Share this
Share

17 shares

6 Cerita Bohong Penjelajah Waktu Yang Selama Ini Dianggap Benar

12 November 2017

Cerita Bohong Penjelajah Waktu Yang Selama Ini Dianggap Benar Cerpin Com 8

Time traveler atau penjelajah waktu adalah seseorang yang bukan merasal dari masa kini, bisa masa depan atau masa lalu. Sudah naluri alami manusia yang jadi ingin tahu apa benar penjelajah waktu itu ada? Apa benar mesin waktu itu bisa diciptakan? Kalau benar mesin waktu itu ada, kenapa tidak ada manusia masa depan yang muncul di masa kini? Beberapa pertanyaan tentang mesin waktu memang terdengar menarik dan agak mindblowing.

Ada yang bilang mustahil, ada juga yang bilang mungkin. Dari sini banyak teori-teori tentang mesin waktu dan penjelajah waktu bermunculan. Dalam kurun waktu 100 tahun terakhir, ada banyak berita tentang penjelah waktu yang sekaligus dijadikan bukti kalau “mesin waktu” itu memang benar ada. Tapi apakah benar begitu?

Beberapa foto bahkan video yang kadang muncul dalam film dan membuat orang berteori kalau memang ada yang namanya penjelajah waktu. Meskipun begitu, disini kita bakal memberikan sedikit penjelasan kalau cerita-cerita yang banyak di propagandakan tersebut sebenarnya adalah berita hoax. Mungkin ada banyak sekali cerita tentang mesin waktu dan penjelajah waktu, namun setidaknya disini kita hanya merangkum yang paling terkenal dulu.

1. Penjelajah waktu Rudolph Fentz

Cerita Bohong Penjelajah Waktu Yang Selama Ini Dianggap Benar Cerpin Com 2

Pernah mendengar nama Rudolph Fentz? nama ini sempat gempar di jaman dulu yang dikaitkan dengan penjelajah waktu. Pada tahun 1950, seorang pria dengan penampilan berjenggot bangsawan dan mengenakan pakaian yang berasal dari era Victoria (jaman ratu Viktoria) muncul di tengah-tengah Times Square di New York.

Orang yang tiba-tiba muncul entah darimana ini katanya sempat ada yang melihat. Karena saksi matanya terkejut, lantas pria ini juga kaget dan tak lama kemudian ia tertabrak mobil dan terbunuh seketika.

Cerita Bohong Penjelajah Waktu Yang Selama Ini Dianggap Benar Cerpin Com 1

Dari pakaiannya, polisi menemukan uang dari abad ke-19, sebuah surat yang bertanggal 1876 dan kartu nama dengan tulisan, Rudolph Fentz. Tak satu pun dari barang-barang yang ditemukan itu menunjukkan tanda-tanda penuaan. Akhirnya seorang wanita bernama Nyonya Rudolph Fentz dilacak. Dan dia adalah janda dari Rudolph Fentz, Jr (anaknya Rudolph Fentz). Ia pun bercerita kalau ayah junior itu menghilang secara misterius pada tahun 1876. Aneh kan?

Cerita yang pernah dimuat di surat kabar ini memang pernah gempar di tahun 50an dan sempat menjadi urban legend. Namun pada akhirnya ditemukan bahwa cerita ini berasal dari cerita pendek tahun 1950 yang ditulis oleh Jack Finney. Jack Finney adalah penulis senior yang melahirkan karya klasik Invasion the Body Snatchers dan Time and Again. Ternyata bukan time traveler, cuma cerita yang dibuat-dibuat layaknya sebuah film.

Cerita Bohong Penjelajah Waktu Yang Selama Ini Dianggap Benar Cerpin Com 3

Captain america

Ingat film Captain America, yang pas Steve Rogers muncul di tengah-tengah Times square? kok ceritanya mirip ya.

2. John Titor

Cerita Bohong Penjelajah Waktu Yang Selama Ini Dianggap Benar Cerpin Com 4

Yang dulu suka main di Kaskus mungkin gak asing sama cerita ini. Saya pertama kali mendengar cerita John Titor awalnya dari Kaskus tahun 2007-2008. Cerita John Titor sendiri sebenarnya berasal dari tahun 2000. Waktu itu di sebuah forum internet ada seorang member yang bernama John Titor.

Dia mengaku seorang penjelajah waktu atau time traveler. Dia seorang tentara yang berasal dari masa depan, tahun 2036. Tujuannya datang ke masa sekarang adalah ia ingin mencari mesin IBM 5100 yang sudah usang untuk melakukan debug beberapa masalah pada sistem komputer di masa depan. Pas awal-awal member-member forum lain cukup terkesan dengan cerita dan misinya.

