka ketinggian 8000an meter, gunung lain yang tak kalah menyeramkan adalah K2, yang masih dalam satu jajaran pegunungan Himalaya. Sejak pendakian K2 yang pertama kali pada tahun 1954, lebih dari 25 persen dari mereka yang telah mencoba melakukan summit meninggal. Tidak mengherankan kalau daerah yang berada di ketinggian 8000 meter ini dikenal dengan sebutan “Zona Kematian.”

Hantu di gunung

Dengan medan dan iklim yang mengerikan ini, cerita-cerita seram yang berasal dari para pendaki diceritakan dari mulut ke mulut. Cerita aneh ini selalu dikaitkan dengan spiritual penunggu pegunungan atau bisa kita bilang “penunggu” gunung. Beberapa hal di luar sana tetap saja tak bisa kita jelaskan dengan akal kita.

Cerita Hantu Yang Berasal Dari Puncak Puncak Tertinggi Di Dunia Cerpin Com 3

Bagi para penduduk lokal seperti orang Nepal, mereka melihat Himalaya sebagai perwujudan dan alam para dewa. Bagi para pendaki yang merasa arogan dan tidak dapat menghormati gunung suci itu, mereka akan mendapatkan karma yang buruk dan malapetaka yang membuat para pendaki tak bisa menemukan jalan pulang.

Pada bulan Mei 2004, Pem Dorji Sherpa, warga nepal mendaki Everest, disebut-sebut sebagai pendaki gunung Everest tercepat di dunia. Menurut pengalamannya, ia bercerita kalau ia pernah melihat sosok hitam yang berada di dekat summit sebelum puncak Everest. Sosok hitam itu mendekatinya mengulurkan tangan mereka, seperti mengemis sesuatu untuk dimakan. Pem percaya kalau sosok tersebut adalah hantu pendaki yang meninggal di gunung. Pem dan warga setempat lainnya percaya bahwa hantu-hantu itu akan terus bergentayangan di gunung sampai upacara pemakaman yang tepat dilakukan untuk menghormati jiwa mereka.

Cerita Hantu Yang Berasal Dari Puncak Puncak Tertinggi Di Dunia Cerpin Com 8

Pada dasarnya di jaman sekarang, tak semua orang percaya dengan hal-hal yang berbau takhyul seperti hantu. Beberapa orang yang memilih untuk skeptis sepertinya punya penjelasan sendiri kenapa ada sosok hantu di puncak paling tinggi di dunia itu. Kalau dilihat dari sisi yang lebih ilmiah, bisa dijelaskan bahwa penampakan hantu di atas 8000 meter memiliki penjelasan yang jauh lebih masuk akal. Di tempat dengan ketinggian yang jauh di atas permukaan air, suhu di bawah titik beku menyebabkan manusia mengalami apa yang dinamakan dengan frostbite, sulit tidur, dan cahaya yang dipantulkan bisa menyebabkan kebutaan (snow blindness). Mungkin yang terburuk, kurangnya tekanan atmosfir dan konsentrasi oksigen rendah dapat menyebabkan penyakit ketinggian seperti Hipotermia dan High Altitude Cerebral Edema, atau HACE. Dalam kondisi yang lebih parah, otak manusia bisa membengkak, menyebabkan terhambatnya komunikasi dan terganggunya fungsi mental, pengambilan keputusan yang buruk, koordinasi yang terganggu, halusinasi, bahkan bisa sampai hilangnya perasaan berada di nyata, seperti seolah-olah kita tak lagi sedang di dunia nyata, loss of touch with reality.

Efek ketinggian yang dirasakan di otak dapat menjelaskan momen yang sangat menghantui indra penglihatan ini dijelaskan dalam buku Into Thin AIr karya Jon Krakauer. Beliau adalah orang pertama yang menceritakan kisah hidup kembali dari ekspedisi Everest 1996 di mana badai hebat menewaskan delapan pendaki di gunung dan menghantam beberapa orang lainnya. Insiden ini dianggap sebagai salah satu bencana pendakian terburuk yang pernah terjadi. Kisah hantu lainnya pun juga menyelimuti ekspedisi Jon Krakauer, yang saat itu ia turun di tengah badai yang ganas dan dia bertemu dengan rekan setimnya bernama Andy Harris. Konsentrasinya sangat kacau waktu itu karena beberapa saat kemudian, ia melihat orang yang berbeda dengan yang dia kira sebelumnya. Akhirnya ia diberi tahu kalau teman setimnya yang bernama Andy Harris telah meninggal di atas gunung.

