Share this
Share

2 shares

7 Cara Tepat Untuk Berhenti Menyia-nyiakan Hidupmu

3 June 2017

Cara Tepat Untuk Berhenti Menyia-nyiakan Hidupmu

Ketika seseorang merasa dirinya selalu membuang-buang waktunya dan menyinyiakan hidupnya, itu adalah sebuah tanda bahwa seseorang harus mengubah jalannya. Tidak selamanya kita mendapatkan sebuah pekerjaan yang kita tidak menyukainya hanya karena kita membutuhkan uang untuk memenuhi kehidupan ini.

Terkadang kita juga merasa lelah selalu bertemu dan nongkrong dengan orang yang sama yang pada dasarnya sama sekali tak membuat hidup kita berubah. Ketika kita sudah letih untuk selalu menjaga hubungan percintaan yang memang sudah tidak sehat, namun kita tetap menjalaninya tidak tahu kenapa. Jika beberapa hal tersebut pernah terjadi dalam hidupmu, berhentilah sejenak untuk membaca tulisan dari Pulpn.com ini. Apa kamu ingin terus membuang-buang waktumu dan menyia-nyiakan hidupmu? Kita tidak hidup selamanya dan kita harus sadar betapa pentingnya untuk menjalakan hidup yang tidak sia-sia dan menjalankan waktu yang tidak terbuang percuma.

1. Akhirilah hubungan yang tidak sehat

Cara Tepat Untuk Berhenti Menyia-nyiakan Hidupmu

Mengakhiri sebuah hubungan yang tidak sehat adalah tindakan yang baik karena dapat memebuatmu berhenti membuang-buang waktu pada seseorang yang hanya membuat hidup menjadi lebih buruk. Jangan biarkan orang seperti itu masuk dalam hidupmu dan mengacaukan segalanya.

2. Utamakan pekerjaan

Cara Tepat Untuk Berhenti Menyia-nyiakan Hidupmu

Kalau kamu sedang punya banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dalam sehari, sangat penting bagimu untuk memprioritaskan pekerjaan itu terlebih dahulu. Cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan yang kamu anggap lebih sulit dan jangan pernah sekalipun perhatianmu teralihkan oleh sosial media, email, game atau hal yang lain.

Jika kamu kewalahan, kamu bisa istirahat sejenak atau biarkan tubuhmu bergerak dengan berjalan santai untuk menghilangi stress. Dengan cara itu kamu dapat kembali menyegarkan pikiranmu dan dapat mampu menyelesaikan pekerjaan yang lainnya. Terlebih dari itu semua, kamu tidak akan buang-buang waktu.

3. Mengatur waktu dengan benar

Cara Tepat Untuk Berhenti Menyia-nyiakan Hidupmu

Salah satu cara terbaik untuk menghentikan kebiasaan menyia-nyiakan hidupmu adalah belajar untuk mengelola waktu dengan baik dan benar. Buatlah sebuah rencana yang kamu ingin lakukan, seperti merancang sebuah jadwal yang berisikan hal apa saja yang kamu ingin wujudkan dan selesaikan dalam waktu dan keadaanmu saat itu. Dengan cara pintar ini, kamu tidak hanya berhenti membuang-buang waktu, namun juga dapat mengajari dirimu sendiri untuk menjadi lebih sukses dan hidup lebih bahagia.

4. Hentikan kebiasaan menunda

Cara Tepat Untuk Berhenti Menyia-nyiakan Hidupmu

Kita semua pernah menunda sesuatu, dan pada akhirnya kita menyesali andai saja kita mengerjakan sesuatu yang kita tidak pernah tunda itu. Di zaman sekarang dengan adanya teknologi yang lebih maju, kita selalu menghabiskan waktu lebih banyak untuk memperhatikan sesuatu yang sebenarnya sangat tidak penting. Untuk kebanyakan orang, kebiasaan menunda hanyalah berakhir dengan menimbulkan depresi.

