Share this
Share

Share

shares

Cara Nagih Utang Biar Si Dia Cepet Bayar

3 August 2020  Ajeng

Memiliki penghasilan sendiri tentu saja menyenangkan. Kamu bisa membeli barang-barang yang diinginkan, menabung, berinvestasi, berbagi dengan sesama, dan masih banyak lagi. Namun, ada saja orang yang ‘memanfaatkan’ hal ini, yaitu teman yang meminjam uang kamu saat hari pertama gajian. Ini tentu tidak menjadi masalah, tapi yang bikin kamu kesal adalah saat si dia sangat susah untuk membayarnya. Berbagai cara nagih utang sudah dilakukan dan hasilnya nihil. Yang kayak gini bikin kesel, kan?

Setiap kali diingatkan untuk membayar utang, ada saja alasannya. Misalnya, tidak punya uang lah, belum gajian, masih banyak keperluan, dan lain-lain. Jika terus-terusan seperti ini, kesabaran kamu bisa-bisa habis. So, kamu harus coba lima cara di bawah ini biar si dia nggak banyak alasan untuk membayar utang.

1. Mengingatkan Batas Waktu Pembayaran

via pexels.com

Agar si dia tidak telat membayar utang, jangan lupa utuk mengingatkan tenggat waktu pembayarannya. Ini bisa dilakukan saat si dia meminjam uang. Pastikan kapan ia bisa membayar, sehingga kamu bisa mendapat kepastian. Jika ternyata teman kamu itu masih tidak bisa membayar utang di tanggal yang sudah ditentukan, kamu bisa mengambil kebijakan sendiri apakah akan memberi kelonggarana atau tetap meminta dia untuk membayar utang.

2. Membuat Perjanjian Tertulis

via pexels.com

Jika ingin utang piutang lebih jelas, ada baiknya kamu dan si dia membuat surat perjanjian tertulis. Mungkin terdengar lebay, tapi ini penting dilakukan apalagi kalau teman kamu itu meminjam uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Tuangkan hal-hal penting dalam isi perjanjian tersebut seperti nominal pinjaman, tenggat waktu pembayaran, pihak peminjam, konsekuensi jika telat membayar, dan masih banyak lagi. Jangan lupa ditandatangai di atas materai biar sah, ya!

3. Menagih Utang Melalui Keluarganya

via pexels.com

Terkadang, kamu merasa seperti pengemis karena terus-terusan meminta uang kamu dikembalikan. Ini tentu saja sangat menyebalkan. Jika kamu benar-benar sedang membutuhkan uang, cobalah berbicara pada keluarganya. Katakan bahwa si dia memiliki utang sama kamu dengan nominal tertentu. Syukur-syukur dengan cara ini utang si dia bisa segera lunas. Inget, ya, pakai cara baik-baik jangan pake ngegas!

4. Memberi Tahu Kebutuhan Kamu

via pexels.com

Sempatkan waktu untuk mengobrol via telepon dengan si dia. Bicarakan baik-baik bahwa saat ini kamu sedang membutuhkan uang untuk membeli kebutuhan tertentu. Dengan mengobrol panjang lebar, siap atau dia mau membayar lunas utangnya. Jika ternyata si dia masih tidak mampu, kamu bisa menawari opsi untuk mencicil saja. Ini tentu lebih baik daripada si dia tidak membayar sama sekali.

5. Menyindir Lewat Pesan WhatsApp

via n

Kalau kamu merasa nggak enak untuk ngomong, cara nagih utang yang satu ini bisa dilakukan. Kamu bisa chat dia untuk sekedar basa-basi seperti gambar di atas. Ujung-ujungnya tentu saja untuk menagih utang. By the way, mengingatkan saja sudah baik, lho. Tentu susaaja untuk kebaikan bersama, baik itu utuk urusan dunia maupun akhirat nanti.

6. Menyindir Lewat Status

via solo.tribunnews.com

Kalau kamu masih nggak enak untuk ngechat si dia, nyindir lewat media sosial bisa jadi solusi lainnya. Pasanglah status-status yang menjurus agar si dia mau bayar utang. Kamu bisa bikin kata-katanya sendiri atau copas dari internet. Apapun itu, pastikan bahasanya sopan, ya. Jangan sampai juga kamu menyebutkan jelas nama si dia karena bisa mencoreng nama baik. Kamu nggak mau, kan, masalah seperti ini malah berujung di meja hijau?

Itulah enam cara nagih utang biar si dia nggak telat bayar dan nggak banyak alesan. Tetap sopan saat menagih utang agar tidak memutus silaturahmi. Lakukan cara terbaik kamu, ya!

Berikan komentarmu

Related articles

 #cara menagih utang ke pacar #cara menagih utang yang baik #cara nagih utang #tips menagih utang
Share di whatsapp

Pilihan editor