Saat itu mungkin masih banyak orang gampang dibodohi. Ketika ditanya bagaimana hidup di tahun 2036, ini jawaban John Titor: “Orang-orang di masa depan suka lebih banyak membaca dan bicara satu sama lain berhadapan. Agama di masa depan sudah dianggap serius dan setiap orang bisa dikloning.”

Cerita Bohong Penjelajah Waktu Yang Selama Ini Dianggap Benar Cerpin Com 5

Mesin IBM 5100 yang diincar John Titor

Apa kalian percaya orang di masa depan lebih suka membaca? Di jaman now aja orang lebih suka main smartphone daripada membaca. Dari awal aja sudah keliatan bohongnya. Dia juga memberikan prediksi tentang peristiwa yang terjadi di tahun 2001. Dan ternyata prediksinya tidak ada yang benar.

3. Muncul iPhone di film tahun 1948!

Film tahun 1948 yang berjudul Fort Apache, ada sebuah scene yang mana ada keanehan. Di scene itu, sebuah karakter yang diperankan Henry Fonda menggenggam sebuah alat yang mirip seperti iphone. Karakter di film itu menggunakan iphone seperti melihat GPS untuk membawanya ke tujuan.

Ketika pertama kali ada yang sadar, scene ini diupload ke youtube dan sempat bikin heboh orang-orang yang ngefans sama cerita sama mesin waktu. Tapi ternyata yang dipegang Henry Fonda bukanlah iphone melainkan hanya buku catatan yang dari belakang memang mirip iphone.

4. Foto orang asing berpakaian modern di tahun 1941

Cerita Bohong Penjelajah Waktu Yang Selama Ini Dianggap Benar Cerpin Com 6

Foto ini adalah salah satu foto yang paling sering muncul di internet kalau kita mencari tentang time travler. Di foto itu terlihat seorang pria yang di tengah kerumunan yang tampaknya berpakaian paling beda dari orang-orang disekitarnya. Dia memakai kacamata hitam seperti rockstar dan mengenakan kaus yang juga terlihat modis. Yang lebih bikin aneh lagi, di tangannya ia memegang sebuah kamera kecil atau seperti kamera mirrorless.

Setelah sempat ramai diberitakan, menurut pakar fashion, ternyata kacamata hitam model seperti itu memang tidak biasa tapi memang sudah ada di jaman itu, sedangkan baju yang digunakannya adalah kaus yang ditutupi sweater yang memang sedang ngetrend di tahun segitu. Sementara yang dipegangnya adalah kamera, tapi itu adalah model Kodak Folding Pocket, kamera jaman dulu yang kameranya masih berlipat. Orang ini sebenarnya berpakaian wajar, dia hanya salah kostum berada di kerumunan orang-orang berpakaian serba formal itu.

Cerita Bohong Penjelajah Waktu Yang Selama Ini Dianggap Benar Cerpin Com 7

Kodak folding pocket

5. Wanita yang sedang menelpon di film Charlie Chaplin tahun 1928

Tahun 1928 kita tahu belum ada menara seluler, BTS atau bahkan perusahaan telekomunikasi. Namun di film Charlie Chaplin terlihat seorang wanita berjalan melalui kerumunan sedang berbicara di telpon genggamnya. Melihat orang yang ngomong di telpon mungkin biasa. Tapi kalau orangnya ngomong di telpon di tahun 1928 itu baru luar biasa!

Video ini mulai terkenal di tahun 2010 ketika ada orang yang sadar ada keanehan sama filmnya Chaplin ini. Namun sebelum makan korban lagi yang bilang kalau mesin waktu itu ada, disni kita perjelas kalau alat yang dipegang wanita di telingnya itu adalah alat bantu pendengaran yang memang sudah ada tahun 1920an. Again, it has been debunked!

6. penjelajah waktu Hakan Nordkvist bertemu dirinya sendiri di masa depan

Cerita ini adalah tentang seorang pria bernama Hakan Nordkvist yang ketika itu sedang membetulkan pipa ledeng di rumahnya. Ia pun mengalami fenomena aneh yang membuatnya tersedot melalui wormhole (lubang cacing) dan menjelajahi waktu hingga tiba di masa depan. Ketika berada di rumahnya di masa depan, ia bertemu dengan sosok dirinya sendiri yang lebih tua. Keduanya berbicara, mereka membandingkan tato di tangan mereka. Orang yang mendengar ceritanya mungkin akan bilang dia bohong, tapi ketika kembali dari masa depan, ia membuktikan rekaman dirinya sedang bicara dengan dirinya sendiri di masa depan yang sudah difilmkan.

Melihat bukti video itu ternyata banyak orang yang kena tipu karena sebenarnya, cerita ini seluruhnya adalah bagian dari kampanye iklan yang dibuat oleh perusahaan asuransi untuk mempromosikan manfaat dari program pensiun.

Baca juga artikel misteri lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #cerita #mesin waktu #time travel
Share

Pilihan editor