Kebiasaan menunda adalah kegiatan yang jelas sekali membuang-buang waktu kita yang berharga dan kita tidak mampu untuk mengembalikan waktu tersebut. Salah satu cara efektif yang digunakan banyak orang untuk menghentikan kebiasaan menunda adalah menentukan sebuah goal dan target, serta menemukan alasan yang bagus untuk kenapa kita harus mencapai itu semua. Ketika kita mengetahui bahwa sebuah tugas yang kita kerjakan adalah hal yang penting, kita akan lupa dengan selingan yang mengganggu pikiran kita, kita akan melupakan sosial media, handphone, dan TV, dan terus fokus dengan tugas tersebut karena kita tahu kalau kita tidak punya banyak waktu untuk terbuang percuma.

5. Habiskan waktu luangmu dengan cara yang efektif

Cara Tepat Untuk Berhenti Menyia-nyiakan Hidupmu

Ketika kamu memiliki waktu luang, jangan habiskan hanya dengan menonton TV atau berlama-lama di sosial media. Habiskanlah waktumu dengan orang terdekatmu seperti keluarga, teman, rekan kerja, atau membaca buku dan melakukan kegiatan lainnnya. Akan selalu ada pilihan yang lebih baik dan dapat kamu lakukan selain menghabiskan waktumu yang berharga di sosial media.

6. Jangan lakukan hal yang kamu tidak ingin melakukannya

Cara Tepat Untuk Berhenti Menyia-nyiakan Hidupmu

Jika kamu tidak suka pekerjaanmu saat ini, cari saja yang lain. Ketika kamu melakukan hal yang sebenarnya tidak kamu inginkan, kamu adalah orang yang termasuk menyia-nyiakan hidup ini. Mungkin kamu berpikir “ya gampang sih kalo ngomong doang, tapi ngelakuinnya kan susah!”, bagaimana kamu dapat mengetahui susah atau tidaknya kalau kamu saja masih terjebak di pekerjaan itu tanpa pernah mencoba. Cobalah mencari sesuatu yang kamu merasa cocok untuk dapat kamu kerjakan dan kamu menyukainya. Selalu ingat kata pepatah, “Kerjakan apa yang kamu suka dan kamu tidak akan pernah merasa bekerja dalam hidupmu!”.

Jika kamu sedang tidak ingin keluar rumah, jangan pergi, tidak peduli siapa yang mengajakmu nongkrong. Kamu tidak perlu menjalani hidup untuk membuat orang lain menyukaimu. Kamu adalah satu-satunya yang dapat memutuskan apa dan bagaimana hidup yang kamu jalani.

7. Tentukan tujuan yang realistis

Cara Tepat Untuk Berhenti Menyia-nyiakan Hidupmu

Ketika kamu menentukan tujuan, pastikan kamu adalah orang yang realistic, maksudnya adalah kamu bukan hanya orang yang cuma berangan-angan dan sok memiliki tujuan. Menentukan sebuah tujuan adalah hal yang mudah, namun tidak semua orang yang bisa menjaga komitmen untuk mencapai tujuan tersebut. Kalau kita hanya menentukan tujuan tanpa menjadi realistic, kita hanya akan membuang-buang waktu pada tujuan yang tidak akan pernah bisa kita raih. Singkirkanlah tujuan-tujuan tidak penting yang tidak mampu mengisi kehidupanmu dengan kesuksesan dan menjadikanmu lebih bahagia.

Waktu dan kehidupan adalah dua hal yang paling berharga yang harusnya dapat lebih dihargai oleh setiap orang. Jangan hidup dengan paksaan dan jangan membuang-buang waktumu yang berharga.

Sudah ada banyak orang yang mengatakan kalau mereka benci dengan hidupnya hanya karena mereka tidak mensyukuri apa yang sudah mereka punya dan tidak merasa puas. Cintai dirimu sendiri, cintai hidupmu dan lakukan apa yang membuatmu bahagia dan ingin kamu lakukan. Mudah-mudahan tulisan dari Cerpin.com ini menjadikanmu hidupmu lebih terinspirasi.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #diri sendiri #motivasi #unik
Share

Pilihan editor