Cerita Hantu Yang Berasal Dari Puncak Puncak Tertinggi Di Dunia Cerpin Com 6

Jon Krakauer

Oksigen rendah dan tekanan fisik lainnya juga dapat menjelaskan fenomena umum di mana pendaki gunung melaporkan adanya sosok ganjil yang seperti hantu. Dougal Haston dan Doug Scott, anggota ekspedisi Inggris tahun 1975 di Everest, menggambarkan sebuah malam mengerikan yang dihabiskan tepat di bawah puncak tanpa makanan dan masalah dengan suplai oksigen mereka. Orang-orang itu dikatakan telah merasakan pendaki ketiga bersama mereka di lubang salju mereka, sebuah kehadiran menghibur yang membicara mereka melalui cobaan berat mereka. Pendaki Hermann Buhl mengalami hal serupa pada pendakian pertamanya di Nanga Parbat pada tahun 1953, begitu pula Joe Simpson, yang mengalami cobaan berat karena meninggal dunia di Andes yang diceritakan dalam film documenter berjudul Touching the Void.

Pendaki Inggris Frank Smythe, yang mencoba Everest beberapa kali di tahun 1930an, mungkin memiliki cerita yang paling berwarna. Dia menggambarkan pertemuannya dengan dua sosok di puncak gunung, yang pertama adalah sosok orang yang baik hati dan ia menawarinya kue-kue yang tersisa kepada sosok tersebut. Kemudian, dia juga menyaksikan benda-benda melayang yang aneh di sekitarnya, dan sosok selanjutlan yang dilihatnya adalah mereka mempunyai sayap dengan tonjolan seperti paruh seperti teko teh. Dalam dua kondisi tersebut, Frank semakin jelas melihat perbedaan hantu yang seolah-olah menggambarkan kualitas kehidupan yang telah mereka lalui sebelum mati.

Cerita Hantu Yang Berasal Dari Puncak Puncak Tertinggi Di Dunia Cerpin Com 2

Benarkah hantu bisa dijelaskan dengan ilmiah?

Dalam buku karangan Michael Shermer,The Believing Brain dijelaskan bahwa apa kejadian-kejadian aneh yang pernah disaksikan oleh para pendaki adalah suatu efek yang disebut sensed-presence effect (penginderaan kehadiran), biasa terjadi pada orang-orang yang berada di bawah tekanan fisik dan mental, termasuk para pendaki gunung, penjelajah kutub, atlet, dan para pelaut yang berada di sedang terombang-ambing di tengah samudera yang luas.

Cerita Hantu Yang Berasal Dari Puncak Puncak Tertinggi Di Dunia Cerpin Com 7

feelings of presence

Sebuah eksperimen yang dilakukan oleh tim Swiss pada tahun 2014 tampaknya mengkonfirmasi adanya efek yang sama. Periset berhasil menginduksi pada sukarelawan pengalaman kehadiran hantu di dekatnya dengan menciptakan lepaskan sinyal motor sensorik yang diterima otak, yang menyebabkan rasa tubuh di ruang angkasa berfungsi sebagai malfungsi. Para ilmuwan beranggapan kalau feelings of presence atau FOP, atau hantu, kemungkinan merupakan ilusi yang diciptakan oleh pikiran manusia ketika kita berada dalam kondisi yang sangat melelahkan karena penyakit jiwa, stres, atau aktivitas fisik yang ekstrem atau dalam keadaan paksaan.

Baca juga artikel menarik lainnya:

 

Berikan komentarmu

Related articles

 #dunia #everest #gunung #k2 #puncak
Share

Pilihan editor